Jumat, 02 September 2011

(I wasn't) Born To Cook

Well, mungkin temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) ada yang mengira kalau saya lagi terkena demam berlimpahnya acara lomba masak-memasak, dikarenakan beberapa postingan terakhir saya, selalu menampilkan potret makanan yang saya makan.

Ada yang suka nongton Master Chef? Ramsay's hell kitchen? Atau bejibun reality show lainnya. Tapi, sorry la yau, yang mulia Teteh Piera mah kagak demen ama yang begituan, saya mah lebih suka nongton SM*SH ngabuburit aja, ngeliat Morgan SM*SH milih-milih baju di factory outlet di kawasan Bandung dan sekitarnya.

Sebenernya Saya ini orangnya rajin banget (termasuk rajin ngapalin lirik lagu terbarunya SM*SH ya), tapi ada dua hal yang bener-bener bikin saya dapat julukan si jago malas. Apakah gerangan?

Yang pertama, saya males mandi. Kan lagi ada kampanye save the water, bukan? Nah, saya ini termasuk tim hore dari kampanye tersebut. Konon katanya, di tahun 2050, air bersih bakal jadi barang langka. Jadi, dari sekarang kita kudu ngehemat air, salah satu caranya ya jarang mandi.

Yang kedua, saya itu males masak. Ibarat dikate, saya mah mau menyukseskan perkembangan para pengusaha makanan. Dari warteg pinggir jalan sampe restoran cepat saji santapan para orang kantoran. Kasian kan, tukang masak di sana, udah mah capek-capek masak, tapi nggak ada yang beli. Jadi, meningan saya beli aja makanan-makanan yang udah mereka buat.

Yak, yang mulia Teteh Piera sedang mengeluarkan jurus ngeles menapaki bulan! Kekekeke.

Yah, pokoknya begitulah. Sampe-sampe si Mamam pernah komentar, "nanti kalau kamu nikah, suami kamu mau dikasih makan apa?"

Sambil ngunyah tepung terigu berbentuk bola yang dikasih sambel kacang dan keju bubuk, saya pun menjawab, "cimol, Mam….."

Mari kita angkat kedua tangan di udara dan panjatkan doa dengan khidmat, "ya Tuhan, semoga Morgan SM*SH suka makan cimol, amin."

Dan seperti biasa ya, Tuhan mah selalu ngasih saya cobaan dengan cara terkece yang Dia punya. Jebret! Sekarang saya tinggal di negri orang, sendiri pula. Ketika saya lebih sering ngerasain makan hati daripada makan spaghetti T.T

Waktu saya masih ngekos di Bandung mah, 5000 perak juga udah bisa dapet nasi goreng plus jus mangga. Nah di sini? 1 euro (sekitar 12500 perak) cuma bisa dapet sebungkus permen cupacup. Masak sendiri pun jadi satu-satunya jalan keluar yang saya punya.

Kereaktif pun teteup menjadi rumus utama. Nggak jarang, kalau belum gajian, saya belum bisa belanja bulanan. Saya nggak punya minyak goreng, di kulkas cuma ada terong, akhirnya menu makan siang saya cuma terong kukus.

Kekekeke, tapi tenaaaang sodara-sodari, jangan iba gitu dulu ah…..Tuhan mah Maha Adil, saya punya temen orang Italia yang jadi koki restoran dan dia suka bawa makanan-makanan restoran yang muahal pisan itu buat saya, kikikiki.

Beberapa saat yang lalu, dia bawain saya escargot! AJIIIIIP! Escargot sodara-sodari! ESCARGOT! Lidah yang mulia Teteh PIera yang biasa makan ES-DOGER ini, bisa nyicipin ES-CARGOT! Biar depannya sama-sama 'ES', tapi dua makanan ini keliatan banget ya beda kastanya.

Okeh, balik lagi ke hobby-terpaksa masak-memasak yang lumayan sering saya tekuni akhir-akhir ini. Kalau misalnya ditanya siapa sih inspirasi yang mulia Teteh Piera?

Hmmmm….Chef Farah Queen? Sori, dia mah saingan saya. Saingan dalam memperbanyak pahala selama hidup di dunia, kakakaka! Atulah, nggak mungkin saya bisa nyaingin kemampuan masak beliau. Ngggg, bisa deng kalau kemampuan masak mah, selama di asah. Yang nggak mungkin itu, kayanya nyaingin….Ngggg, body-nya yang yahud punya! Apalah daya, kayanya tinggi badan saya mentok di angka 155 cm. Yuk-dadah-babai-Jeung-Kate-Moss-Moment.

Kalau boleh ditilik lebih jauh lagi, sebenernya hobby-terpaksa saya yang satu ini agak terpengaruh sama….Yoichi, si anak cita rasa!







Hayooooo, temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) ada yang inget sama serial kartun buatan Jepang yang punya judul 'Born to cook' ini nggak? Dulu tuh sering diputer di Indosiar dan saya nggak pernah kelewat satu episode pun.

Saya masih inget lho sama lagu opening-nya, "impian, cita-cita, semangat, dan ambisi! Tanganku selalu mencari sesuatu….." Ngggg, liriknya agak ambigu ya, antara tukang masak ama copet itu bedanya terlihat tipis sekali ya….

Sampe detik ini, saya masih inget sama para dewan juri perlombaan masak yang diceritain di situ. Itu ya, kalau misalnya baru selesai makan masakan yang enak punya, tiba-tiba bekgron tuh dewan juri jadi bunga-bunga mawar atau si dewan juri tiba-tiba terbang ke langit, saking enaknya masakan yang ia cobain.

Salah satu episode yang saya inget adalah, ketika si Yoichi kudu masak mie. Walaupun mie yang dia buat itu endang bambang gulindang, tapi ada salah satu dewan juri yang bilang kalau mie yang dia buat itu nempel satu sama lainnya, jadi aja si Yoichi téh galau.

Tapi, Yoichi ini kereaktif. Dia ngeliat kipas angin yang biasa dia pakai buat ngadem selama musim panas. Akhirnya sesudah dia motong-motong adonan terigu buat mie yang akan dia masak, dia nganginin potongan adonan terigu itu pake kipas angin tersebut.

Dan seperti yang sudah bisa ditebak, pas si dewan juri nyobain mie ini, langsung déh bekgronnya berubah jadi bunga-bunga-an gitu.

Kalau inget-inget kartun Jepang yang satu ini, somehow saya jadi bercita-cita, kapan ya bisa nyuapin cimol yang bisa bikin hati Morgan SM*SH berbunga-bunga??? Kyaaaa~ Kyaaaa~

1 komentar:

  1. Anonim7.9.11

    iya pgn banget nyari kartun ini ...
    Born the cook ...
    selain ini adalagi ga kartun yg lomba masak2 ....

    BalasHapus