Selasa, 02 Mei 2017

이벤트에서 봐요 at #KoreaDaebak : 7 Things You Can't Do in Korea

Yorobuuuuun, are you ready to satur-dating with Cooltura_id: #KoreaDaebak Sabtu sore nanti???

Okay, sambil siap-siap, let's check some quick facts about something that we could not do in Korea, berdasarkan pengalaman dari salah satu narsum kita nanti, Ayu eonni, yang pernah tinggal di Korea hampir lima tahun dan yang suka dikira sama temen-temen Korea-nya kalau nama beliau itu 'IU', mirip si penyanyi tersohor.






1. Kebiasaan untuk mentraktir

Biasanya nih kalau kita lagi makan bareng temen-temen Korea kita, pasti salah satu temen Korea kita tersebut berinisiatif untuk ngebayarin. Tapi, kita juga harus siap-siap buat bayarin balik di kesempatan berikutnya.



2. Ngomong kenceng-kenceng di dalam transportasi umum

Buat yang punya kebiasaan ngebahas gossip-gossip ternyar-nya lambe turah sambil pake suara 8 oktaf nan nyinyir di dalem commuter line Jabodetabek,  be mind of yourself, karena orang Korea nggak bakal segan buat nyuruh kamu turun di perberhentian berikutnya, kalau kamu berisik di dalem transportasi umum.

"Orang Indonesia kan kalau ngumpul suka haha-hoho nggak kontrol volume ya, kita suka dimarahin ahjumma atau diliatin dengan tatapan tajam!" Tambah Ayu eonni.



3. Memulai dan mengakhiri makanan sebelum orang yang lebih tua

"Aku sering diingetin sama guru bahasa, di Korea itu kalau makan kudu nunggu yang senior mulai dulu…..Dan nunggu yang senior berhenti dulu." Jelas Ayu eonni.



4. Bersalaman atau menerima sesuatu dengan satu tangan

Terkecuali salah satu tangan kamu sedang terluka, ketika kamu akan bersalaman, menerima, atau memberi hadiah, kamu harus bisa memberikannya dengan kedua tangan kamu to show your utmost respect.



5. Menolak ajakan 'minum' dari senior

Terlepas dari kamu adalah seorang 'peminum' atau bukan, pokoknya mah tawaran 'minum' dari si senior ini diterima dulu aja. Untuk mengakalinya, nanti kamu bisa mengganti isi minuman tersebut dengan air biasa, yang diutamakan di sini adalah gesture tubuh kamu untuk menerima apa yang diberikan oleh sang senior.



6. Memperlihatkan bahu dan punggung

Larangan ini diutamakan untuk kaum perempuan, terkecuali kamu adalah Tzuyu-nya Twice yang mau perform, sebaiknya kamu jangan terlalu memperlihatkan bagian tubuh yang satu itu. Tapi, anehnya, kamu dipersilahkan untuk menonjolkan kaki kamu semaksimal mungkin, apalagi kalau kaki kamu bak anggota SNSD, sok lah mau pake rok seminim mungkin T^T



7. Menancapkan kedua sumpit di atas nasi

Dua sumpit yang tampak berdiri tegak karena dicolok di tumpukan nasi dalam sebuah mangkok akan terlihat seperti sebuah dupa yang sedang ditancapkan dalam sebuah mangkok abu. Jadi, kalau kamu ngelakuin itu, kamu tampak seperti mendoakan orang yang makan bersama kamu untuk mati.

"Oh iya, di Korea nulis nama orang itu nggak boleh pake tinta merah…..Ini juga seperti ngedoain orang tersebut buat mati." Lanjut Ayu eonni lagi.


"Intinya, di Korea itu kita harus menghormati senior….Kira-kira begitu kurang lebihnya, sejujurnya menurut pengalaman aku di Korea sih, selain bicara keras-keras di transportasi umum, orang-orang Korea ini nggak terlalu peduli dengan apa yang dilakukan oleh orang asing, selama mereka tetap dihormati. Tapi, kalau kita lagi ke Korea, alangkah baiknya kalau kita tidak melakukan hal-hal yang tadi disebutkan." kata Ayu eonni.


Mau tau lebih jauh tentang kebudayaan Korea lainnya, yuk mari dateng ke acara Cooltura_id: #KoreaDaebak yang bakal diadain hari Sabtu, 6 Mei 2017 di Maraca Books & Coffee - Bogor!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar