Minggu, 26 Juni 2011

Behind the scenes pt.2

Cerita behind the scenes-nya lanjut lagi nih…

Dunia iklan ini adalah sesuatu yang sangat ironi buat yang mulia Teteh Piera. Gimana nggak? Zaman dahulu kala, saya selalu ngamuk, pas lagi asyik-asyiknya nongton Minky Momo, eh tiba-tiba ada iklan aja liwat tanpa permisi. Apalagi kalau ada iklan yang diputer tiga kali secara berurutan, yang cuma diulang-ulang tagline-nya.







Haduuuuuuuh! Kalau misalnya setiap saya kentut, keluar duit satu juta segepok mah, ingin rasanya membanting tipi itu. Oooowyeaaaah, dengan kondisi ekonomi yang pas-pas-an (dibaca: Pas butuh jaguar? Ada. Pas butuh berlian? Ada. Pas butuh pergi berlibur ke Madagaskar? Hayuuk, kakakaka!) Si Papap dan si Mamam lebih memilih mealokasikan gaji mereka untuk bayar SPP sekolah saya daripada untuk beli antena parabola (jaman saya masih suka ngelap ingus pake kaos dalem, belum ada tuh yang namanya langganan televisi prabayar).

Tapi yeee, as you know, Tuhan itu selalu ngasih cara terkeren yang Dia punya buat 'nyentil' mahluknya yang masih kagak terbiasa cebok pake tissue ini. Kehidupan saya yang benci akan iklan-iklan yang berseliweran di tipi pas saya lagi khusyuk nongton Amigos (itu lhoooo telenovela anak-anak, cerita cinta-cinta-an antara si Pedro ama si Anna, red) selama 20 tahun terakhir, berbalik sudah.






Kayanya sekarang giliran saya yang kena amukan masa para penggemar Nikita Willy dan Tuan Prabu. Lagi seru-serunya ngeliat si Tuan Prabu berakting, eh tiba-tiba nongol anak kecil lari-larian ke Belanda nyari sebungkus mie instant! Kekekeke. Okeh, saya jadi tau bagaimana perasaan para bentang eklan yang dulu sering saya caci maki, gara-gara ngeganggu konsentrasi saya nongton sinetron Karmila (FYI, Karmila is my favorite sinetron ever, ooooh Oom Tedy Syach!).

Salah satu pengalaman tergokil dari iklan ini adalah….Saya belum pernah liat iklannya sama sekali, sampai salah satu temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!), @selli_rosalina ngasih link ke FECESbook-nya kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!). Itu tuh sekitar, ngggg….6-7 minggu setelah iklan itu tayang di saluran televisi temen-temen yang tinggal di Indonesia atau yang bisa nangkep saluran televisi Indonesia lewat streaming online (jaringan internet saya téh, nggak kuat buat buka tipi streaming online euy T.T)







Dan penasaran itu pun hilang. Waaaaaaaaow 30 detik yang sungguh berharga!

Waktu masih kuliah di Bandung dulu, saya emang ikutan unit Liga Film Mahasiswa, tapi ya gitu, hasil karya saya mah paling dinikmati untuk kepuasan sendiri aja. Nah, kalau iklan yang satu itu beda banget, kepuasan client, director, audience sampe para pengguna twitter ternyata bener-bener kudu bisa dijaga juga ya, kekekeke.

Dari iklan indomie ini juga saya belajar banyak banget. Jujur nih ya, saya itu salah seorang yang skeptis sama perkembangan dunia persinetronan Indonesia. Tapiiiii, saya nggak pernah mikir, kalau di balik semua adegan zoom-in-zoom-out-zoom-in-zoom-out-zoom-in-zoom-out-ujug-ujug-bersambung itu, ada banyak orang bergantung padanya. Di mulai dari ibunya si tukang megangin lampu yang mulai sering sakit-sakit-an, anaknya si penulis naskah yang nunggak bayar SPP tiga bulan, sampe calon istrinya si tukang beli-in pisang goreng kesukaan sang asisten sutradara yang mulai maksa kawin.







Begitu juga iklan ini. Sehubungan saya lumayan terlibat dari proses awalnya, jadi saya lumayan ngerti kalau di balik 30 detik yang tayang di layar kaca itu, ada berjuta-juta '30 detik' lainnya yang nggak pernah tayang di televisi, kekekeke. Lagian nggak mungkin juga gitu ya, diceritain gimana saya kudu ngeluarin jurus berkelit ala hakim roda emas ke boss tempat kerja part time saya biar bisa nyocokin jadwal kerja sama jadwal syuting tanpa harus dipotong gaji sampe cerita sempet hilangnya barang bawaan mbak sutradara di bandara??? Kalau kaya gitu mah, jadinya bukan iklan indomie kali ya? Tapi, film dokumenter dibuatnya sebuah iklan indomie, kekekekeke.

2 komentar:

  1. Anonim27.6.11

    setelah liat iklannya, which is smua orang ngomongin, dan gwe baru liat...akhirnya gwe inget siapakah diri dibalik kacamata itu..*halah* haloooow there...!!!

    BalasHapus
  2. kekekekeke. aku juga baru liat sekitar 2 minggu-an yg lalu, kikikikiki. Iiiiiih WInda sekarang di mana???? *jiwa traveller mencari host-nya mulai tak terelakan, kakakakaka. Aduuuuuh, kalau misalnya visa aku bisa diperpanjang, pasti aku samperin deh, kekekekeke.

    Ditunggu alamat lengkap rumahnya yak :)

    BalasHapus