Sabtu, 21 Januari 2017

Cooltura_ID

Assalamualaikum, selamat pagi teman-teman kelompok PENCAVIER (PENgamat CeritA-cerita VIERa!)

Udah berapa kali teman-teman ngerasa pengen keluar dari group WhatsApp keluarga yang makin ke sini kok lebih sering nyebar berita-berita dengan judul bombastis tapi ternyata cuma mistis??? T^T

Dilanda dengan rasa intoleransi antar golongan akhir-akhir ini, instead of ngomel-ngomel di group, saya dan teman saya, Ayu, yang asli dari Bogor coret juga….

Bogor coret?

Yups, Ayu tinggal di Bojong Gede, saya tinggal di Cilebut. Jauuuuuuuuh dari Kebun Raya, Botani Square, Restoran Cimory, Sop Buah Pak Ewok, Soto Kuning Pak Yusuf, Mie Bakso Yunsin, dan tempat-tempat instagramable tersohor asal Bogor lainnya. Apalagi kalau lagi weekend, kami lebih memilih untuk ngadem di bawah AC pintu masuk Alfamart terdekat daripada mengunjungi tempat hipster para pemuda-pemudi yang demen ngumbar video kemesraan di smule, soalnya muacet banget kalau main ke Bogor kota.

Olrait, balik lagi ke cerita tentang intoleransi…..Sebagai orang yang pernah diberikan kesempatan untuk merasakan menjadi kaum minoritas di belahan bumi lainnya, saya dan Ayu berpikir untuk mencoba membuat sebuah medium agar kami dapat membagi beberapa perspektif kami selama tinggal di luar Indonesia.

Dan….

JENG!

JENG!

Kami pun membuat Cooltura_ID.






Apa sih Cooltura_ID itu?

'Cooltura' merupakan sebuah penggabungan antara kata 'cool' dan 'kultur' yang dapat diartikan sebagai budaya yang menyejukan.

Sedangkan 'ID' itu sendiri merupakan representasi dari 'Indonesia'

Berawal dari pengalaman saya dan Ayu sebagai seseorang yang pernah tinggal di negri asing yang merasakan langsung interaksi antar budaya, ras, suka, agama, bangsa, dan berbagai lapisan masyarakat.

Di mana, ketika itu kami benar-benar menerima dan merasakan sejatinya arti Bhineka Tunggal Ika dan tenggang rasa yang selama ini hanya tertulis di buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan saja.

Filosofi mudahnya, Colltura_ID ingin menjadi seperti sebuah kulkas yang dingin, memiliki banyak isi, mencegah busuk, karena selalu diisi ilmu baru dan segar.

Dan 'coolers' sebutan kami untuk teman-teman yang senantiasa mengikuti kegiatan yang dicanangkan oleh 'kulkas', para staff Cooltura_ID, diharapkan akan dapat menjadi agen untuk meyampaikan informasi yang baru dan segar tadi ke lebih banyak orang lagi.

Coolers nanti akan mengolah isi kulkas menjadi lebih bergizi dan bermanfaat!

Tujuan dari Cooltura_ID itu sendiri adalah membangun komunikasi untuk saling memahami dan membuka perspektif yang lebih bersih dan segar.

Salam sejuk.


Aheeeeeey!

Buat yang pengen tau lebih banyak tentang Cooltura_ID, bisa lihat isi 'kulkas' di twitter, fb, dan IG: @Cooltura_ID

Atau bisa juga email ke:

cooltura.indonesia@gmail.com


Oh iya, sebentar lagi 'kulkas' mau bagi-bagi isinya nih, tunggu di postingan berikutnya ya!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar