Kamis, 03 Juni 2010

Kartu Diskon!

Ciao! Masih dalam acara mengubek-ngubek isi dompet si Viera! Saya lagi mabuk nih! Mabuk nulis posting-an tentang kartu-kartu yang saya miliki selama tinggal di Italia ini, hehehehehe! Sayangnya, bagi para hacker, saya belum diizinkan untuk memiliki credit card oleh si Papap dan si Mamam. Jadi jangan harap bisa membobol isi tabungan saya, isinya juga memalukan lah, masih rupiah.

Okay, kartu berikutnya yang saya punya adalah, kartu diskon untuk berbelanja di supermarket terdekat, DESPAR. Mungkin kalau di Indonesia, DESPAR itu mirip sama Giant kali ya, supermarket asli punya Italia, ada sampai di pelosok Italia. Bahkan kalau summer, ketika 80 % semua toko di Italia itu tutup, Despar adalah satu-satunya harapan buat saya, mahasiswa KERE-aktif, untuk mendapatkan bahan pangan.



Karena jam operasionalnya yang buka setiap hari, maka harga barang-barang di Despar juga agak mahal, susah untuk mendapatkan barang yang harganya di bawah 1 euro. Oh ya, kartu diskon ini juga baru bisa dipakai kalau kita belanja dalam jumlah yang cukup besar.





Jadi kalau kamu belanja cuma 2 euro doang, ya malu aja gitu kalau minta diskon. Ya, walaupun pada kenyataannya 2 euro itu hampir setara dengan 25ribu rupiah, tapi bagi orang Eropa 2 euro itu bagai 2000 perak saja. Jadi kan kalau misalnya kamu ke Giant terus cuma beli sebungkus buahvita seharga 2500 perak, pasti kita juga diketawain kalau masih minta diskon.



Cara mendapatkan kartu diskon ini tuh gampang banget, kamu tinggal dateng ke bagian information counter. Nanti disuruh isi formulir yang berisi kelangkapan identitas kamu. Nunggu 1-2 menit, jadi déh!




Oh ya, kamu juga mendapatkan tiga kartu diskon tambahan yang berukuran 1/3 lebih kecil dari kartu diskon utama yang kamu punya. Kartu diskon tambahan itu bisa dipakai oleh keluarga atau teman kita. Di mana salah satunya berisikan kartu diskon tambahan khusus bagi kerabat kita yang bekerja di bidang sosial, seperti; pemadam kebakaran, polisi, petugas kebersihan, yang akan mendapatkan diskon lebih. Itu lah salah satu bentuk ucapan terimakasih pemerintah Italia kepada social workers nya, bisa juga lah ditiru sama Indonesia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar