Senin, 21 Februari 2011

Pajak film huliwut

Walaupun saya lagi tinggal di Italia, saya nggak pernah mau ketinggalan berita tentang Indonesia, mulai dari perkembangan kasus Gayus sampe episode terbaru dari shit-netron Putri Yang Tertukar, selalu saya amati.

Sampai di suatu siang hari di bulan Februari, ketika matahari tepat berada di atas kepala, tapi suhu udara masih berkisar antara 3-6 derajat celcius, saya mendapatkan message dari Madame Futrih 'Atut 'Atit 'Ati dan Miss Kapkeks, yang sekiranya mengabarkan bahwa, saat ini para pecinta pelem Indonesia udah kagak bisa nongton pelem-pelem Huliwut di bioskop-bioskop kesayangan Anda, yang dikarenakan tarif pajak yang dikenakan terlalu tinggi.

Wooooot! Maksudnya apaan tuh??? Pajak dinaekin, tapi korupsi di dinas pajak kagak selese juga sampe sekarang! Cih!” Itulah opini pertama yang keluar dari mulut saya.

Tapi, saya baru ingat, bukan kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) namanya kalau tidak bisa memiliki sebuah pemikiran kreatif (syukur-syukur bisa direalisasikan) dari keluhan-keluhan yang ada.

Pernah kepikiran nggak, kalau dengan berhentinya supply pelem-pelem Huliwut, secara nggak langsung kita jadi ‘terpaksa’ menonton pelem produksi negara laen yang nggak kalah serunya, dan tentu saja, film produksi sineas bangsa sendiri?

Sebuah keterpaksaan itu emang nggak baik, tapi tak dapat dipungkiri lagi kalau banyak karya keren yang muncul karena adanya keterpaksaan. Hmmm, yang lagi saya inget sekarang sih, kisahnya J.K Rowling, si penulis Harry Potter yang terpaksa nulis Harry Potter karena dia kudu punya duit buat biaya makannya sehari-sehari.

Udah bisa saya bayangin nih, karena ‘keterpaksaan menonton pelem keluaran selain Huliwut’, maka akan muncul banyak sutradara, produser, aktor, sampai pengamat film-film Indonesia yang oke banget!

Tapiiiii Pe, lu tau kagak pelem Indonesia itu sekarang isinya pelem jurig pake bikini melulu???

Lah, emang pelem horror Huliwut kagak kaya gitu? Yang bikin beda cuma latarnya aja, yang satu di California, yang satu lagi di Cali…..Ciliwung.

Tapi, bagi para penggemar film horror berkualitas dewa, janganlah kalian bersedih hati. Dari beberapa film horror yang saya tonton, nggak ada yang pernah bisa ngalahin horrornya film ‘Bayi Ajaib’! Sebuah film karya orang Indonesia sendiri do awal tahun 1990-an. Kalian boleh cari sampe Romania, kagak ada tuh yang namanya pocong, tuyul, kuntilanak. Semua hantu itu temen kita juga, maksud saya, asli Indonesia.

Dengan adanya ‘keterpaksaan’ ini, industri perfilman lokal lebih dapat bergerak leluasa. Setidaknya, saya nggak usah nunggu 12 tahun lamanya buat nunggu film era ‘Adi bing Slamet’ ke jamannya ‘Sherina’. Itu terlalu lama buat saya! Keburu sayanya demen nongton film bertema remaja dengan kisah cinta-cinta-an antara senior dan junior yang dihalangi oleh kekejaman seorang guru fisika.

Saya yakin, ‘Joko Anwar muda’ bakal lebih cepat ditemukan dalam kondisi seperti ini. Lagian nih ye, kan kalau mau nongton pelem Huliwut mah gampang, bisa streaming online sampe beli dvd bajakan, hehehe.






Oh iya, kan sekarang lagi nge-trend pelem tiga dimensi begitu ya? Ini mah saran aja, mungkin dengan diberlakukannya pajak tinggi bagi film impor ini, somehow kita bisa nonton Pocong Ngesot in 3D, Kuntilanak bukan perawan in 3D, atau Cinta Pertama Genderuwo in 3D???

4 komentar:

  1. bukan film holiwut aja fe, boliwut juga. alias, semua pelm asing. yuk mareee... siapa yg mau ikut gw nonton Arwah Goyang Jupe-Depe???

    BalasHapus
  2. oooh klo pelem buliwut mah, tinggal lu tunggu aja barang 2 bulan setelah pelluncuran, tuh stasiun telepisi ikan terbang bakal nayangin kok, di dubbing lagi..aheeey, kapan lagi kita bisa liat sarukh khan ngomong bahasa indonesia kalau bukan di tipi kesayangan kita semua itu Fut???

    BalasHapus
  3. cih! tak sudi sayah nongton di tipi! aku ingin bioskop! bioskop! bioskop! *pundung ala anak pembantu

    BalasHapus
  4. somboooooong! Gue aja yg punya bioskop di rumah, nggak pernah sombong tuh, cih!

    BalasHapus