Kamis, 18 Mei 2017

5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Ngesti

Ngesti?

Kalau kamu warga asli Kota Hujan, sudahlah pasti mengenal sebuah swalayan yang konon sudah berdiri lebih dari seperempat abad ini. Sebelum ada Indomaret, Alfamart, SB Mart, Ceriamart, atau Sevel muncul, nama Ngesti sudah jadi konotasi tersendiri terhadap kata minimarket di benak orang Bogor.

Toko Ngesti yang pertama terletak di daerah Jalan Surya Kencana, sebuah tempat pecinan yang sempat hipster pada masanya. Segala jenis toko kebutuhan sehari-hari ada di sepanjang jalan ini, bahkan legenda Soto Kuning Pak Yusuf pun membuka lapak dagangannya di kawasan 'Surken', panggilan tersohor dari Surya Kencana.






Setau saya, toko Ngesti ini tidak pernah buka cabang selain di kota Bogor. Adapun toko keduanya terletak di area ruko di sebelah Terminal Baranang Siang, tempat yang sangat strategis, apalagi buat saya yang suka jalan-jalan di salah satu mall kebanggaan kaum urban Bogor, Botani Square, tapi cuma punya duit pas-pasan. Nongkrongnya boleh di Boqer (Botani Square), tapi belanjanya tetep di Ngesti!

Sebagai warga Bogor yang budiman, saya mau ngasih alasan nih ke temen-temen kelompok PENCAVIER (PENgamat CeritA-cerita VIERa!) kenapa kalian harus belanja di Ngesti.



1. Murah

Mau Giant, Carrefour, Hypermart, atawa Lottemart lagi promo gede-gede-an, saya bisa bilang 80% produk yang sama, pasti harganya lebih murah di Ngesti, padahal mereka lagi nggak lagi mengadakan acara diskon. Salah satu perkiraan saya adalah dikarenakan biaya maintenance gedungnya tidaklah semahal supermarket yang saya sebutkan tadi.

Mereka masih menggunakan bangunan lama, kadang terlihat beberapa bintik coklat akibat rembesan air di temboknya. Sekiranya, jumlah lampu yang digunakan pun tidak sebanyak di supermarket besar, makanya ketika saya masuk ke dalam Ngesti yang letaknya di tengah kota, kadang suasananya suka jauh lebih temaram daripada Indomaret yang ada di pinggiran kabuapten. Tapi, hal ini tidak mengurangi rasa nyaman ketika saya sedang berbelanja. Who cares about the lighting, when you can buy something's cheaper :)



2. Lokasi

Saya pernah baca sebuah wawancara lama dari Donald Trump (jauuuuuuh sebelum dia jadi preseiden USA sekarang), ketika ditanya tentang keberhasilan beliau menjalani bisnis property-nya, dan dia menjawab, "i have three answers for that question. There are; Location, location, and location."

Yup, lokasi Ngesti di pusat kota Bogor, terlepas dari keberadaannya di area macet, harus saya akui kalau toko Ngesti ini terletak di daerah yang mudah dijangkau oleh warga Bogor kebanyakan.



3. Ketersediaan produk luar negri dengan harga dalam negri

Jadi, sudah beberapa bulan terakhir ini saya lagi ngidam thai tea sachet-an dan susu milo sachet yang dijual untuk pasar Malaysia (nggak tau kenapa ya, rasa susu Milo di Indonesia itu nggak se-yummy susu Milo di Malaysia), dan susah sekali menemukannya di daerah Bogor.

Saya udah ubek-ubek Ekalokasari Plaza, Botani Square, sampai Cibinong City Mall, eh taunya nemunya di Ngesti Baranang Siang dengan harga yang hampir sama kalau saya beli di Thailand atau Malaysia lagi!



4. Tempat makanan enak yang ada di kanan dan kiri

Di mana ada Ngesti, di situ ada tempat kuliner khas Bogor yang wajib dicoba. Misalnya di gang sebelah Ngesti Surken, saya punya langganan tukang es doger dan martabak keju dari semenjak saya SD. Sedangkan toko Ngesti Baranang Siang dikelilingin oleh toko oleh-oleh khas Bogor, dari Bolu Talas sampai kue klappertaart yang suka dijual eceran oleh bapak-bapak di depan pintu masuk Ngesti.



5. Tukang jual DVD kualitas HD dan suara dolby surround

Kualitas DVD yang dijual di pelataran toko Ngesti ini nggak kalah sama drama seri yang ada di Netflix.

Bahkan, untuk pecinta drama Korea, tukang DVD di depan Ngesti ini udah kaya dewa, eh kenapa? Soalnya, drama Korea nya baru selesai tayang hari Selasa di Negri Gingseng sono, hari Kamis-nya, DVDnya udah dijual di sini, kualitasnya udah 1080 p, full episodes dilengkapi English subtitle, bahkan nggak jarang udah ada terjemahan Bahasa Indonesia-nya juga.

Soooo, tunggu apa lagi??? Ke Ngesti aja yuk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar