Minggu, 21 Agustus 2011

Fried Rice with Pea

"Tiriiiiing-tiriiiing!"

Hai, hai, hai! Chef Farah Sekali, yang punya dendam kesumat sama Chef Farah Queen, iiiiiz beeeeek! Menu buka puasa kali ini adalah…..

Hmmmmmm, kalau lagi kangen Indonesia kaya gini, keinginan masak nasi saya suka kumat. So, today, we'll have nasi with……Hmmmmm, let me open the fridge first.

Wohoooo, saya nemu kacang polong! As we know, kacang polong itu bahasa inggrisnya kan Pea dan nama panggilan saya juga Pea, kekekeke. Waaaah emang berjodoh nih kayanya.

Yuk mari ah, kita buat hubungan nasi sama kacang polong agar tampak lebih harmonis lagi.






Okeh, buat chef tersohor dunia, salt and pepe always become their treasures. Namun, buat Chef Farah Sekali mah, yang namanya bawang putih ama bawang merah, bukan hanya cocok jadi judul sinetron aja, tapi cocok juga jadi bumbu dasar dalam setiap masakan yang saya buat.

So, di awal, mari kita masukin bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis-tipis. Setipis hatiku yang ditinggal Morgan SM*SH #eaaa.

Terus ya, sehubungan makanan wajib orang Italia mah kalau nggak pasta, ya roti, jadi jangan harap bisa nemu mejik jer (merk kesohor buat masak nasi yang satu itu lhoo!) dengan mudah. Kita kudu ke toko Cina dulu, baru bisa nemu. Dikarenakan hal tersebut, maka cara memasak nasi selama saya tinggal di Italia pun jadi agak berbeda.

Ambil penggorengan gede, terus masukin bawang merah ama bawang putih yang udah diiris tadi. Ambil dado (semacam penyedap rasa, red), ambil beras secukupnya, kasih air, kasih garem dikit aja, aduk-aduk semuanya. Tinggalin sampe tuh beras jadi nasi. Biasanya sih kalau pake kompor dengan api yang disetting cukup besar, saya cuma kudu nunggu 10 menit-an aja.

Nah, pas nasi udah jadi, maka nasi yang kalian dapet itu yummy banget! Jadi, nanti nasinya itu agak renyah, gurih, dan bermartabat lah. Eh, tapi jangan kasih tau siapa-siapa ya, ini mah resep heuseus temuan yang mulia Teteh Piera buat temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) aja.

Sehubungan dengan harga daging yang bisa bikin dompet saya menangis gogoakan seketika. Maka, nasi yang udah siap makan ini, biasanya saya tambahin sayur-sayuran yang ada. Untuk kali ini saya nambahin kacang polong.







Ada dua cara masak nasi dengan kacang polong ini.

Buat temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) yang pengen kacang polongnya masih seger pas dimakan, kacang polongnya bisa dimasukin setelah beras jadi nasi, lalu diaduk, sebagaimana Morgan SM*SH mengaduk perasaan yang mulia Teteh Piera sampe nggak karuan gini #eaaa #lagi.

Cara kedua adalah, temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) bisa masukin nih kacang polong, sebelum beras jadi nasi, sekitar 5 menit sesudah beras tersebut dimasukin ke dalam penggorengan. Enaknya, pas nasi itu jadi, bakal jadi nasi dengan kaya rasa. Kurang kecenya, kacang polongnya bakal jadi agak lembek.

Pas nasi dan kacang polongnya udah siap disantap, sebelum disajikan di piring favorite temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!), kita bisa nambahin mentega di atasnya, terus aduk sampe rata, serata hatiku yang dicampakan Morgan SM*SH #eaaa #LAGI.

Yup, sekian dan terimakasih dulu ah, saya mau ma-em dulu ya Mas bro-Mba sist…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar