Rabu, 01 November 2017

#pemudazamannow is #pemimpinzamantomorrow

Heiho!

Jadi, tanggal 28 Oktober 2017 kemarin, tepat di hari Sumpah Pemuda, cooltura_ID, komunitas kepemudaan yang saya buat bersama Ayu, teman SMA saya, membuat sebuah digital activity, berjudul #PEMUDAZAMANNOW representasi #PEMIMPINZAMANTOMORROW.






Kami memilih 28 orang pemuda dan menanyai mereka beberapa pertanyaan, seperti:

1. Apa nasehat kamu untuk #kidszamannow ?
Jawabannya gokils banget! Dari yang nyaranin supaya jauh-jauh dari gadget, perbanyak kegiatan positive bersama teman dan keluarga, sampe jangan kebanyakan makan mecin.

2. Sumpah terakhir yang kamu lakukan?
Ini juga nggak kalah serunya. Ada yang sumpah ingin membangun nusa dan bangsa sampai sumpah sehidup semati sama bini tercinta! Huahahaha!

3. Tokoh pemuda Indonesia yang dikagumi?
Well, untuk cowok rata-rata pada milih Nadiem, si CEO nya gojek. Meanwhile, untuk perempuan, pada milih Maudy Ayunda, si wanita cantik dan pintar itu yang bikin iri seluruh anggota cooltura_ID! Tapi, nama Butet Manurung, pendiri Sokola Rimba dan Mbak Helianti, pemilik Javara Indonesia, lumayan juga sering disebut.

Untuk lebih detailnya bisa dilihat di instagram kami qaqa…

IG: https://www.instagram.com/cooltura.id/
Facebook: https://www.facebook.com/groups/1291701617583844/
Twitter: https://twitter.com/cooltura_id

Moreover, do not hesitate untuk tidak mem-follow, kalau dirasa tidak berkenan dengan hal-hal yang kami sharing. Saya mah santai ae orangnyah, kita tetep temenan, walau tidak follow-follow-an, hehehehe!






Saya sendiri sangat enjoy mengerjakan digital acitivity yang satu ini, berasa kaya lagi ngobrolin masa depan aja sama teman-teman sepermainan. Kadang-kadang terselip juga omongan, kenapa pemuda zaman sekarang suka banget pamer dia lagi ada di mana, di instagramnya. Komentar biasa sampai yang pedes kaya ayam recheese level 5 pun bermunculan:

Kembaran Raline Shah (saya): "Kenapa ya #kidszamannow ini seneng banget memosting sesuatu di sosial media mereka? Masa ya kemaren ada anak tawuran ketangkep sama polisi, ketangkepnya gara-gara apa? Gara-gara dia instalive! Men! Tawuran di-instalive-in dong! Ingin ku berkata kasar?!"

Sebut saja Mawar bukan nama sebenarnya (M): "Dasar generasi mecin!"

Sebut saja Bambang bukan nama sebenarnya (B): "Yeee, kalau gue jadi bubuk ajinomoto, gue bakal ngeluh di insta story; 'Salah gue apa coba? Yang bego generasi lo, kok yang disalahin gue???"

M: "Sebenernya kita juga ada masa begonya ya, tapi perasaan dulu mah, kalau kita lagi ngelakuin hal-hal yang bego tuh kita umpet-umpetin ya, biar nggak ketauan. Lah, sekarang malah diumbar? Bego berjamaah..."

Saya: "Gue pernah baca, generasi jaman sekarang itu punya tingkat 'fear of missing'-nya tinggi banget..."

B: "Gue pernah liat, keponakan gue instalive lagi makan nasi goreng di pinggir jalan. Lah, ngapain coba makan nasi goreng doang dipamerin. Terus, sambil makan nasi goreng, dia cerita kalau kecengannya jadian sama orang lain. Baiklah…First thing first, situ artis? Bukan. Followers-nya? Ya banyakan following-nya lah daripada followers-nya yang cuma 100 orang itu. Emang ada yang nonton? Ada. Siapa? Gue. Dan you know what, gue satu-satunya yang nonton instalive dia, itu pan kaya lagi ngobrol berdua aja ya, meningan telepon gue langsung aja kali???"

M: "Lo tau kan Kim Kadarshian pernah dirampok, pas abis dia pamer perhiasan dia yang mehong itu di instagram."

B: "Gue suka pengen ngajak pemanasan senam SKJ 92,  sama yang suka update-update foto selfie, tapi caption-nya diambil dari tulisan Tere Liye. Jaka Sembung makan mecin, nggak nyambung ciiiin!"

Saya: "Gue paling ka zet el, sama yang suka selfie, ceritanya teh baru bangun tidur, terus caption-nya 'abaikan ditambah insert nama bagian tubuh'. Tapi teteup cantik paripurna, huft!"

B: "Baru bangun tidur dan lo masih cantik mah biasa Pe, kalau baru bangun candi Borobudur lo masih cantik, baru tuh Pe update di instagram!"

S: "Tapi, gue salut sih sama mereka ini, mereka ini kuat juga ya... Kalau gue jadi mereka, kayanya gue nggak bakal mampu deh! Gila aja temen-temen gue update foto-foto bahagia, lah gue ulangan biologi aja her-nya sampe enam kali!"

Dan masih banyak lagi obrolan-obrolan seru tentang kelakukan anak-anak zaman sekarang lainnya saya bersama 28 orang pemuda yang berpartisipasi dalam digital activity ini.

Sayangnya, ada beberapa jawaban yang harus saya cut, dikarenakan keterbatasan karakter untuk menulis, padahal isi content-nya gorjes banget. Nah, karena saya merasa bersalah, di beberapa postingan ke depan, saya bakal re-creating beberapa content #pemudazamannow dalam bentuk aslinya, tanpa saya cut.

Semoga bisa mengispirasi teman-teman untuk jangan ngeluhin kelakuan #kidszamannow aja, tapi juga jadi motivasi agar kita bisa jadi lebih baik lagi dan juga sumber inspirasi buat bahan gossip di perjalanan pulang kerja. Hihihihi, se-'liar-liar'-nya Awkarin, dia pernah ngehasilin duit sampe 50 juta sehari di umur dia yang masih 17 tahun itu, wohoooo! Something that I couldn't do when I was still 17 years old!





Yups, untuk lebih lanjut, mari kita liat postingan-postingan saya berikutnya yes!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar