Jumat, 20 Juli 2012

[2] Balada ngekos: Pagi (yang) Religi!

Pencarian kos-kos-an pun dimulai…..






Dibantu oleh Bu Evie dan Pak Mamat, akhirnya pilihan itu jatuh pada sebuah kos-kosan khusus wanita yang dimiliki oleh sepasang suami istri muda yang sudah bergelar haji mabrur, insyaAllah.

Pak Mamat dan Bu Evie tidak setuju kalau saya nge-kos dimana tempatnya berbaur antara laki-laki dan perempuan. Katanya sih banyak mudaratnya. Namun, saya setubuh dengan pendapat kedua orang tua saya ini.

Kalau kos-kos-an-nya campur, yang mulia Teteh Piera tidak bisa lagi jemur body pake bikini dong! Di Eropa kan sekarang lagi summer, enak-enaknya pake bikini. Namun, kenyataan berbicara lain, tinggal di sekitar kawasan ibu kota, mau pake bikini??? Yang di Eropa sono kesiram air ombak laut Mideterania, nah saya kecipratan air ujan asam!

Harga sewa tempat kos-kos-an ini pun masih terjangkau. Dengan beach view, ukuran balcony yang luas, desain klasik minimalis, percampuran furniture bernuansa ekletik, dan juga perabotan berteknologi canggih namun tidak menghilangkan sisi ergonomisnya. Beuuuuuuuuuuu, ngimpiiiii apa saya semalem bisa nulis kaya gitu tentang kos-kosan saya???

Kosan saya meh leutik binti semfit. Kalau siang, puanasnyaaaaa puooool! Emang nggak ada AC?

Ada duooong! Nih AC! Angin Cepoi-cepoi! Kadang kalau lagi kepanasan, saya suka niup ubun-ubun saya. Pegimane caranye??? Saya aja nggak kebayang….

Salah satu pengalaman lain yang bikin nyesek adalah kondisi air yang lilahita'ala banget. Hanya Tuhan dan bapak kosan yang tahu ketersediannya.

Pernah, di suatu pagi yang cerah, seperti biasa, yang mulia Teteh Piera melakukan ritual yang sangat berbau religi, eek di kamar mandi. Kenapa juga disebut bernuansa religi? Karena sebelum masuk kamar mandi, saya suka baca doa masuk WC terlebih dahulu, begitu juga ketika keluar.

Setelah ngeden berkepanjangan, akhirnya saya pun mengucapkan hamdallah (tuh, gimana nggak religi kan???) seraya mengambil gayung untuk cebok. Lagi enak-enaknya cebok, tiba-tiba, air yang keluar dari keran, mati. Astagfirullah!

Dan, kejadian itu adalah kejadian di WC ter-religi yang pernah saya alami! Entah sudah berapa kali saya mengucapkan dzikir.

Waktu sudah menunjukan pukul 6, saya belum shalat shubuh, tetapi keran itu tak kunjung jua mengeluarkan air. Ya Allah tolong teman Baim ya Allah, yang bukan teman Baim juga bantuin juga ya Allah….

Setelah berdoa dengan penuh rasa pilu dan betis yang mulai keram…..Segala puji bagi Tuhan Sang Pencipta semesta alam! Tiba-tiba air itu ngocor…..Tapi, keciiiiiiiiiiiil banget.

Dengan sigap dan sedikit tiarap, saya berusaha untuk menggunakan tetes demi tetes itu untuk cebok dan wudhu. Selesai membasuh kedua kaki, air keran itu mati lagi!

Aaaaaaah, ini mah beneran kuasa Tuhan pisan!

Beberapa jam kemudian, saya bertanya tentang kejadian tersebut kepada bapak kos. "Oooh maaf Viera, tadi bapak lagi nguras water turent-nya…."

Ooooooouch Bapak Kos ti amoooooo!

By the way, kalau inget kejadian kemaren tuh, berasa kaya 'disentil' sama Tuhan. Gimana ya rasanya jadi suku di Afrika sono, yang kudu jalan 2km hanya untuk seember air?

Mungkin ini adalah cara Tuhan, biar saya bisa jauh lebih bersyukur lagi. Bener kan? Tuhan itu selalu ngasih pelajaran ke mahluk-Nya dengan cara yang terkece yang pernah Dia punya :) Tuhan tau kalau saya sering merenung di dalam WC, makan sistem pembelajaran yang Dia kasih pun nggak jauh-jauh dari situ :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar