Kamis, 02 November 2017

#pemudazamannow adalah #pemimpinzamantomorrow: Zaky Zakaria

Namanya Zaky Zakaria. Kalau ditanya umurnya berapa, ada kemungkinan dia lebih muda daripada saya, tapi kalau masalah ilmu kehidupan, kayanya sudah dapat dipastikan cobaannya lebih banyak beliau daripada saya, makanya saya memanggilnya dengan sebutan Bang Zaky.

Bang Zaky ini orang gorjess banget gaes, tipikal pemuda yang suka diundang ke acara-acara pembangkit semangat yang di mana kebanyakan audience-nya para anak mudo yang lagi butuh banjuran (bukan siraman lagi) rohani.

Komunitas dan organisasi yang Zaky ikutin banyak banget. Mulai yang dari anggota sampai yang jadi founder. Ngebagi waktunya kaya gimana caranya coba? Meanwhile saya, membagi waktu buat bangun tidur sama nonton marathon Criminal Minds aja susah banget, huft!

Salah satu organisasi yang sering diceritakan oleh Zaky adalah IMI, singkatan dari Ilmuwan Muda Indonesia. Wah, dari nama-nya aja udah gregetz ya, kayanya nggak mungkin nih saya bisa jadi anggota perkumpulan ini, satu-satunya ilmuwan yang saya suka itu, Dr. Spencer di Criminal Minds.

Bang Zaky merupakan salah satu dari 28 pemuda yang saya minta menjadi salah satu pengisi content digital campaign-nya @cooltura.id #pemudazamannow adalah #pemimpinzamantomorrow

Saya memberikan tiga pertanyaan kepada Bang Zaky;

1. Sumpah terakhir yang pernah dia ucapkan






2. Nasehat untuk #kidszamannow

3. Pemuda Indonesia yang menginspirasi beliau

Untuk pertanyaan no. 1 dan 3 bisa, temen-temen langsung cek jawabannya di instagram @cooltura.id atau facebook cooltura_id.

Sayangnya untuk jawaban nomor 2, due to the limited space, I have to cut his perky answer. Maklum, Facebook dan instagram (apalagi twitter) punya karakter yang terbatas untuk penulisan. Jadi, di postingan kali ini saya mau sharing jawaban verso full version dari beliau ini, karena jawabannya terlalu keren untuk di-cut begitu saja.

So, here we go, apa sih nasehat buat #kidszamannow dari seorang Zaky Zakaria?



***







Jadilah anak-anak masa depan karena jaman now  adalah masa depan. Gak percaya? Oke ini buktinya. Kalian pasti tahu Doraemon, robot yang datang dari masa depan. Jadi waktu Doraemon pertama kali keluar dari lacinya Nobita pakai Mesin Waktu, Doraemon kira-kira ngomong gini ke Nobita “Hai Nobita, saya adalah robot kucing masa depan  dari abad 21! Yang dikirim oleh cucumu….” (pasti kamu bacanya pakai suara Doraemon kan? Hehehe!)

Perhatikan kata abad 21 nya. Tebak sekarang abad berapa? Yup sekarang adalah abad 21. 

Berdasarkan fakta yang tidak bisa dibantah dari komik Doraemon tersebut (faktanya saintifik banget yah? heheh) Berarti masa depan adalah sekarang!. (Tapi...kemudian di tahun 2000an sama tim penulisnya diganti jadi abad 22, karena sampai saat itu belum ada baling-baling bambu ataupun pintu kemana saja -__- ). Well the point is..the future is now.







Buka wawasan kamu, ikuti perkembangan jaman, ikuti dan kuasai teknologi, jadilah anak yang berpengetahuan luas. Teknologi adalah kuncinya.

Tapi menurut saya, yang terbaik dari masa depan  adalah you can be anything you want. Cita-cita sudah sangat berkembang, tidak lagi hanya jadi dokter, arsitek, atau polisi (itu rata-rata cita-cita anak jaman dulu). Bahkan menurut riset dari Dell Technology, 85% pekerjaan di masa depan belum diciptakan. 

Itu tidaklah mengejutkan jika kamu memperhatikan sekelilingmu. Hal tersebut sangat wajar dengan adanya perkembangan jaman. Contohnya tahun 2000 awal tidak ada pekerjaan Developer Mobile Application, sekarang 17 tahun kemudian profesi tersebut muncul. Ada profesi-profesi baru ada juga profesi yang berkembang. 

Profesi berkembang ini bukan seperti penyanyi kamar mandi berkembang jadi penyanyi Smule yah, tapi berkembang dengan menggabungkan beberapa disiplin ilmu. Seperti misalnya pembuat game berkembang menggabungkan Virtual Reality dan Augmented Reality, profesinya tetap pembuat game tapi skill yang dibutuhkan berkembang dan itu sudah terjadi saat ini. 

Bayangkan nanti di masa depan akan seperti apa. seru banget yah. Itu artinya dunia di depan kamu masih sangat luas, kesempatan untuk mencipta sangat besar. 






Kamu bisa jadi dokternya robot kalau kamu mau, kamu bisa jadi pelukis angkasa, why not? Bisa jadi nanti di tahun 2030 ditemukan cat yang bisa mencat udara, atau kamu ternyata yang menemukannya!

Atau kamu jadi ilmuwan yang menemukan...'Alat Teleportasi Antar Planet….' (Pasti bacanya pakai suara Doraemon lagi hehehe!)

Gila masa depan keren banget ya? Untuk ikut ambil bagian di kekerenan masa depan tentunya kamu perlu persiapan. Persiapannya gak susah-susah amat kok. Hanya belajar saja. BOOOOO….nggak seru amat persiapannya, belajar melulu!

Seru tahu dan mudah. Kamu nggak disuruh naik gunung trus turunnya guling-guling atau makan pare mentah 2 kg tiap hari supaya sukses. Cuma belajar aja.

Apakah semua nilai harus bagus? Gak juga. Kamu gak perlu sedih kalau nilai matematik kamu jelek. Pablo Picasso gak ditanyain nilai Matematiknya waktu dia melukis dan lukisannya terkenal di seluruh dunia. Kamu gak perlu sedih kalau nilai Sejarah kamu jelek, Albert Einstein gak ditanyain kapan terjadinya Perang Diponegoro saat dia menemukan Teori Relativitas.

Nilai jelek bukan berarti kamu tidak bisa menjadi sukses atau tidak berbakat atau tidak jenius. Everbody is a genius, hanya perlu menemukan hal yang tepat. 








Kamu tidak bisa mengajarkan ikan memanjat dan berharap hasilnya baguskan? Ingat, siapa tahu kamu itu ilmuwan yang menemukan “Alat Penerjemah Suara Hewan” (seriously..stop membacanya dengan suara Doraemon hehe) yang tidak perlu nilai Seni Rupanya bagus. All you have to do is, temukan apa yang kamu mau dan kejar dari sekarang!

Untuk merangkum semua ini, yang perlu diingat adalah Jadilah anak-anak masa depan karena masa depan adalah sekarang. Kamu bisa menjadi apapun yang kamu mau dan kuasai teknologi. Dan yang terakhir..please don’t hate me for this ...BELAJAR!



***

Yup, sekiranya begitulan sekelebat nasehat untuk para nak mudo' zaman sekarang. Semoga berkesan :)



1 komentar:

  1. Anonim11.11.17

    Hmm it looks like your blog ate my first comment (it was super
    long) so I guess I'll just sum it up what I submitted and say,
    I'm thoroughly enjoying your blog. I as well am an aspiring blog writer
    but I'm still new to everything. Do you have any helpful hints for rookie blog writers?
    I'd certainly appreciate it.

    BalasHapus