Jumat, 17 Juni 2011

[3] Spello, spell-Oooow!

Lagu-lagu Bang Adhitya Sofyan masih terngiang-ngiang di kuping saya….







Okeh here I am, in Spello, a city that I would never knew before. Sumpah déh, di atlas keluaran PT Erlangga, kota Spello ini kagak dicantumin. Jadi, saya bener-bener nge-blank tentang kota yang satu ini. Mungkin kalau nggak ada tulisan 'Spello' di gerbang masuknya, saya bisa berhalusinasi tingkat dewa langit, kalau saya itu sedang berada di…..Ciroyom, misalnya.

Pertama kali masuk nih kota saya langsung disapa sama rumah-rumah penduduk yang penuh dengan bunga!







Oooooooow! Kereeeeen sekaleeeee! Dan sebagai warga negara Indonesia yang gampang iri, itu mah ya saya pengen langsung nebar bibit raflesia arnoldi!







Atulah ya, kalau masalah keragaman tumbuhan mah, nggak ada yang bisa ngalahin Indonesia! Tapi, mengapa oh mengapa keragaman bunga di tanah yurop itu selalu lebih kesohor???







Sebenernya nggak ada yang aneh dari kota yang satu ini, selain kesunyian yang ditawarkan di hari kerja dan para warganya yang tampak seperti berlomba-lomba menghias pekarangan rumahnya dengan bunga warna-warni.







Kebayang aja gitu, kapan ya Cibinong bisa sepi dari suara speaker mamang supir angkot 32 dengan lagu bertema dangdut-disco-pantura? Kapan juga ya, Cibinong bisa menjadi kawasan industri yang tidak melupakan keindahan lingkungan sekitarnya?







Saya pernah berpikir, gimana kalau setiap pabrik yang dibangun di Cibinong, diharuskan untuk menanam bunga sesuai jumlah pegawainya? Jadi, setiap pegawai diberi responsibility untuk mengurus tanamannya masing-masing.








Selain membuat kota Cibinong tampak lebih asri, juga bisa melatih tanggung jawab dari para karyawannya, kekeke. Tampaknya keren juga ya kalau misalnya pekarangan pabrik kerupuk kulit dipenuhi dengan kumpulan kupu-kupu yang terbang ke sana ke mari di atas hamparan bunga kenanga.






Yaaaa, selama saya tinggal di Cibinong, saya sering juga sih liat pabrik-pabrik yang udah ramah lingkungan. Banyak dari halaman belakang mereka ditumbuhi berbagai macam tumbuhan. Mulai dari bunga kamboja, yang kemudian diikuti oleh kuburan-kuburan warga setempat, sampe tumbuhan bambu, yang dilanjuti dengan kisah mistis-bombastis di belakangnya.







Aaaaah, kapan ya Cibinong bisa dapet adipura?







Buat Pemda Kabupaten Bogor, ditunggu nih kerjasamanya :)

3 komentar:

  1. aku pengen bunga2 :)
    ah sukaaa semua nya sukaaa bungaa....
    bunga bunga di mana mana ..

    BalasHapus
  2. Amboy.. cantek-cantek bunganya :D

    oh ya Lam kenal ya kak :)

    BalasHapus
  3. Mbak Tiaw: huwoooooh, entah knp pas liat bunga2 ini aku jadi inget topeng tuxedo yang suka gigitin bunga mawar di bibir…

    @nurfitriani: kikikikiki! Salam kenal juga Nur? Fitri? Ani? Aduh ini enaknya dipanggil apa ya :)

    BalasHapus