Kamis, 02 September 2010

Monyet bilang, saya mereka!

Buon giornoooo teman-teman kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!)…Kemaren saya baru nongton sebuah film yang konon katanya bertema sangat feminisme, berjudul, 'Mereka bilang, saya monyet!'

Astagfirullah, Gustiiiiiiii……Randa! Eta kunaon nepi ka kitu-kitu amat judul pelem téh??? (ditranslate: O my goat! O kambingku! What's going on with indonesian movie's title now???)

Aduuuuh, saya téh pengen gaya sebenernya, pengen kaya blog-blog yang lagi nge-hip banget sekarang, kan para blogger éta téh suka nulis posting-posting-an-nya pada pake bahasa inggris, emangnya yang punya komputer téh, bangsa endonesa saja??? Tapi, atuh da kumaha yah, keinginan sama kemampuan terkadang suka berbanding terbalik.

Pengen sih sekali-kali nulis pake tulisan bule, tapi apa daya mulut ini memang terbiasa ngobrol sama Kang Diman, Mang Udin, dan Jang Asep. Ah, andaikan saja saya dilahirkan dari seorang ayah bernama Robert dan seorang ibu yang memiliki pupil mata berwarna biru muda, pasti sekarang saya sudah wara-wiri di dunia pershit-netronan Oom Punjabi, bukan belajar berjam-jam, seperti detik ini! Aaaaaargh, dunia ini memang kejam ya broooo!

Eh, jadi tadi téh kita lagi ngomongin apa ya sebelumnya???

Oh, heu-euh, pelem yang dibuat berdasarkan novelnya Djenar Maesa Ayu. Eduuuuun pisan lah! Sebuah film yang menggambarkan kehidupan seorang penulis yang memiliki masa lalu yang kelam. Dia adalah anak hasil 'rumah-patah' (dibaca: broken home). Di mana Henidar Amroe benar-benar memerankan si tokoh ibu dengan sungguh lihai (lihai banget dah ciuman sama para aktor-nya! Suer!). Saya sampai nggak nyangka, sekarang Tante Henidar memilih untuk menggunakan jilbab, setelah melakukan kissing-scenes yang hot bersama Akang Bucek.

Ah, emang ya hidayah mah beda-beda waktu datengnya ya…Tuh, makanya buat para anggota FPI, jangan ujug-ujug ngehancurin sana-sini. Coba bayangin déh, kalau misalnya para anggota FPI nge-grebek tempat shooting pelem 'Mereka bialng, saya monyet!' Mungkin Tante Henidar tidak diberikan kesempatan untuk mengetahui bagaimana rasanya melakukan salah satu anjuran agama muslim kepada para pengikutnya yang berjenis kelamin wanita.

Oh ya, akting Titi Sjuman yang menjadi pemeran utama pun nggak kalah ciamiknya sama Tante Henidar. Saya sampe bingung, kenapa bisa ya Titi Kamal lebih sering maen pelem dibandingkan Titi Sjuman, nama boleh sama-sama berawalan 'Titi', tapi untuk kualitas akting, saya pikir Titi yang 'itu' lebih mumpuni.

Oom Ray Saetapi pun tampak sangat menikmati perannya yang demen ciuman sama si pemeran utama. Iya ya, siapa juga yang nggak suka ciuman ama Teteh Titi Sjuman???

Ya, intinya sih, pelem 'Mereka bilang, saya monyet!' adalah sebuah pelem yang bagus, apalagi banyak adegan ciumannya. Wah demenan saya banget dah itu mah!

Eh, tapi saya kaget lho, setelah menonton pelem ini, saya jadi tau, ternyata ada juga ya sifat KKN dalam dunia jurnalisme Indonesia Isu tersebut digambarkan sangat baik oleh Djenar Maesa Ayu sebagai sutradara, ketika Ajeng (Titi Sjuman) yang melakukan perselingkuhan dengan seorang penulis kenamaan yang memudahkannya untuk memasukan tulisan-tulisan ke dalam redaksi-redaksi media masa ternama. Waaaaaow, aduuuuuuh jadi pengen macarin editor-editor majalah-majalah anak muda terkemuka, biar saya bisa terkenal mendadak gitu…

Kehidupan Ajeng yang sebagai penulis cerita anak-anak ceria-gembira digambarkan sangat bertolak belakang dengan kehidupan sehari-harinya yang sungguh kelam-jumawa. Si Ajeng kalau udah minum bir udah kaya saya minum nutri sari rasa jeruk nipis. Subhanallah, benar kata Bang Oma dalam salah satu lagu kegemaran saya, 'Mirasantika', "gara-gara kamu orang bisa jadi edan, gara-gara kamu orang kehilangan masa depan…KU TAK MAU TAK!"

Lalu, dari mana asal usul kata 'monyet' dalam pelem ini??? Oooooh, bukan karena wajah Teteh Titi Sjuman mirip monyet. Waaaah, kalau wajah Titi Sjuman mirip monyet, wajah saya mirip siapa??? (Dari kejauhan terdengar, "kalau Teteh Piera mah mirip Jenifer Lopez!" I know, I know that). Kata 'monyet' itu sendiri berasal dari panggilan sayang teman-temannya Ajeng oleh kedua temannya yang tak kalah demen ciuman dengan para aktor muda lainnya.

Setelah menonton pelem ini, cita-cita saya menjadi penulis menjadi sedikit goyah. Bener kata Pahr1 c H1t4M, meningan jadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) ajalah kalau gitu mah. Masuk jam 8, istirahat siang sambil shalat dzuhur jam 12, pulang jam 4, tapi shalat ashar dulu jam 4.15, jam 5 pergi ke pasar, jam 6 shalat maghrib, jam 7 nyiapin makan malem buat suami dan anak, jam 9 shalat isya, jam 9.30 tidur, lalu bangun jam 3.30 untuk shalat malam, lalu sahur (ceritanya téh lagi hari Kamis, jadi saya sahur buat menjalankan salah satu sunnah Rasul, puasa setiap hari Kamis) sampai waktu imsak tiba, dan dilanjutkan oleh kegiatan shalat shubuh berjamaan bersama sang suami tercinta. What a life! Salah satu bayangan kehidupan yang tak pernah terpikirkan oleh saya sampai umur saya menginjak kepala dua.

Okai-tokai, dapat saya simpulkan bahwa pesan moral pelem ini adalah: "Ini pilem bagus bro! Abis nongton pelem ini, gue jadi ngeliat PNS sebagai salah satu pekerjaan yang bisa bikin gue masuk surga juga!" Abisan ya, selama ini, kalau baca koran-koran téh, saya suka disajikan berita-berita buruk dari menjadi seorang PNS, padahal mah tergantung orangnya juga sih ya, kalau emang udah demennya mabok-mabokan dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang, mau jadi seorang guru ngaji, bisa aja masuk neraka.

Eh tapi kalau saya yang jadi sutradaranya, saya bakal lebih memilih judul 'Mereka bilang, saya kaya Dian Sastro!' atau 'Mereka bilang, saya mirip Luna Maya!' daripada 'Mereka bilang, saya monyet!'. Makan sosis-sambil ngetik, walau narsis-tapi Teteh Piera emang paling cantik!


2 komentar:

  1. Anonim14.9.10

    [url=http://www.pi7.ru/foto/1490-galereya-smeshnyh-kartinok-17-foto.html ]Мне кажется,трагедия неизбежна...Ведь я... [/url]
    Странно очень- зашла на вебсайт знакомств .Удивительно, но люди не склонны там к неплохому добродушному общению,не дорожат им.Мужчины грубят ,хамят,и за этим видны комплексы.Вместо такого для того заявить девушке что-то неплохое ,предлагают секс и в случае в случае если она отказывает грубят .,хамят.Общение нет там как-такого.Придурков большое колличество.Старалась по-доброму говорить так они злятся на это.А как у вас там общение проходило? Можно ли там что-то сыскать достаточно серьезное:.И вообще им не интересно кто ты,твои интересы...Встречалась с некоторыми но ужас,все вранье.

    BalasHapus
  2. ahahaahaha pea..djenar yang dikenal karyanya sebagai sastra selangkangan..kikiki
    tapi aye belum nonton sih..emang ciamik banget ya titi sjuman? seciamik dia kalo kasi komen di imb??

    BalasHapus