Jumat, 20 Juli 2012

[1] Balada ngekos: Intro

Well, komitmen saya sebagai daily blogger mulai perlu diragukan, hiks, hiks, hiks….Saya sempat nggak menyentuh blog ini lebih dari dua minggu! Atulaaaaah, kamana wae Teteh Piera téh??? Wer hef yu biiiiin???






So, the story begins….

Sudah beberapa waktu terakhir ini saya nge-kos.

WOOOOT! Nge-koooos???

Bukannya yang mulia Teteh Piera itu orangnya kaya banget ya??? Daripada nge-kos, meningan beli apartment sekalian!

As you know, saya mah orangnya down to earth bangeeeet, ingin merakyat, pokoknya hidup saya se-sederhana Jokowi si cagub DKI Jakarte itu dah, tinggal nih body pake baju kotak-kotak aje. (Dibaca: Rezekinya belum cukup buat nyewa apartment, red)

Alasan saya untuk ngekos adalah untuk mempermudah akses bekerja yang saya lakoni saat ini. Pernah saya nyoba di-'dug-dag' bolak-balik dari tempat berproyek ke rumah di RRC (Republik Rakyat Cibinong). Hasilnya???

Kemana-mana saya selalu bawa masker penutup hidung dan mulut. Bukan dikarenakan polusi udara yang semakin nggak kece, tapi lebih kepada perasaan maluuuu beraaad, dikarenakan selama di perjalanan menggunakan kendaraan umum, saya suka terlelap sampai ngeces. Sumpah déh, saya sering banget ngerasain nikmat tidur di dalem angkot, bis, atau kereta dalam keadaan mulut ternganga. Takutnya, ada cowok super ganteng lagi 'ngincer' saya, eh ilpil (Ilang uPIL, red) seketika!

Alhasil, sekarang terdampar lah saya di sebuah kamar berukuran 2 x 3 m. So tinyyyyyy, tapi lumayan banget buat ngirit ongkos dan tenaga. Letaknya tidak terlalu jauh dari tempat saya ber-project ria. Tinggal nyebrang, masuk gang, terus ngesot sampe tujuan.

Di-suit-wiw-in sama anak-anak cowok yang SMP yang suka nongkrong di sepanjang jalur gang itu sudah jadi makanan keseharian saya. Widiiiiih, kapan lagi coba, bisa digodain cowok di bawah umur??? Malah terkadang, saya pengen nge-godain balik. Namun, sebagai seseorang yang ber-image wanita sholehah, madani, serta mumpuni, niat itu saya urungkan kembali.

Ini bukan pengalaman pertama saya tinggal jauh dari Bu Evie dan Pak Mamat. Empat tahun di Bandung, satu tahun di Jakarta, dan dua tahun lebih di Italia, sudah menjadi alasan tersendiri buat kedua orang tua saya memberikan kepercayaan untuk hidup mandiri.

Banyak yang bilang, kalau saya ini kan perempuan, anak tunggal lagi??? Kok orang tuanya nggak cemas. Hmmmm, mungkin saya ini adalah putri yang tertukar, kaya Nikita Willy dengan cerita sinetronnya yang nggak masuk akal (tapi, teteuuup saya tonton). Mungkin sebenarnya saya ini bukan anak Bu Evie dan Pak Mamat, melainkan seorang putri dari kerajaan Kelantan!

Sayangnya, akte kelahiran, logat sunda yang kental dan garis muka yang sama persis dengan wajah Pak Mamat, menghancurkan imajinasi itu. Menurut Bu Evie, pada awalnya beliau agak cemas dengan kehidupan saya kelak. Namun, setelah keseringan ditinggal, ketika saya pulang, Bu Evie malah sering complaint, "punya anak satu! Kaya punya anak sepuluh!"

Maklum Bu Evie lahir dalam sebuah keluarga besar. Beliau merasakan ketika harus mengurus para oom dan tante saya, sama repotnya, ketika beliau harus mengurus saya yang cuma seorang.

Tapi, terkadang saya suka mikir juga, gimana ya kalau saya ada di posisi kedua orang tua saya, punya anak perempuan seorang, terus demen banget ngaclok sana-sini, pasti saya ketar-ketir banget. Cumaaaaa, when you can buy your parent's trust, everything will be easy.

Pernah saya bertanya pada si Mamam, "Mam, nggak apa-apa gitu aku pergi terus?" Si Mamam cuma bilang, "kamu itu bukan cuma anak Mamam dan Papap, tapi juga hamba Tuhan. Kamu bisa ngebohongin Mamam sama Papap, tapi kamu nggak bisa ngebohongin Tuhan….."

JLEB! JLEB! JLEB!

Alasan itulah yang membuat saya lebih senang dugem di WC, daripada di tempat lain.

Dugem?

Yup, dugem. DUduk GEMetar. Ngeden.






1 komentar:

  1. hahaha.. aku kangen ma cerita2 teteh Pieraaa... Akhirnya kembali,... Ayo nulis terus ya tiap hari. Lumayan buat senam muka :p

    BalasHapus