Minggu, 17 Oktober 2010

Sakti Si Mandraguna says hello from Norway!

Wah, ternyata setelah ditelusuri lebih jauh, banyak dari para sahabat saya yang sedang nyangsang di dunia belahan lain. Donskih si Penari Ular di Mumbai, Jeung Wintjeh di Oman, Ria si Rajin di Singapoh, dan sekarang….Sakti si Mandraguna di,di,di…..no way, he is in Norway!





AAAAAAAARGH! Sungguh menyebalkan sekali sesi wawancara kali ini, bukan dikarenakan orang yang saya wawancara, Sakti si Mandraguna, malah saya itu kangen berat bergossip-bercanda ria dengan baliau. Tapi lebih kepada rasa iriiiiiiii setengah mampus! Meeeeeeen, it's Norway! Tempat kelahiran Erlend Øye dan Eirik Glambek Bøe, para pionir Kings Of Convenience, band kesukaannya Teteh Piera sepanjang masa! Ah, cebeul! Ceubeul! Ceubeul!

Hell yeah, I'm in love with Scandinavian countries! All of them! Mulai dari Islandia sampai Denmark. Sampai-sampai tugas akhir saya waktu S1, saya mendesain Pusat Kebudayaan Skandinavia. I love their design! Tapi, ya sudahlah, Tuhan Maha Tau, Dia menempatkan saya di negara pemakan pasta ini pasti dengan segala rencana baik-Nya. Siiiigh~ Tapi, tapi, tapi kan pengeeeeeen ke Norwegiaaaaaaa, ketemu sama Erlend dan Erik! Nonton secret gig di tanah kelahiran mereka tentu beda rasanya.





However, saya sampai lupa memperkenalkan Sakti si Mandraguna. Dia adalah salah satu teman saya selama enam tahun terakhir ini, pertama kali ketemu di unit kegiatan mahasiswa yang sama-sama kami lakoni, dia memilih untuk menekuni bidang fotografi, sedangkan saya memilih bidang bioskop kampus. Sakti si Mandraguna merupakan salah satu lulusan terbaik teknik perminyakan, penyuka fotografi (apalagi foto-foto cewek ya Sak? Hahahaha!) dan sempat bekerja di perusahaan yang menawarkan gaji di atas rata-rata, namun demi mengejar cita-citanya untuk berkelana mengelilingi dunia, he let off all those things.





Sabtu malam kemarin, di tengah kesibukannya belajar (lu lagi belajar nggak sih Sak, waktu kita ngobrol???) dan kesibukan saya bersihin kulkas (dibaca: isinya kulkas), kami bersua sapa lewat sistem teknologi obrolan kekinian.

Teteh Viera yang Oks banget (V): "Sektoooooooooot, apa kabar????"
Sakti si Mandraguna (S) : "Sangat BAIKKKKKKK!"
V: "Hehehehe. Okay, so why you choose Norway?"
S: "Karena gue dapet beasiswanya di Norway. Kalau gue dapet beasiswanya di London, udah pasti gue ke LONDON, hehehehe!"





V: "Udah berapa lama gitu lu tinggal di Norway?"
S: "2,5 bulan."
V: "Sekarang tinggal di mana?"
S: "Stavanger, Norway. Oil city of NORGE!"





V: "Waow! Kalau misalnya gue sebutin kata 'Norway', 3 hal yang pertama kali mampir di pikiran lu tuh apa?"
S: "Beautiful landscape, EXPENSIVE, dan CLEAN….Eh, tunggu, tunggu…..Gue mau ganti 'clean'-nya sama COLD! Lebih pas 'cold' kayanya, soalnya kalau 'clean' udah termasuk point nomor satu."








V: "Kenapa gitu?"
S: "Kalau summer suhunya paling cuma 17-25 derajat celcius, waktu gue dateng kemaren aja suhunya 17-19 derajat celcius."
V: "Gilaaa! Segitu tuh summer ya?"
S: "Iya. Katanya mungkin lu cuma akan dapet tiga hari dalam setahun dengan suhu yang bisa mencapai 30 derajat. Tapi, cuma tiga hari aja!"





V: "DAMN! It's must be so cold there!!! Then, the second one, expensive? Bukannya satu KR (walaupun Norwegia termasuk negara yang menggunakan visa schegen, namun ketakutan pemerintahannya terhadap belum stabilnya inflasi yang terjadi di negara-negara Eropa, mereka masih menolak menggunakan euro sebagai mata uang resminya, red) itu sama kaya seribu lima ratus rupiah doang ya?"
S: "Sebagai info nih, gue males banget potong rambut di sini! Paling murah potong rambut 250 KR (375ribu rupiah, red)! Sebenernya, bisa-bisa aja sih, tapi nggak relaaaaaaaaaaaaaaaaaaa! Bahkan kalau potong rambut buat cewek bisa 600 KR, lu kali aja sama 1500 rupiah!"





V: "Gusti Nu Agung! Potong rambut macem apa sampai 900ribu perak??? Tapi, emang sih kalau potong rambut cewek agak lebih ribet sedikit, cuma ya nggak sampe 900ribu juga! Itu potong rambut plus-plus kali ya?"
S: "Plus didempul. Plus dipijat. Bisa pijat biasa, bisa pijat plus-plus, hahahaha!"
V: "Kayanya 'plus-plus'-nya itu yang bikin sampe 900rebu?!?!"
S: "Yo-i. Potong rambutnya sih cuma 10ribu, tapi 'plus-plus'-nya 890ribu! Di Indonesia aja, gue biasanya potong rambut cuma 6000 atau malah….Gratisssssss! Sama temen!"





V: "Hahahahahahaha! Punya pengalaman tergokil selama tinggal di Norway sampai detik ini?"
S: "Hiking ke dua tempat terkenal di Norway pas lagi puasa dan hujan-hujan-an. Padahal, sebelumnya di Indonesia tuh gue nggak pernah hiking, dalam keadaan dingin dan puasa pula."








V: "Woooohoooo!"
S: "Gue hiking, mendaki 6 km up dan 6 km down. Tanjakan curam, maksimal 80 derajat. Pas sampe atas, dalam keadaan dingin dan lapar, gue ambil foto sambil buka baju! Gue butuh 2,5 jam untuk 6 km up dan 2 jam untuk 6 km down!"














V: "It was awesome! Terus, sejauh ini lu udah dapetin apa aja dari Norway?"
S: "Temen hiking dari Norway, Russia, Aussie, Singapore, Indonesia, Serbia, Italy. Temen belajar juga, dari Nigeria, Bangladesh, Pakistan, Kazakhstan, Colombia, Timor Leste. Waaaah, pokoknya banyak banget….."





V: "Kind of international friendship ya?"
S: "Iya. Kalau dari sisi jasmani, gue jadi sering jalan kaki kemana-mana. Minimal kalau gue lagi ke luar itu 2 km per day, dari rumah ke tempat nunggu bis bisa 0.5 km. Jadi kalau diitung bolak-balik bisa 1 km. Terus, di kampus sendiri bisa jalan lebih dari 1 km!"





V: "Nggak kebayang betis lu segede apa sekarang. By the way, selama di Norway pernah ke mana aja?"
S: "Kjerag sama Preikestolen. Setiap ke tempat-tempat di Norway selalu hiking sih…..Di Norway kan nature-nya terkenal, jadi normally kalau lu jalan harus mendaki gitu."











V: "Di antara semua tempat yang pernah lu kunjungi di Norway, yang paling mengena di hati tuh yang mana?"
S: "Gullingen."













V: "Why?"
S: "Indah! Tiga hari! Sembilan orang, satu indonesian (Sakti si Pengelana, red) plus delapan norwegian. Hujan, dingin, angin kenceng, kedinginan, sakit punggung, cerah, tapi nikmaaaaaaaaaaatttttttttt!"























V: "However, do you miss Indonesia?"
S: "Setelah gue terkagum-kagum sama keindahan Norge, gue sadar, sebenernya Indonesia juga indah. Cuma, karena gue aja belom explore. Salah satu target gue adalah, gue mau kelilingin Indonesia juga! Pengen ambil foto-foto bagus terus masukin ke dalam folder 'Indonesia', di mana di dalam folder tersebut ada kumpulan foto-foto mantap di Indonesia. Sekalian promosi Indonesia ke rekan-rekan facebook gue yang ada di seluruh dunia!"










V: "Mulia banget…..Dari segala hal yang ada, apa yang paling lu kangenin dari Indonesia?"
S: "Kecantikan cewek-cewek Indonesia."
V: "Bukannya cewek-cewek Scandinavian countries tuh cantik-cantik bukan?"
S: "Biasa aja. Cuma putih doang."





V: "Mayat juga putih ya Sak, hahahahahaha!"
S: "Cewek sini tuh putihnya jelek, nggak kaya putih Asia, MULUSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS!!! Kalau anak kuliahnya sih biasa aja…..Tapi, anak SMA-nya baru cantik!"





V: "Hahahahaha! Ada rencana balik ke Indo dalam waktu dekat ini?"
S: "Ada. Akhir tahun, tapi itu juga belum pasti."
V: "Apakah setelah itu lu akan balik lagi ke Norway?"
S: "Ya iyalaaah. Gue di sini minimal 2 tahun, sampai 2012 August, untuk S2."




V: "Emangnya lu pengen stay dalam waktu yang lebih lama lagi?"
S: "Rencananya sih iya."





V: "Lu punya kota-kota yang lu jadikan prioritas untuk didatangi ketika lu keluar dari Norway?"
S: "Every city in the world!"




V: "Kalau misalnya gue kasih persyaratan cuma lima biji gimana?"
S: "Nggak ah Pe, dua biji aja Pe? Biasanya kan biji ada dua? Hahahahaha!"




V: "Iyuuuuh~ Joke orang dewasa! Hahahahaha!"
S: "Lima ya? Ngggg….Okay. Satu, LA. Dua, London. Tiga, New York. Empat, Tokyo. Lima, Dubai."





V: "LA? Los Angeles?"
S: "Iya. Nggak tau nih, dunia gue sering diisi sama yang berhubungan denga LA or states-nya, yaitu California. Misalnya, waktu gue kerja, ada Chevron di Californoa. Terus, nonton Prison Break akhir-akhirnya di California. Terus gue pernah kepikiran kayanya keren kalau gue masuk STANFORD, which is di California. Gue suka klub basket, LA Lakers. Terus, ada lagu California Girls."




V: "California Gurls-nya Kate Perry?"
S: "Sebenernya gue suka lagu apa aja, asal enak didenger…Dan terutama yang bangkitin semangat! Gue suka Owl City yang fireflies, gue suka nada dan iramanya! Biasanya, gue tuh tau lagunya, tapi nggak tau judulnya. Tapi menurut gue, California Girls itu bangkitin semangat banget, apalagi beat-nya! Gue juga suka dengerin lagu-lagu dugem yang baisa gue dapet dari Radio1 bbc.co.uk! House music!"





V: "Weeew, gue nobatkan lu menjadi AGN, Anak G4vL Norway! Hahahaha! Eh, kalau misalnya ada yang mau ke Norway, ada tips dan saran, kaya 'do & don't'-nya, dari lu?"
S: "Apa yaaaa???? Ngggg, Norway is free country! Jadi nggak usah pusing-pusing, hajar aja!"





V: "Kayanya Norway keren banget nih! I must visit you then! Lu punya rencana setaun ke depan?"
S: "Satu tahun?"





V: "Yup, setaun ke depan?"
S: "Kalau dua tahun ke depan boleh?"





V: "Oooh okay…."
S: "Masuk ke semua ibu kota negara-negara di Eropa! Semua! Tak terkecuali! Itu dalam dua tahun ke depan ya, soalnya kalau dalam setahun ke depan, agak susah untuk diwijudkan."





V: "Aaaaaaah, same with me! Semoga kita bisa bertemu di salah satu ibu kota di Eropa ya! It's always nice to have a chat with a guy who has a big passion, just like you! Sektoooooot, beliin Pea tiket ke Norway buat liburan summer taun depan doooong! Hehehehe!"

So, dari temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) ada yang mau nemenin Sakti si Mandraguna ke LA? Los Angeles ya, bukan Lenteng Agung!

Hmmm, setelah ngobrol bareng Sakti si Mandraguna ini saya tersadar, bahwa….(kalau boleh ngikutin iklan snack kenamaan itu mah) "life is never flat!" Keluar dari comfort zone! Nobody said it was easy, but they had whispered that it was worthy. So, pack your undone things, then go out! Scream! Dance! Travel! Hike! Then you'll realize that you're just a great person in a crowded thoughts. Tadi, entah untuk keberapa kalinya saya curhat tentang masa-masa berumuram durjana yang sedang saya hadapi kepada si Papap, then he said, "enjoy your pain, unless you don't, just buy a pack of counterpain….." Siaaaaaap Pap!





Sumber foto

8 komentar:

  1. senior awa itu lho...
    sapa yg nanya juga, hahahaha...

    BalasHapus
  2. Hahahahaha! Oooh yaaa???? wah blog gue kaya acara temu kasih gitu ya??? dimana bisa mempersatukan senior dan junior yg sudah berpisah lama...

    BalasHapus
  3. Mandraguna itu nama yg sebenarnya apa jadi2an karangan elu doank pe? eh itu ada putu doski lagi handstand, ajarin donk ahuhuhuhuheee

    BalasHapus
  4. Nah karena itu dia Jeung Wintjeuh, karena dia bisa handstand, makanya dia itu sakti mandraguna bangeeet! Lu kagak tau mandraguna??? Waduh, tampaknya kemampuan lu berbahasa indonesia sudah tergerus rayuan kekayaan pria Oman, hahahahahaha!

    BalasHapus
  5. doh..(mantan) cakru-cakru...kalian sungguhlah sangat membuat gw iri berat (tapi bukan iri tanda tak mampu ya :p)
    mudah2an bisa segera ikutan lompat ke daratan sono. segera... err... setelah lulus yang disini maksudnya :p

    eniwei cerita2 lo di blog ini sukses menghibur gw Pe :D

    - widy -

    BalasHapus
  6. BUWIIIIIIID~ Sumpaaaaaah terharuuuuuuuuuu~ Tulisan Pea dibaca Buwiiiiid :(( Kita bisa ada di sini juga karena ajaran Buwid kok, ayoooo Buwiiiiid come here, ke sini, insyaAllah, kalau ada rezekinya pasti Pea traktir….*Ngomongnya kaya baru nikah sama anak mafia gini :))

    BalasHapus
  7. hello theree... salam kenal...

    nyasar kesini waktu cari info untuk hiking di Norwegia. Rencananya Juni ini aku kesana :)

    BalasHapus
  8. Hai-hai, salam kenal juga :) Wah kalau ketemu sama Sakti, titip salam ya….

    BalasHapus