Minggu, 31 Juli 2011

Selamat menikmati bulan ramadhan

Tiriiiing-tiriiiiing! Assalamualaikuuuum temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) sadayana, kumaha damang?

Well, gimana sih puasa di Italia? Ya gitu, dimulai dari shubuh sampe sunset, nggak ada yang beda. Well, sebenernya kalau misalnya tinggal bareng orang-orang dari Indonesia sesama perantau bakal kerasa kali ya suasananya. Sayangnya sekarang saya tinggalnya sama orang-orang Italia yang non muslim semua.

Di sini ujiannya, banyak yang nanya, "Viera, kenapa sih kamu puasa? Udah capek-capek Tuhan ngasih makan, tapi kamu sia-siakan begitu saja?"

Pada awalnya saya agak risih juga sama tipe pertanyaan kaya gini. "Oooouuuch, gue yang puasa, gue yang nahan dosa, eh kok lo malah maksa?" Wohooooo! Nggak tau aje die, pas bulan puasa, malah pola makan saya lebih dari biasanya, kekeke. Jadi, secara harfiah, malah saya lebih mensyukuri rezeki Tuhan dooong!

Tapi emang bener ye, hakikat puasa itu bener-bener 'menahan'. Segala emosi kudu ditahan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah senyuman yang manis tiada tara.

Dan nggak mungkin juga saya jawab, "sesuai Al Quran di surat Al Baqarah ayat 184…"

Jawaban yang saya terima pasti jadi kaya gini, "Kitab-kitab elo, kenapa juga gue harus ngertiin kitab lo????"

Kekekeke. Saya sering dapet jawaban kaya gitu. Sempet kesel juga sih, tapi kalau dipikir pake logika emang bener juga. Lah temen-temen saya yang non muslim rata-rata nggak pernah baca al-quran, ujug-ujug saya kasih jawaban ayat Al-Quran. Ini tuh kaya nyuruh mahasiswa Seni Rupa belajar kalkulus! Bisa sih, tapi butuh waktu yang cukup lama buat memahaminya.

Dari pengalaman ini saya mulai belajar banyak. Buat temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!), di manapun berada, kita itu adalah 'duta' dari background kita. Saya ambil contoh dari kebangsaan.

Di antara temen-temen internasional, saya in termasuk orang yang paling sering ketawa dan temen-temen saya sering beranggapan, "waaaah orang Indonesia itu nggak pernah stress ya? Ketawa terus. Saya jadi iri, kalian tampak lebih menikmati kehidupan….."

Afaaaaaah???? Nggak pernah stress??? Kotoran-kebooooo benjeeet! Nggg, iya sih, saya nggak pernah stress, tapi sering galau! Kekekeke. Orang bahagia ama orang gila itu bedanya tipis ye! Sama-sama sering ketawa tapi beda alasan.

Begitu juga dengan agama. Bagaimanapun tindakan kita, kita adalah representasi dari agama yang kita anut :)

By the way, untuk sahur pertama kali ini, sore harinya saya sudah masak nasi goreng pake salada, sluuuurp! Rencananya sih, pas sahur nanti, tinggal diangetin aja gitu, jadi kagak ribet masak-masak lagi. Tapiiii, tepat selesai masak nih nasi goreng salada, tiba-tiba aja, si bulan datang menghampiri T.T






Aaaaargh, yuk dadah babai hari puasa pertama! Kalau diitung pake sistem tanggalan menstruasi yang datang sebulan sekali itu, curiga saya nggak bakal dapet shalat ied nih :(

3 komentar:

  1. vier, kamu di itali, tinggal sendirikah??
    kok masak masak sendiri, cuci baju sendiri??? *berasa dangdutan

    BalasHapus
  2. Anonim2.8.11

    Hello Thank you! I always wanted to write in my site something like that. Can I take part of your post to my blog?

    BalasHapus