Rabu, 22 Agustus 2012

[16] Balada ngekos: Hidup anak kosan!

Mudiiiiik!

Buat anak kosan kaya saya, mudik itu bener-bener ajang perbaikan gizi. Gimana nggak coba??? Biasanya pulang dari kantor, saya udah disapa sama cucian, jemuran yang kudu disetrika, lantai balkon yang minta dipel, kaca yang pengen dilap, piring bekas sarapan  yang harus dicuci, dan berbagai hal berbau ibu rumah tangga lainnya.

Selesai mengerjakan hal itu semua, boro-boro inget makan, inget kecengan aja udah syukur alhamdulillah.

Suara sms dari kecengan yang ngajak ngobrol pun udah nggak terdengar berganti dengan suara ngorok, pertanda pulasnya tidur saya.


Sebut saja Afgan (bukan nama sebenarnya, red): "Malem beib, lagi apa?" Jam 7 malem.
Sebut saja Nikita Willy (nama samaran yang mulia Teteh Piera, red): Lagi kerja.
Nikita Willy: "Malem juga beib, udah tidur ya?" 5 jam kemudian, jam 12 malem. Baru selesai nyuci daleman.
Afgan: "Pagi beib, maaf tadi ketiduran, sekarang kamu lagi apa?" Jam 6 pagi.
Nikita Willy: "Sorry beib, tadi masih tidur, kamu lagi apa?" Jam 10 pagi.
Afgan: Lagi kerja.


Dan perputaran sirkulasi pengiriman short message service seperti ini pun terus berlanjut, sampai akhirnya saat itu pun datang.


Afgan: "Maaf beib, kayanya kita nggak cocok, soalnya kamu lahirnya Selasa Pahing, sedangkan aku Kamis Wage. Burung Irian, burung cendrawasih, cukup sekian dan terimakasih…."
Nikita Willy: Kemudian nyuci daleman tetangga kosan.


Dari ilustrasi di atas, boro-boro mikirin hari ini mau makan apa, kayanya mikirin masa depan aja udah rumit, padahal masa depan nggak pernah mikirin saya T.T

Tapi, makan itu kebutuhan primer kali yang mulia Teteh Piera???

Yak, yang berpendapat seperti paragraf di atas, belum pernah ngerasain gimana kelabakan keabisan daleman gara-gara males nyuci.

Gimana bisa punya tenaga buat nyuci kalau makannya kurang???

Yang komentar kaya paragraf di atas, belum pernah ngerasain di sms kecengan 10 baris dan langsung punya tenaga tambahan kaya baru minum kratingdaeng 13 botol!

Namun, semua itu berubah setelah  negara api datang menyerang waktu mudik pertanda liburan panjang datang. Dari pagi sampai pagi, saya makaaaaaaan teruuuuuus, persiapan buat menjadi anak kosan beberapa bulan ke depan pun sudah saya persiapkan.

Entah sudah berapa toples kuweh nastar keju saya habiskan. Persediaan daleman pun selalu aman terkendali dikarenakan tersedianya mesin cuci, tinggal pencet tombol, dan sleeeeeeeer……30 menit kemudian, tinggal gantung di jemuran, terus panggil bibi buat bantuin setrikain.






Ada yang bilang, jadi anak kosan itu tempat kita melatih kemandirian, buat saya, jadi anak kosan adalah ajang mencuci setumpuk daleman dalam kesunyian. Hidup anak kosan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar