Rabu, 13 April 2011

[6] Vakansi-Assisi: Gift-Away from Ratu Pedit (padahal irit)

Hohoho, kurang afdol rasanya, jalan-jalan tapi nggak beli oleh-oleh.

Well, buat saya sih meningan dibilang 'nggak afdol' daripada kudu ngeluarin duit! Kakakakakakakaka, panggil aku yang mulia Teteh Piera si Ratu Pedit-padahal irit!







Ngggg, bentar-bentar sebelum dimulai lagi ceritanya, mari kita cocokan antara mata dan telinga, ketika saya keliling kota Assisi sambil ber-window shopping.







Gini ya guys, kan modal saya ber-galau traveling téh ya jago-jagonya saya me-memeditkan diri, kekekeke. Ya, sambil nunggu sponsor, kali-kali nanti mah setiap saya mau bergalau traveling atau piknik patah hati, duitnya bukan dari kocek sendiri lagi. Aduuuuuh, kapan ya Bapak Bondan 'Maknyus' itu pensiun? 'Perut anak rantau' ini udah siap nih buat jadi presenter wisata kuliner.

Selama keliling Assisi selama sehari penuh, saya cuma makan coklat seharga 0.45 euro di supermarket dan botol aqua kosong yang bisa saya isi ulang dari water-tap gratisan yang ada di Assisi.







Kalau mau pipis, tahaaaaaan. Turun-naik tanjakan setan itu ada gunanya juga sob! Jadi, air yang harusnya jadi pipis saya itu keluar jadi keringet, kekekeke.

Kepanasan? Tinggal masuk gereja atau chapel terdekat yang adem-adem banget.

Kikikikiki…Nggg, jadi curiga juga, saya baru sadar nih pas nge-aplot foto yang mau saya masukin ke blog itu kan banyak yang angle-nya miring, tadinya saya sempet ngira; ooooh, emang jalan-jalan di Assisi itu curam nian, maklum, namanya juga kota di atas pegunungan.







Tapi, pas nulis postingan yang satu ini, saya jadi mikir, mungkin foto-foto miring itu karena tangan saya udah lemes membabi buta kali ya? Secara, 10 jam keliling Assisi makannya cuma sebungkus coklat doang. Hmmmm, alhamdulillah biar pedit tapi saya nggak pernah sakit, yaaaa paling banter…..Kacapirit.

Ah, tapi biarkanlah postingan ini menjadi konsumsi temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) yang tajir-tajir aja kali ya??? Yang demen beliin oleh-oleh buat handai taulan di tanah air tercinta.

Assisi itu kesohor sama sekolah-kepasturannya dan barang-barang hasil rajutan tangan.






Makanya kita bisa liat banyak banget calon pastur muda berkeliaran dengan jubah berwarna coklat dan kalung salib yang menempel di dada dan toko-toko knitting.







Saya nemu banyak banget hasil rajutan yang unyuuuuuuuuu….







Ngegemesiiiin!







Pengen dipeyuuuuk-peyuuuuuk, diyemes-yemes, dicuuuuun…..Cup!






Saya sempet mampir ke salah satu toko knitting, di mana kita bisa mesen nama kita di setiap produk knitting yang mereka jual.







Ada topi chef, celemek, baju, kaos kaki, lap tangan, jaket, dan sebagainya. Sayangnya mereka pasang bandrol yang bisa bikin saya eek sambil tengkurep. Gini ye, palingan nih celemek harganya bangsa 40-45rebu plus rajutannya jadi 50rebu atawa 3-5euro aja dah! Tapiiii, di sini harga kaos kaki bayi aja bisa sampe 25 euro! Najoooong tralalaaaaaaa, kaos kaki macam apa yang harganya sampe 300rebu kaya begonoh???? Mau tuh kaos kaki harganya 1 milyar juga, dipakenya teteup aja di kaki, ketutupan sepatu! Cuh! Dasar orang Yurop!







Dengan bermodal muka turis murid SD yang lagi nyasar, saya dapet rajutan gratis dari mbak-mbak yang jaga toko kala itu. Cihuuuuy!








Tapi, saya selalu inget, harga sebuah souvenir itu hampir sama kaya tiket kereta ke Firenze. Cih! Meningan saya foto-in satu-satu nih rajutan, terus saya kirim ke temen-temen saya yang alumnus jurusan kriya tekstil buat bantuin mereproduksi ulang. Kakakakaka! Kere-aktif ama pedit itu emang beda-beda tipis!

Sama seperti di seluruh tempat di penjuru dunia, yang namanya souvenir, pasti aja ada tuh kaos bertuliskan nama kota yang bersangkutan.







Tapi, saya dibuat sedikit tersenyum ketika datang ke sebuah toko oleh-oleh kaos yang menjual kaos-kaos yang saya pikir, bakal langsung dibakar sama FPI.







Saya juga nemu beberapa karya berupa hasil gambar para seniman jalanan tentang suasana kota Assisi. Hmmmm, buat saya yang lulusan fakultas seni rupa dan desain sih, yang kaya gini tuh biasa aja, tapiiiii, emang beda kali ya aura sebuah gambar yang dibuat sama mahasiswa jurusan seni lukis ber-ipk 4.00 dan gambar seorang seniman jalanan Italia?







Dan, tentu saja, toko barang antik itu selalu bikin otak saya menggelitik. Aaaaah, aroma pasar buku loak sama toko antik itu ngalahin parfume dolce and gabana déh! Tapi ya gitu déh, yang mulia Teteh Piera itu nggak suka ngeluarin duit, kecuali buat makan sama buat bayar masuk WC umum di Stasiun Roma Termini.







Eh, BTW, saya sempet beli kartu pos unyu nih, maklum dari semua oleh-oleh yang saya lihat, kayanya cuma harga kartu pos aja yang sesuai sama keadaan dompet seorang perantau galau dan demen meracau ini. Temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) ada yang mau?

2 komentar: