Jumat, 21 Januari 2011

Jurus Ngobrol Membelah Cakrawala di dalam kelas

Sebagai mantan murid SMA dan mahasiswa yang lebih demen ngemil kuaci sambil ngolong baca komik detektif Conan keluaran terbaru daripada merhatiin ajaran guru atawa dosen, saya bisa ngertiin perasaan temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) yang suka sekali merasa mati gaya di dalam kelas. Iyuuuuuuh, 'mati gaya' itu maksudnya bukan pas guru atawa dosen mulai ngajar, kalian tiba-tiba kena serangan jantung, terus mati sambil bedakan yak!

Banyak cara untuk mengusir rasa ingin 'mati sambil bedakan' itu. Salah satunya adalah, ngobrol di dalam kelas! Tak dapat dipungkiri lagi, manusia adalah mahluk sosial, mereka demen bergaul, kapanpun, di manapun, dengan siapapun. Soooo, di bawah ini saya bakal bagi-bagi tips en trik gimana caranya ngobrol di dalam kelas dengan baik dan benar.






What's to prepare?
1. Simple. Bahan yang kamu butuhin itu buku cetak atau foto kopian dari mata ajaran yang bersangkutan dan tentu saja yang nggak boleh ketinggalan adalah, kemampuan ngeles tingkat dewi Kwan Im.

2. Teman sungguhan. Jangan teman imajinasi apalagi temennya si guru atau dosen.


Where and when?
Tempatnya jelas, kalian musti ada di kelas, lengkap dengan guru atau dosen di dalemnya. Pilih bangku di barisan agak depan tapi jauh dengan jarak dari si pengajar.

Mata ajaran yang sulit untuk menerapkan tips ini adalah pelajaran IPA-IPA-an, namun bukan berarti menutup kemungkinan. Keep the spirit guys!


How?
Gampang banget, kamu cuma perlu ngobrol sama temen kamu seperti biasa. Tapi, bisik-bisik, jangan terlalu kenceng, apalagi pake megaphone. Wajah kamu rileks aja, sesekali pasang tampang serius dan sok mikir. Pastikan kamu melakukannya dengan profesional.

Dan yang jelas, kamu kudu sok-sok-an nunjuk bahan mata ajaran kamu, seolah kamu sedang membahas materi tersebut. Buatlah adegan itu senyata mungkin, kombinasikan dengan wajah sesekali serius kamu tadi. Atau sambil sesekali mencorat coret sesuatu di catatan atau kertas kamu. Kemudian kembali tunjuk-tunjuk tulisan-tulisan yang ada di bahan materi, seolah-olah kamu sedang membahasnya.

Jika dosen atau guru menegur kamu. Keluarkanlah jurus ngeles membelah cakrawala. Setelah itu berhentilah sebentar. Gunakan waktu ini untuk memikirkan alasan berikutnya sebelum memulai sesi ngobrol yang baru lagi. Semua step ini bisa diulangi sampe nggak ada habisnya. Keren sekali bukan?


Will be failed, if:
1. Kelas kamu sepi. Bahkan cuma ada kamu dan temen ngobrol kamu. Kalau kaya gini, meningan ajak sekalian guru atau dosennya ngobrol sekalian.

2. Alih-alih pendengaran temen kamu agak kurang, kamu malah berinisiatif untuk menggunakan megaphone. (Please guys! Megaphone is a big NO-NO in this tips en trik!)

3. Ketika guru atau dosen menghampiri kamu;
Kamu malah membawa bahan Organ Reproduksi Wanita, padahal kelas sedang membahas Organ Utama Organisasi Internasional.

4. Jurus ngeles kamu masih setingkat jurus 18 tapak penakluk naga alias masih cetek.

5. Akting kamu se-level dengan akting aktris shitnetron dubbing laga indosiar.


Selamat mencoba!

Semua tips dan trik ini sudah diuji di kelas oleh yang bersangkutan.

2 komentar:

  1. ahahhahahah kocak abis XD

    BalasHapus
  2. Jeung Wintjeeeeeh…..postingan ini adalah hasil dari akibat dari kegalauan berkepanjangan….

    BalasHapus