Jumat, 02 Juli 2010

AAA + A

Hoi, hoi, hoi. Saya belajar sesuatu baru lagi dari salah seorang kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!).

Kegetiran hidup di awal 20 tahun ini makin menjadi saja. Kemaren di dalam perjalanan saya ke perpsutakaan, di bawah guyuran hujan lebat di musim panas, I saw this couple (man and woman). "Yaelah Pe, di Indonesia juga banyak orang-orang pacaran berkeliaran…."

Ho, ho, ho. Bentara sob, cerita saya belum selesei.

"Kucluk, kucluk, kucluk…." ceritanya mah itu suara kaki saya yang ngelewatin tuh couple ye. Dengan rambut yang masih basah, saya melikirikan mata saya ke mereka and hell yeaaaaaaaaaaaaaaaaaah, they DID that!

Hayoooooooo, tebak, mereka ngapain???? Yup! Yang duduk di belakang kamu, yang lagi pake kaos oblong warna kuning, yang pake jam tangan warna ijo, yang otaknya suka ngeres, jawabannya betoooooooooooool! They were doing 'those things'. Kita udah gede ya, kan selain jadi anggota kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!), kita juga anggota group KTST alias 'Kita Tau Sama Tau' gituuuu, hehehehe.

Heuuuuuu, Gustiiiiiiiiiii! Itu mah ngapain juga ngelakuinnya téh di tempat umum? Di kampus? Di tengah jalan? Daaaaaan, yang paling bikin empet, DI DEPAN SAYA??????? Mereka nggak ngerti kata 'mupeng' apa???

Saya udah nanya ke si Francesco, yang ngajarin saya kosa kata caci maki basa Italia téa, "Ciko (nickname-nya Francesco, red), come a dire 'il volto che vuole fare di piú nella lingua italiana?" (Ciko, gimana cara ngomong kata 'mupeng' pake bahasa Italia?) Tapi si Ciko cuma ngegeleng-in kepalanya tuh.

Heeeeeeeu, anggaplah ini cobaan. Iye sih, di Indonesia juga saya sering nge-gap kok pasangan-pasangan yang sering 'begituan', ya tapi nggak di tengah jalan. Itu sih namanya PDA (bukan singkatan dari: 'Public Display Affection atau Attention' ya? Tapi, 'Pada Demen Aje', red)

Kalau saya belum insyaf jadi alay mah, udah ditulis kali tuh di status facebook: "Huuuft, huuuft, Aq cB3L d3cH L1@t yG cUk4 cYum@n d DpNkuuuUUwH!" Mampus kagak lu bacanya pegimane??????

CIH! Udah pada tau kali ya, salah satu kebiasaan buruk saya yang masih terus saya usahakan agar bisa ilang adalah berbahasa kasar. SYIT! Suseh bener dah ngilanginnye! Jadilah saya ngomong gini di depan mereka, "Wah kamfret lu bedua! Kagak ngarti perasaan jadi jomlo kali ye!" Ahahahahaha! Beneran saya ngomong kaya gitu, untungnya mereka kagak ngarti!

Saya cerita pengalaman ini ke salah seorang anggota kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) yang nggak mau disebut namanya, so terime aje déh, saya sebut 'Mawar'. Dan beberapa anggota kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) mungkin tau kalau sekarang ini, saya lagi demen banget curhat masalah evaluasi diri.

"Gimane ya Maw, gue kagak ada masale sih sebenernye ama tuh pasangan nyang lagi begituan, tapi nih yang namanya masalah hati, agak risih gue punya penyakit iri-dengki kaya begini…Ya, mening kalau gue tuh irinya ame temen gue yang nilainya bagus, nah enih, masa iye gue iri ama yang lagi cipokan????" jelas saya.

Terlihat icon ketawa di window skype-nya si Mawar dilanjutkan dengan komentar, "tolol lu!"

Wah si Mawar sama kamfret-nya nih ame tuh dua orang yang lagi dimabuk kasmaran, niatnya berkeluh kesah, eh malah dikatain. Untungnya saya udah terbiasa dengan sebutan itu, malahan saya suka kaget kalau ada yang ngomong, "Pe, lu cantik banget dah!" Beuuuuu, itu mah sudah dapat dipastikan termasuk golongan orang-orang yang berharap oleh-oleh ketika saya pulang ke Indonesia nanti. Sorry la yaw, sendal jepit, sendal sualow, mata lu sipit kaya Andy Law!

Tenaaaaang, kalian nggak usah langsung berniat mengucilkan si Mawar, yang suka ngatain saya ini, dari pergaulan kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!). Di balik sifatnya yang suka ngatain saya, he has a brave heart….

Lanjutlah si Mawar itu ngetik, "Buat elu, gue punya tiga rumusan dalam menghadapi permasalahan idup. 3A."

3A? AAA? Ukuran batere buat remot tipi???





"Setiap lu lagi punya masalah, ucapkanlah 3A.

A pertama, Anjing! (Artinya, singkat, jelas, dan padat, ya 'nama binatang' red)
A kedua, Astagfirullah! (Kira-kira artinya, 'ampunilah dosaku', red)
A ketiga, Alhamdulillah! (Punya makna yang sama dengan kalimat,' terima kasih Tuhan', red)

Emang sih tuh 'A' pertama agak kurang enak didenger di kuping. Jadi, biarkanlah 'A' pertama itu lu ucapkan dalam hati aje. Nah dua 'A' lainnya, lu ucapin déh di mulut. Sekalian lu terapi berhenti ngomong kasar gitu. Gue pan udah kenal lama ame lu, jadi gue tau lah kosa kata kasar lu itu nggak mungkin, jebret! Ilang gitu aje, pelan tapi pasti lah…Wajar kalau refleks mah, kan lu juga kagak niat ngutuk tuh orang berdua pacaran jadi anjing, pan lu juga takut ame anjing.

Jadi nih ye, kalau lain kali lu ngeliat orang cipokan penuh nafsu di depan lu lagi;

Pertama, lu boleh ngomong sama mereka, 'anjing!' Tapi dalem hati aje…
Kedua, lu bilang sama diri lu sendiri, 'astagfirullah….Kok bisa ya mereka ngelakuin hal kaya gitu?'
Ketiga, lu bilang sama Tuhan, 'alhamdulillah…Gue kagak kaya gitu…'

Nah, insyaAllah dah, hati lu jadi lebih tenang. Ya, moga-moga aja, lama-kelamaan lu ganti tuh 'A' pertama, misalnya jadi 'alamaaaak' atau biar lebih matching sama dua 'A' lainnya ya lu bisa ubah jadi 'Allahuakbar…'

Eh, emangnya cipokannya kaya pegimane sih????
"

Hahahahahahahaha! Sekarang, gantian saya yang ngatain si Mawar, "tolol lu!" Udah keren nasehatnya di awal, eh belakannya teteeeeeeeup aje nanyain kelanjutannya.

Okai-tokai, semoga saya bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi dan doain ya biar terapi berhenti ngomong kasar saya bisa berjalan dengan sukses dan juga biar saya bisa cepet-cepet lulus dari sini :)

Maka dengan beberapa harapan yang saya tulis di atas, izinkanlah saya menambahkan 'A' satu lagi untuk kata; "Amiiiiiiiin!"



*Keterangan tambahan:

Literary, arti kata 'Astagfirullah' itu lebih kepada "ampuni hamba dari dosa-dosa yang telah lampau…"
Kalau kata 'Alhamdulillah' berarti "segala puji bagi Tuhan…"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar