Kamis, 03 Juni 2010

Another card's story

This is just another card's story…Hehehehe. Bisa dibilang, teman italia pertama saya adalah kartu-kartu ini. Mereka menemaniku ke mana pun aku pergi…Oooouch, coooo cuit!

Setelah beberapa postingan sebelumnya saya menjelaskan tentang kartu-kartu sakti yang harus saya bawa ke mana-mana. Nah sekarang giliran saya menceritakan tentang beberapa kartu yang biasa saya jinjing selama saya sedang berada di dalam kampus.



1. Tesserina di Matricola



Ngggg bisa dibilang, KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) versi Italia. Selain sebagai tanda pengenal, kartu ini digunakan untuk bisa masuk ke dalam perpustakaan dan kantin. Dengan kartu ini, saya dapat mendapatkan jatah gratis makan siang dan malam sebesar 6 euro. Pada awal mulanya, kartu ini diberikan secara gratis, namun jika kartu ini hilang, it feels like that I lost money for 12 euros per day. Untuk mendapatkan kartu penggantinya, kita diharuskan membayar 4,13 euro dan menunggu sekitar tiga jam dari waktu kartu itu selesai dibuat kembali untuk dapat digunakan kembali seperti sebelumnya.



2. Tesserina di Biblioteca



Kartu pinjam buku perpustakaan. Kalau masuk perpustakaannya kita harus menggunakan tesserina di matricola, sedangkan untuk meminjam buku-buku yang kita mau itu, kita harus menggunakan tesserina di biblioteca yang dilengkapi dengan barcode khusus yang akan mendeteksi buku-buku apa saja yang kita pinjam secara otomatis. Kartu ini diberikan secara percuma, begitu pula, jika kartu ini hilang, kita tinggal register online untuk mengisi formulir permohonannnya, tapi nunggu sampai selesainya itu lhooooo, minimal dua minggu lah. Jadi saya nggak bisa pinjem buku selama sekitar 14 hari-an déh!



3. Kartu foto copy



Satu-satunya kartu yang saya dapatkan dengan cara membayar, sebesar 2,5 euro. Keuntungannya, saya bisa fotocopy dan nge-print gratis sepuasnya, dengan cara menempelkan kartu ini terlebih dahulu ke dalam mesin foto copy yang menyatu dengan printer.



Okai-tokai, yang sudah mulai muak dengan posting-an tentang beberapa kartu yang harus selalu stand by di dompet saya, boleh menarik nafas lega, karena, that's a wrap! Sebenernya sih masih ada kartu-kartu lainnya, seperti kartu ATM bank Indonesia, KTP Bogor, Kartu Tanda Mahasiswa ketika saya masih kuliah di universitas di Indonesia, kartu pinjam buku di comic corner, kartu pinjam perpustakaan nasional, dan masih banyak lagi. Tapi itu semua kartu yang tidak saya dapatkan di Italia.

Di akhir postingan ini, saya ingin meng-kroscek ingatan para teman-teman kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!), hohohohohoho! Pertanyaan quiz kali ini adalah: "Berapa jumlah kartu yang harus selalu siap sedia di dompet saya?"

Jawabannya akan saya berikan di posting-an berikutnya. Yang bisa jawab, mendapatkan bingkisan cantik sponsored by DESPAR, yang nanti akan saya berikan ketika saya pulang ke Indonesia :)

"Okay, é finito! Ci vediamo dopo!"
Artinya: Oke, selesai sudah, see ya later!

10 komentar:

  1. iseng deh jawab : 7! bener ga? heheheh

    btw lam kenal ya..gw tau blog lo dari adek gue yg anak SR ITB juga :D

    BalasHapus
  2. salam kenal juga, waaaaah terimakasih telah menyempatkan baca, berarti lu baca beberapa postingan sebelumnya juga nih soalnya sudah bisa menabk berapa jumlah kartu yang gue punya??? Ngincer hadiahnya doang ya??? hahahahahahaha!

    Aaaaaah terharuuuu, gue masih sering banget kena syndrome 'nggak percaya ada yang mau baca tulisan kacrut' gue :)

    Huoooo, adek lu anak SR juga? angkt berapa?

    BalasHapus
  3. adek gue Desain Produk angk 2004, lo angkatan berapa? ah dan saya baru tau dirimu kenal ama nandini anak kriya..eh kenal gak sieh? hahahah sumhow we're connected ya :P

    BalasHapus
  4. oh ya? siapa nama adek lu? Lu anak smansa juga kah?

    sama si Nan??? KENAAAAAAAAAAL banget! Sering nebeng nginep di kosannya :) Iya nih, klo orang Bogor mah pasti saling kenal :)

    BalasHapus
  5. adek gw dicky..dia anak smansa juga..klo gw mah di 5 :P

    gw awalnya ama nan juga kenal di forum internet loh, bener2 dunia gw kecil bener~ :D

    BalasHapus
  6. Ya Allah, Gusti Nu Agung bener2 kecil ya dunia itu, salam buat Dicky ya, Chie, daku sudah lama tak melihat beliau :)

    Aaaaah pasti dirimu suka hal2 berbau jepang, kaya si Nan ya :)

    BalasHapus
  7. Iya saya sampaikan salam anda untuknya :P

    Heheh tau ajah yaaa, hooh gw ketemu nan awalnya di forum jepang2 gitu deh.. btw lo ada ym gak? boleh sayah add? :D

    BalasHapus
  8. hehehehehehehehehe. mangaaaap baru ngeh ada mesej….tanya dicky aja, kayanya dia tau déh, tapi ya gitu saya téh jarang buka YM, soalnya virusnya meuni kabibina pisan…kalau mau sih chat di fb juga tak apa, kan dirimu juga sudah meng-add aku….

    BalasHapus
  9. kayak ym-an
    *kembali duduk sila sambil manggut2*

    BalasHapus
  10. alah ieu téh missjobim????? kunaon jadi mis kapkeks????

    BalasHapus