Kamis, 28 Juli 2011

Taman horror

Kalau dipikir-pikir, selama tinggal di Italia saya punya jam favorite, yaitu jam 4 sampe 5 sore.






Entah kenapa, tanpa alasan yang pasti, di dalam satu jam tersebut, saya selalu punya banyak hal yang saya gemari yang bisa dilakukan. Entah ngobrol sore sama temen-temen atau nge-teh ala urang-urang Inggris (aaaaargh, one of my dreams nih, pengen bawa sejumput rumput fly emirates stadium-nya Arsenal, terus tanem di depan rumah Cibinong T.T).






Sambil ditemani lagu kesukaan saya sepanjang masa,







Beberapa saat yang lalu, tepat di pukul empat sore saya sempat jalan-jalan ke sebuah taman di Gubbio, yang menjadi tempat favorite saya mengkhayalkan konsep foto pre wed bareng Morgan SM*SH, kyaaaaaaa~ Kyaaaaa~ (Beginilah nasip seorang wanita labil, yang baru aja dikasih 'good luck' sama ayang Morgan, kikikiki)






Ah tapi sudahlah apa mau dikata, setelah menjelajahi dunia underground para SM*SHblast, saya menemukan sebuah fenomena yang bisa menghancurkan mimpi saya seketika. Konon katanya, Morgan itu penggemar berat Sandra Dewi! Woooooooooooot! Sandra Dewi vs yang mulia Teteh Piera??? Ini sih namanya 'yuk-dadah-babai-moment'!






Dan emang kalau harapan menjalin kasih lagi hancur kaya gini tuh paling enak pergi ke taman. Boooo, seumur-umur saya pergi ke taman di Bogor itu ke taman kanak-kanak.






Yak, pokoknya masa kecil saya itu sungguh nggak ada yang bisa dipamerin déh. Maklum kedua orang tua kerja banting tulang buat bayaran SPP sekolah, kekekeke, jadi nggak ada tuh judulnya jalan-jalan menghabiskan waktu luang bersama kedua orang tua ke taman.






Emang sih di Bogor ada yang namanya Kebun Raya Bogor, tapi kita kudu bayar buat masuk ke sana. Terakhir ke sana, kita kudu bayar 10rebu buat tiket! Ooooooouch, 10rebu buat liatin pu'un??? Meningan juga dipake buat beli siomay Cikini ama segelas es teh manis. Tapi emang sih saya akui, butuh biaya mantainance yang cukup tinggi lah ya buat ngurusin pu'un-pu'un tua peninggalan para kumpeni itu. Aaaaargh, maafkan hamba wahai tim pengurus Kebun Raya Bogor T.T






Next project ah, pas balik ke Indonesia nanti, saya mau ngubek-ngubek Kebun Raya Bogor. Banyak banget lho cerita mistis di sana yang pernah saya dengar. Paling sering sih, adalah sebuah mitos yang menyatakan kalau ada yang pacaran ke Kebun Raya Bogor, bakal putus gitu. Lah gimana nggak putus, lah si cowoknya pada kesambet sama roh Nona Belanda yang banyak berkeliaran di sono! Hiiiiiiiiiiiiiy……






Satu hal yang saya amati dari perkembangan dunia wisata di Indonesia. Kayanya makin terkenal suatu objek wisata, makin kenceng tuh cerita horornya. Kayanya keren juga kalau saya nyebar cerita hantu di sekitar Coliseumdi Roma. Nggggg, tapi hantu dari Italia mah kayanya ganteng-ganteng ya, klimis-klimis gitu. Itu tolong mentri Perdagangan, selain ekspor kopi luwak, bisa juga kirimin pocong, tuyul, dan sebangsanya ke Italia. Lumayanlah, bisa diikutkan dalam program cultural exchange.






Bai de wei, ini mah saya mau share ide sama temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) aja…..Sebagai anggota kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) udah nggak jaman lah ya dikit-dikit nyalahin pemerintah atawa produser yang kayanya gampang banget buat ngeluarin duit demi seorang Dewi Perssik yang menyamar jadi kuntilanak.






Nah di tengah maraknya film hantu buatan lokal dan hujatan para pembeli setia DVD bajakan di kawasan Glodok, saya jadi pengen ngadain ghost stories-cultural exchange! Yup, cerita hantu di Indonesia itu bener-bener punya daya jual budaya tersendiri lho.






Coba nih ya, gimana cara ngusir drakula si hantu dari Romania? Tinggal lempar bawang putih doang! Woooooot, nih hantu mau nakut-nakutin atau mau ikutan acara Maaster Chef sih??? Bandingin ama kuntilanak, demit, sampe peocong. Oooowh yeaaaah, kapan lagi coba bisa liat hantu yang di-packaging sedemikian rupa bagai permen cupacup bisa nakutin berjuta-juta umat manusia??? Semua itu cuma bisa terjadi di Indoensia.






Saya mah yakin da, selain lewat musik tradisional yang luar biasa kece-nya itu, cerita hantu Indonesia nggak kalah kece-nya untuk diekspor! Semoga suatu saat nanti, saya bisa liat ada poster 'horror-Indonesian-movie-week' di bioskop-bioskop sekitar daerah Milan atau 'Indonesian-Horror-Folklore-week' di Bologna! Uuuuuuuuuh, unyuuuu banget nggak sih ngebayangin bulu kuduk Kang Filippo Inzaghi berdiri minta dipeluk, gara-gara abis nonton film Pocong Goyang Pinggul!





Ngggg, bai de wei, nih postingan tuh sebenernya mau ngebahas cerita saya jalan-jalan sore ke taman di Gubbio tapi kenapa jadi nyambung ke niat hati ingin mengekspor permen cupacup yang biasa loncat-loncat di kuburan gini ya?






Well, intinya taman di Gubbio itu…..Indah. Udah sih gitu aja. Kekekeke.

2 komentar:

  1. dasar pea...bukannya nulis laporan pandangan mata malah ngomongin pocong...
    suka deh ma poto2 lu, pake di'edit ga sih?

    BalasHapus
  2. ini mah indah bukan holol *ada saliawan di ujung lidah*

    BalasHapus