Kamis, 12 Mei 2011

[1] Carnival: Gulali jampi-jampi Mussolini

As we know, it's spring time in Italia now.

Musim semi di Italia berarti awal dari semua parade yang ada! Yap, Italia itu emang udah tersohor dengan segala karnaval nya! Mulai dari parade kostum di Venezia yang kesohor ke se antero dunia itu sampai ke karnaval kecil-kecil-an, seperti karnaval yang saya temukan dalam sebuah perjalanan galau trip saya beberapa waktu yang lalu.

Lagi asyik-asyiknya nebeng mobil temen buat melanjutkan galau trip…..

Yuuuhuuuu, that's what friends are fooooor, buat tebengan! Kekekekeke! Buat temen-temen yang mulia Teteh Piera yang udah kenal lama mah, pasti tau, kalau yang mulia Teteh Piera ini tukang nebeng sejateeeee, maklum salah satu prinsip being kere-aktif person is nebeng. Because you are kere, but you want to be more aktif, right? The best choice is 'nebeng' ma-men!

Okei, balik lagi ke cerita awal. Jadi pas lagi enak-enaknya memandangi ranah Italia, tiba-tiba aja, saya dan teman saya mendengar suara "tererojeeeeeng-terooojeeeeng-terojeeeeeeeeng!" Dari sisi kanan mobil yang kami tumpangi.

O mai gat! Wat is det diuuud??? Teman saya pun menepikan mobil yang sedang kami tumpangi. Dengan penuh rasa penasaran, kami mendekati sumber suara.

Huwoooooooh there is a….







Yo-ai benjet déh kakak….Sesuai dengan judul lagu yang masuk ke dalam top 10 i tunes playlist sepanjang masa-nya yang mulia Teteh Piera, lagi ada ada carnival ciiiiiiiin!

"Huuuufff…." (Dibaca: Buka kaca mobil, roll ke depan 3x, split, diakhiri dengan sikap lilin sempurna sambil membaca doa penutup majelis, dan….Taraaaaaaa! Yang mulia Teteh Piera berada di depan pintu masuk tuh carnival!)

Sebenernya, untuk masuk carnival tersebut, saya diharuskan membayar 20 euro (250rebu perak! Najooong tralala! Meningan ke Dufan sekalian!), tapi es wi noooou, mai fes luks laik eu fiftin yers old geul! Wajah boleh mudo, tapi pengalaman bak sudah tuo! Nambooooo cieeeee! Yak, beginilah ketika mojang Priangan berusaha membuka sebuah restoran Padang di pegunungan Italia.

Hoooo, ternyata oh ternyata nih carnival dilaksanakan dalam rangka memperingati santo siapa gitu, saya lupa. Maklum emang nggak diniatin sih ya datengnya, jadi tanpa persiapan informasi tentang apapun, namanya juga lagi dalam perjalanan bergalau trip, entah ke mana, kami pun tak tau, kalau ada yang seru, ya kita berhenti, kalau nggak ada yang seru, ya tancap gas, kekekekeke. Ini lah esensi utama galau trip.

Ada beberapa teman kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) berkomentar enaknyo jadi yang mulia Teteh Piera, kerjaannyo jalan-jalan melulu. Bilif miiiiii, saya nggak pernah ngerencanain jalan-jalan ke sana ke mari, pokoknya kalau hati ini lagi galau tiba-tiba, itulah saatnya yang tepat untuk ber-galau trip.

Apakah setelah galau trip, permasalahan yang saya alami terselesaikan? Oooh tentu saja tidak, malah yang ada dompet ini cenat-cenut. Kakakaka! Judulnya aja 'galau-trip', selama trip ya galau terus. Yak, pokoknya bedakanlah antara jalan-jalan dan galau trip. Kalau jalan-jalan mah butuh duit banyak, kalau galau-trip???? Ya butuh sering-sering menggalaukan hati.

Hmmmm, emang sih nih carnival kagak sebagus carnival yang ada di Venice, tapi, ya lumayanlah buat menggalaukan hati. Makluuuuuuuum, banyak benjet cowok-cowok tampan berkeliaran! Huwoooooh, zinah mata dimulai ini mah! Padahal ya, mereka téh sudah berkostum abal-abal, tapi emang yeeeee yang namanya ganteng asli mah kagak bisa ditutup-tutupin! Mau bedakan segimana rupa, teteuf machoooooo-meeeeeeeeeen!

Kalau dilihat dari jumlah orangnya, nih carnival kalah telak dibandingin sama jumlah orang yang dateng ke pasar kaget Pemda Kabupaten Bogor saban Minggu pagi! Saya pernah dong stuck dengan sebungkus siomay di tangan kiri beserta tusukannya di tangan kanan, berada di tengah-tengah antara stand yang jualan baju impor bekas dari Korea sama stand jualan jamu obat asam urat. Diem aja gitu, saking penuhnya.






Cumaaaa, kalau ditilik dari masalah kostum, pasar kaget depan Masjid Salman saban Jumat siang, ya sudah pasti kalah telak. Di awal pintu masuknya aja, saya udah disambut sama suara gedebak-gedebuk-nya rombongan drumband berkostum.







Melangkah 100 meter ke depan, saya disambut sama rombongan anak-anak kecil yang menggunakan kostum tikus dipimpin oleh seorang dewasa menggunakan kostum anjing dalmantian. Saya berasa lagi di Dufan-tanpa wahana gitu!







Nggak jauh dari rombongan dalmantian en friends, saya menemukan sesosok yang tampaknya sudah saya kenal lama. Ooooo maiiiii goooooooooot! Ibuuuu Periiiiiiiiiiii! Aduuuuuuuh, jadi maluuuuuu, di blog ini kan saya sering minjem efek 'tiring-tiring'-nya si Ibu peri!







Bergeser sedikit dari arah samping kanannya Ibu peri, saya dilewati oleh rombongan raja-raja-an. Huwooooooh, saya langsung pengen dipanggil yang mulia Teteh Piera gitu sama mereka!







Yang gokilnya, nih rombongan kerajaan dipimpin oleh seorang raja bersepeda! Waaaaaow raja-raja jaman sekarang mah go-green ya!






"Kruyuuuuk-kruyuuuuk…." Itu bukan suara anak ayam nyari induk semangnya, sodara-sodari, melainkan suara jin yang tinggal di dalem perut yang mulia Teteh Piera yang udah minta dikasih sesajen. Aduuuuuuh, gini nih susahnya tinggal di Yurop, kagak ada tuh yang jualan otak-otak, mie kocok, keripik setan, apalagi anak mas. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli gulali seharga…..2 euro! Najooong tralalaaaaa! Tuh gulali dikasih jampi-jampi ama arwahnya Mussolini kali yak??? Harganya sampe 25rebu perak begonoh! Padahal dari rasa sama bentuknya nggak jauh beda sama gulali yang dijual abang-abang di Indonesia bangsa 2000 perak!







Buat temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) yang serung ngeluh tentang kondisi Indonesia yang kian tak menentu, kalian kudu teteup bersyukur yak, setidaknya di tengah guncangan para petinggi pajak yang ketauan korupsi itu, harga gulali di Indonesia tetep stabil.

Sambil ngedumel ngemut gulali yang dikasih jampi-jampi ama arwah Mussolini, tiba-tiba mata yang mulia Teteh Piera tertuju pada segerombolan mahluk hijau, bermata lebar, menggoyang-goyangkan pantatnya??? Iiiiiih, apakah itu gerangan???

Bersambung…

2 komentar:

  1. Yang namanya galau trip emang seru!!ga di rencanain dan yang pasti ada aja aneh-anehnya, mau galau trip persi Indonesia-kere (oncom)atau galau trip persi Eropa-kere (pea)

    BalasHapus
  2. Yap, jalan tanpa persiapan (selain perasaan galau) itu emang is de bes….Pokoknua kita kudu galau trip bareng ya beibs! The next destination: Malingping!

    BalasHapus