Kamis, 16 Februari 2017

またね at #KonnichiwaJapan (Part 1)

Assalamualaikum wr, wb…

Wahai rakyatku…Ngggg, cocok nggak kalau saya menyapa para pembaca blog terkasih dan tersayang ini dengan sebutan tersebut? Nanti abis baca blog ini, kalian harus bayar 'upeti' ya ke saya…Hehehehe.

Jadiii, gimana nih persiapan buat acara #KonnichiwaJapan nya? Udah menyiapkan pertanyaan yang ingin disampaikan ke nara sumber?

Sebagai tambahan, saya sempat ngobrol-ngobrol sama Ayu, salah seorang nara sumber yang nanti akan berbagi pengalamannya selama tinggal di Jepang, tentang kesan apa saja yang dia miliki tentang negara matahari terbit tersebut.

So, let's check these quick interview with Ayu san…






Yang Mulia Teteh Viera (V): "Hal pertama yang terlintas di kepala, kalau ada yang nyebut kata Jepang?"
Ayu (A): "Studio Ghibli, Tokyo Sky Tree, drama Jepang."

V: "Hal yang paling dikangenin dari Jepang?"
A: "Kenyamanan transportasinya. Keamanan lingkungannya. Keindahan pemandangannya seperti pohon-pohon dan sungai-sungai yang terjaga bersih. Pengalaman berinteraksi dengan orang Jepangnya yang baik dan unik. Makanannya. Pengalaman menjadi muslim di negara non muslim, apalagi kalau lagi kangen sama suasana lebaran yang biasa dirayakan bareng orang senasib karena sesama perantau, itu rame dan seru banget….."

V: "Makanan favorite selama di Jepang?"
A: "Takoyaki, nabe, dan oden."

V: "Artist jepang yang paling disukai?"
A: "Kimura Takuya, band Funky Monkey Baby, dan Shimizu Shota."

V: "Hal yang paling disebelin selama tinggal di Jepang?"
A: "Buang sampahnya ribet, harus dibeda-bedain sesuai jenis sampahnya, Orang Jepang yang tinggal di kota terkadang sangat individualis. Biaya hidup yang mahal, hahaha….."

V: "Lagu Jepang kesukaan?"
A: "Funky Monkey Baby - Arigatou. Mongol - Chiisa koi no uta. Greeeen - Kiseki."

V: "Film Jepang yang paling disukai?"
A: "Kalau drama Jepang, Tokyo Love Story, Renai Dekinai Riyuu, Nodame Cantabile. Kalau filmua, Death Note, My Neighbour Totoro, An."

V: "Rekomendasi untuk a must-seen place di Jepang?"
A: "Kyoto dan segala isinya, Gion, Kawaramachi, Sungai Kamogawa, Kiyomizudera. Hokkaido, karena sejuk dan sayuran segar. Gunung Fuji, karena itu terkenal cuma ada di Jepang."

V: "Kata dalam bahasa Jepang yang paling disukai?"
A: "Otsukaresamadesu = terima kasih atas kerja keras atau susah payahnya (artinya bangsa Jepang menghargai usaha rekannya). En = ikatan takdir. Ganbaru = Semangat sampai akhir."

V: "Alasan kenapa orang harus ke Jepang?"
A: "Pemandangannya, makananya, dan sistem transportasinya yang nyaman."


Yupz, segitu dulu hasil ngobrol singkat bersama Ayu yang sekarang lagi plesiran di Jepang, "cepet balik Yuuuuu, inget acara tanggal 25 nanti, ahahaha…"

Oh iya, beberapa waktu yang lalu, saya sempat nonton sebuah cuplikan video dari acara The Ellen Degeneres Show, di mana Ellen mewawancarai Sam, salah satu barista Starbucks berumur 17 tahun yang mengidap autis yang memiliki keinginan untuk bisa mengunjungi Jepang dari umur 4 tahun dan kemudian Ellen mewujudkan mimpinya tersebut.

Semoga, setelah meonton acara ini, teman-teman yang akan datang ke acara #KonnichiwaJapan nanti makin semangat untuk bisa mengunjungi Jepang :)







Arigatou. ありがとう.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar