Jumat, 16 Juli 2010

Ontjom si Tukang Iri Hati yang Baik Hati

Okei, sebenernya obrolan malam bersama Ontjom si Tukang Iri Hati ini, menjadi masukan tersendiri buat saya yang punya hobby curhat pake tulisan di blog atau di facebook.

Mungkin para teman kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) suka agak ngedumel sama pola tulisan di blog saya akhir-akhir ini, "nih anak kagak bersyukur amat yak??? Udah untung dikasih kesempatan sama Tuhan buat tinggal di luar negri, tapi teteuuuuup aja ngeluh ini-itu! Payah! Udah ah, gue mau cebok dulu! CIH!"

Hehehehe, pernah nggak??? Tenaaaaaaaaaang, kamu itu orang ke 5098 yang ngomong kaya gitu, termasuk Ontjom si Tukang Iri Hati ini. Ya, masukan lah buat saya, semoga saya bisa memiliki pribadi yang lebih baik nantinya. Terimakasih ya selalu mengingatkan saya :)

Dari nama julukan yang saya berikan kepada saudari Ontjom, pasti teman-teman kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) udah tau dooong sifat Ontjom si Tukang Iri Hati ini pegimane????? Dia itu biangnya iri dengki déh, malahan waktu saya sedang sedih terpuruk begini, dengan asiknya dia memberi nasehat, "ya udahlah Pe, lu mabok-mabokan aja, jual narkoba, pacaran ama anak mafia, beres perkara…."

HOHOY! Emang ya saya itu nggak pernah salah milih temen, nasehat seperti itulah yang saya butuhkan saat ini! Makasih 'Tjom!

Jadi gini, saya itu lagi iriiiiiiiiiiiiiiii banget sama teman-teman Indonesia di sini yang memiliki nilai jauuuuuuuuuuh lebih baik dari saya. Saya tau dari mana? Ya dari mulut mereka sendiri dong. Ngapain juga saya ngecek satu-satu nilai mereka di fakultas masing-masing??? Dan dapat disimpulkan, kalau saya itu ternyata sangat teramat bodoh. Okei, sampai di sini aja rendah dirinya, soalnya menurut Donskih si Penari Ular (salah seorang teman yang berdomisili di Mumbai demi mewujudkan cita-citanya untuk bisa nari di kebon bunga bareng si Kajol), sifat rendah diri itu adalah salah satu sifat yang dibenci oleh Tuhan.

Namun, akan tetapi, seperti yang sudah teman-teman kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) tau kalau Tuhan itu ngasih pelajaran dari mana aja. Dari rasa rendah diri ini, saya jadi belajar, kalau misalnya saya lagi merasakan sebuah kesenangan, ya janganlah terlalu diumbar di khalayak, karena buat orang yang lagi sedih (dibaca: rendah diri), ngedenger suara ketawa ngikik ala Mak Lampir aja, bagai merasakan sebuah luka korengan yang ditaburi garam dan cuka! Kalau kata Widi si vokalis band Vierra mah, "aku kan bertahaaaaaaaan, meski tak kan mungkin, menerjang kisahnya, walau…PERIIIIIH!" PERIIIIIIIH meeeeeeen, itu periiiiiiih banget!

Begitu juga yang dirasakan Ontjom si Tukang Iri Hati, dia menemukan sebuah status facebook yang sekiranya kalau bisa saya singkat sih jadi kaya gini.

Lola si Pembuat Iri Hati-nya Ontjom si Tukang Iri Hati: "Hari ini, si ayang bertingkah lagi, dia ngebangunin aku pake suara deru mobil jaguarnya…Huft, huft, ceubeuuuuuuuul!"

"Nih orang mau pamer aja ribet amat sih!" ujar Ontjom si Tukang Iri Hati. Setubuh!

Padahal deru mesin jaguar ama deru angkot mesin Daihatsu angkot Bogor 03 jurusan Bubulak-Sukasari tuh nggak ada bedanya.

Atau yang status facebook-nya kaya gini,

Jam 12.00 "Aku tak bisa hidup tanpamu…."

Jam 12.15 "Kau miliku selamanya…"

Jam 12.30 "Aku cinta kamuuuu beib…."

Jam 12.45 nge-post foto di dalem mobil berdua dengan pose bibir manyun dan jari telunjuk di depan bersama sang pacar yang lagi nyetir, diberi judul "Kamu lah lentera hidupku…." Si pacar petugas PLN sob? Kalau rumah saya lagi kena pemadaman giliran, bisa dipinjem tuh si pacar, buat ngeganti lilin!

Jam 12.50 "Iiiiiih, 2 tahun, 2 bulan, 22 hari, 2 jam, 22 menit, 2 detik, selalu bersamamu…." Waduuuuuh sob, mau nyaingin waktunya Al-Quran turun???? Meuni pake angka 'dua' di mana-mana gitu? (Buat yang non muslim atau yang muslim tapi demen nyogok guru agama biar bisa lulus di UAS waktu SMA: Al Quran, kitab suci para muslim itu turun selama 22 tahun 2 bulan 22 hari, red)

Ahahahahahaha! Ya begitulah nasib Ontjom si Tukang Iri Hati yang nggak pernah ngerasain punya jaguar dan Teteh Viera si Cantik Jelita yang lagi patah hati bertubi-tubi ini.

Saya dan Ontjom si Tukang Iri Hati juga suka sebel banget sama orang-orang yang suka naro foto-foto cantik di facebook, maklum kayanya pas hari Tuhan ngebagiin muka, saya dan Ontjom si Tukang Iri Hati ini, janjian bolos. Kita suka ngeluh gitu, "kenapa ya wajah kita tak se-cantik si Lola? Lah dia mah pake hotpants keliatan seksih, nah kita???? Itu bekas koreng mau diumpetin ke mana???? Matanya belo kaya anak kucing? Lah kita????? Sekalinya belo, cuma sebelah, alias kelilipan! Wah foto si Lola yang satu ini bekgronnya menara eifel! Lah kite???? Jemuran enyak! Sekalinya pengen gaya imut, manyun-manyun gimana gitu, eh bulu idung nyembul duluan! Cuh, nasiiiiip ya nasiiiiip!"

Dan, seperti yang sudah pernah saya bahas, saya ini adalah tipe manusia yang mudah rendah diri dan gampang sekali iri hati (kebanyakan gaul sama Ontjom si Tukang Iri Hati sih, red) Saya mah orangnya nggak berani nge-delete orang di facebook, ada yang mau nge-add aja udah syukur alhamdulillah. Saya juga nggak berani nge-hide status orang-orang yang terkadang saya kurang suka dengan gaya penulisan statusnya, kan pernah ya nyoba nge-hide status facebook salah satu temen saya, eh taunya saya nggak bisa ngebalikin ke semula, da saya mah sebelnya téh sama status facebooknya bukan orangnya, hiks, hiks, hiks, sampe detik ini saya merasa bersalah banget, soalnya si temen saya yang suka nulis status annoying itu kan nggak selamanya nyebelin, mungkin waktu itu sayanya yang lagi sensitif. Lalu akhirnya saya memutuskan mungkin saya lah yang sebenernya harus mundur dari dunia per-facebook-an……Untuk sementara. Karena emang saya belum siap dengan konsekuensi munculnya situs pertemanan yang terkadang jadi ajang pembuat iri hati itu.

Tapi tenang, bagai lagunya Ello, "Aku pergi tuk kembali…." atau Kakek Arnold Suasanasegar dalam film terminator, "I'll be back!"

Saya akan kembali ke duania per-facebook-an setelah saya bisa menolelir perasaan iri hati dan rendah diri ini. Pasti bakal kangen banget sama temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) yang suka memberikan semangat ketika saya dalam keterpurukan, tapi gimana ya, sebesar-besarnya kalian memberikan saya dorongan semangat dan doa (PD banget, kaya ada aja yang ngedoain??? Meningan juga ngedoain enyak-babeh di rumah yang udah ngebiayain dari bayi sampe se-gede ini!) kalau misalnya hati saya yang kotor, ya tetep aja tuh doa kagak nyampe.

Jadi, setelah terapi berhenti ngomong kasar, sekarang saya lagi mengikuti terapi selanjutnya, terapi penghilang rasa iri hati dan rendah diri. Doakan semoga saya berhasil menjalaninya ya??? Masa sih seorang Teteh Viera yang cantik rupawan ini memiliki hati yang oh-sungguh-busuk-menggelikan?????





Oh ya, biasanya kan menurut pengalaman pribadi, semakin kita sebel sama sifat seseorang, semakin dekatlah kita terhadap sifat itu. Hehehehe, saya juga takut kemakan nih sama tulisan sendiri, jadi kalau misalnya tulisan-tulisan saya sudah mulai menyebalkan, ada dua cara nih buat teman-teman kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerit PIeRa!) untuk menanggulanginya;

1. Nggak usah baca blog saya lagi, atau
2. Ingatkan saya dengan cara yang halus ya…..Saya sadar, hati saya ini emang busuk tapi hati saya ini juga selembut tisu mittu buat lap pantat bayi…..Ooooooooooooowh, "ambil mittu, ambil lagi, ambil mittu, ambi lagi…."

4 komentar:

  1. saya selaku administrator dari PENCAPIR merasakan duka yang sangat mendalam atas DEACTIVATEDnya FB viera rachmawati.... T_T
    Maka saya sudah menghimbau kepada untuk dapat melakukan aksi unjuk rasa dengan tuntutan sebagai berikut:
    1. KEMBALIKAN BLOGGER KAMI....!!!
    2. HAPUSKAN IRI HATI DAN DENGKI
    3. TURUNKAN ONGKOS WC UMUM...!!!
    dan kami juga menghimbau aksi keprihatinan terhadap neng PEA dengan memberikan kontribusinya untuk MOGOK BOKER selama 2 hari ke depan....
    Tertanda - Administrator - PENCAPIR

    BalasHapus
  2. kok fotonya kek nadia dkv04 ya

    BalasHapus
  3. Babah Ashiong: waaaah terharuuuu gue har…hehehehe, baru ngubek-ngubek komen lagi nih, jadi baru baca, mangaaaap yaaaa, eh har, skrg gue serahkan sepenuhnya dulu kloset resmi pencapir di fecesbook ke lu, sampai gue kembali, kekekekekeke.

    Jeung wintjeh: bukaaaaan, ini mah si ontjom anak DP 04 :)

    Miskapkeks: Makan cireng!

    BalasHapus