Kamis, 27 Mei 2010

Tuti?

Ciao semuanya! Mari kita belajar bahasa italia bersama Teteh Viera! Mungkin sekarang, teman-teman kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) sudah terbiasa dengan kata 'ciao!' yang berarti 'hallo!' yang sering saya tulis di awal setiap posting-an.

Nah sekarang mari kita beranjak ke kata dalam bahasa italia sederhana lain, yang biasanya mengikuti kata 'ciao!' itu sendiri. Ini pengalaman pertama saya ketika pertama kali menginjakan kaki ke tanah Berlusconi ini, sekonyong-konyongnya hanya dengan modal nilai IELTS bahasa inggris di bawah standard dan bahasa sunda yang sangat-fasih-pisan-sekali, saya pergi ke sebuah negara yang penduduknya sama sekali tidak menggunakan bahasa inggris APALAGI BAHASA SUNDA!?!?!?!

Teman pertama Italia saya di sini, bernama Maria. Dia orangnya sangat ramah dan hobby menyapa semua orang yang berada di kelas. Namun, saya selalu bingung dengan kebiasaan Maria yang sering menyapa saya dengan nama 'Tuti', padahal sudah jelas kalau nama saya itu VIERA. Dulu saya suka mikir, nih kepala si Maria kayanya sering diserempet vespa kali ya??? Udah beberapa kali saya bilang "mi chiamo Viera!" nama saya Viera! Tapi teuteeeeeeeeeeeeup aja dipanggil Tuti! Seperti saat itu,

Maria: "Ciao Tuti!" (sambil cipika cipiki saya)
Suara dalam hati saya: "Mulai deh si Maria kena geger otak ringan lagi!"
Maria: "Viera, come stai?" (Viera, apa kabar?)
Suara dalam hati saya: "Yaelah si Neng Maria cepet amat amnesia-nya? Nah itu tau nama gue bukan Tuti…"

Setelah satu bulan tinggal di Italia, saya baru tau kalau ternyata yang dimaksud dengan 'Tuti' sama si Maria itu, artinya 'semua' dan penulisannya pun ada triple T di sana, jadi tidak semena-mena layaknya sebuah nama wanita di indonesia, Te-U-Te-I, tapi 'TUTTI'.


Tapi keren juga kali ya kalau saya ganti nama jadi Tuti Rachmawati????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar