Senin, 19 Juni 2017

5 Alasan Saya Nggak Ikut Bukber (di kawasan Jabodetabek)

Sudah beberapa hari terakhir ini saya ketinggalan banyak ajakan bukber alias buka bersama di kawasan Ibu Kota. Salah satu alasannya adalah gegera macet, niatnya pengen bukber eh malah jadi sahur on the road, karena mobilnya nggak bergerak sama sekali di sepanjang jalan Mampang.

Dan pada akhirnya saya memutuskan untuk menolak secara baik-baik beberapa ajakan bukber terutama yang berlokasi di Jakarta, karena pas saya sampe tempat bukber-nya, eh temen-temen yang ngajak bukber udah pada pulang, makanannya udah abis, nggak dapet shalat maghrib, taraweh apalagi….T^T

Di bawah ini saya mau ngasih beberapa alasan kenapa saya sampe nggak bisa ikutan acara bukber yang diadakan di kawasan Jabodetabek:



1. Macet (17.00 -17.30)
Buat kebanyakan orang yang kerja di Jakarta, rata-rata jam pulang kantor mereka adalah pukul 5 sore. Mungkin di instansi pemerintah, mereka bisa lebih cepat, tergantung boss-nya juga sih.

Walaupun jam 5 sore itu, jam selesai pulang kerja, pada kenyataannya saya baru benar-benar bisa keluar kantor itu di atas jam 5, karena kadang suka diajak diskusi dulu sama atasan atau ngegossip dulu sama teman.

Sampai pintu keluar kantor, untuk warga Jabodetabek yang tidak memiliki kendaraan pribadi, kebanyakan akan memilih kendaraan ojek online untuk sampai ke tempat yang dituju. Nah, ini untung-untung-an, saya sering banget dapet driver yang kebetulan baru aja nganterin orang di tempat saya menunggu, tapi tak jarang juga saya dapet driver yang kalau diliat dari peta sih, posisi dia deket ya, tapi ternyata dia ada di sebrang jalan. Well, yang namanya di Jakarta, nyari u-turn itu jauhnya amit-amit.

Seringnya nih, saya baru dapet driver jam sekitar jam 17.30-an dan jam segitu tuh jam lagi macet-macet-nya, jam lagi ngeliat lampu merah kaya buah ceri, ngeliat kurma berasa karma. Sampai tempat bukber yang jaraknya cuma 1 km, bisa menempuh waktu lebih dari 20 menit.


2. Tempat makan pada penuh (17.30 -17.50)
Anggaplah kita sampai ke tempat bukber sekitar jam 17.50, pas banget mau adzan maghrib. Eits, jangan seneng dulu kawan, rintangan kedua datang menghadang.

Ya, namanya juga mayoritas penduduk Jabodetabek ini muslim yang mengharuskan mereka berbuka di waktu yang bersamaan, pas adzan maghrib. Tempat makan pasti pada penuh lah~

Yang membuat kita harus waiting list dulu, kalau tempat makannya lagi nge-hits, nunggunya bisa sampe 30 - 60 menit, nggg, tergantung amal perbuatan kita juga lah ya, mungkin kalau sedekahnya kenceng mah, nunggunya bisa cuma 1 menit kali yah, hehehehehe…

Sambil nunggu waiting list, tentu saja kita bisa mengisinya dengan shalat maghrib di tempat-tempat shalat yang tentu saja nggak kalah penuhnya. Shalat maghrib juga jadi terburu-buru, karena nggak enak sama pengunjung lainnya yang juga lagi antri shalat.


3. Waktu yang terlalu singkat (17.50 - 18.40)
Ok, setelah shalat maghrib dan menunggu sekitar 30 menit, berarti kita baru bisa dapet tempat duduk jam 18.20. Nah, lagi-lagi rintangan berikutnya menunggu. Duh, mau ikutan bukber aja kaya ikutan Benteng Takeshi ya, banyak banget gangguannya.

Walaupun kalian dapet meja, belum tentu bisa langsung dapet makanan yang dipesen. Ya maklum atuh guise, jumlah pelayan yang ada tidaklah sebanding dengan jumlah pengunjung tempat makan yang membludak di kala buka puasa.

Kecuali kalian buka puasanya di restoran cepat saji, terkadang kita harus nunggu sekitar 20-30 menit sampai makanan yang kita mau ready. Berarti kita baru bisa makan sekitar jam 18.40.

Waktu Isha untuk kawasan Jabodetabek kali ini adalah sekitar pukul 19.05-an. Berarti kita cuma punya waktu 15-20 menit untuk menyantap hidangan berbuka. Sebenernya waktu tersebut cukup untuk makan, tapi kan salah satu tujuan bukber teh ingin bersilaturahmi dengan teman-teman lainnya kan ya, makannya 5 menit, ngobrolnya 5 jam, duh astagifrullah ini saya banget T^T


4. Jadi ketinggalan shalat wajib, apalagi sunnah (18.40 - 20.30)
Nah, alhamdulillah nih akhirnya kita kenyang makanan pesenan kita, bercengkarama dengan teman-teman lainnya.

Buat yang single, tuker-tukeran kabar siapa yang udah nikah dan belum. Buat yang udah nikah, nanya siapa yang udah punya anak siapa yang belum. Buat yang udah punya anak, nanya anaknya udah pada bisa jalan, bisa kalistung, bisa ngobrol pake bahasa Russia, dan berbagai macam pamer lainnya. Lah kalau mau pamer mah, bukbernya di JCC aja dah, tempatnya luas, bisa pameran sepuasnya, hihihihihi~

Waktu menunjukan pukul 20.30, gara-gara ngobrolnya saking serunya, nggak jarang shalat Isya dan taraweh yang pas bulan ramadan kan sebaiknya dilakukan secara berjamaah di masjid pun terlewat.


5. Kadang suka kasian sama para waitress yang lagi puasa juga
Kalau ini lebih kepada opini saya pribadi, waktu itu saya lagi ke sebuah resto cepat Jepang yang ada di sebuah mall ibu kota dan salah satu pelayannya menggunakan hijab, yang cuma sempat makan sebungkus permen karena harus melayani bejubelnya pengunjung restoran.

Di lain sisi, keuntungan restoran berbanding lurus dengan jumlah pengunjung, tapi di lain sisi, mereka juga pengen istirahat sejenak untuk berbuka puasa dan melaksanakan shalat maghrib secara khusyu, tanpa memikirkan akan dimarahin manager gara-gara istirahat maghrib-nya kelamaan.

Namanya rezeki sih pasti nggak ke mana ya, kalau emang menu dan ambience yang ditawarkan restonya sudah memikat hati pengunjung sih, nggak usah nunggu pas buka puasa, setelah taraweh juga bisa penuh tuh tempat makan.

Dan itu jadi pilihan saya. Saya lebih suka 'bukber'-nya abis taraweh, waktunya lebih lapang, makannya lebih tenang, ngobrolnya lebih seru, bisa sambil nunggu jadwal kereta agak kosong juga, bisa dapet tempat duduk, bisa tidur di kereta, mungkin kalau temen cowok, bisa langsung lanjut itikaf di masjid, duh gantengnya naik 87,7%.



Sebenernya saya bukan menolak ajakan untuk bersilaturahmi ya teman-teman, malah saya nunggu-nunggu banget bisa ketemuan sama kawan lama. Bisa bernostalgia, ketawa-ketiwi inget cerita jaman dulu, bisa jadi ladang jualan produk saya juga (hehehehe), atau bahkan buat yang lagi nyari jodoh, bisa jadi ketemu di acara tersebut #Amin1000x

Tapi emang terkadang ya waktu di ibu kota itu sungguh menyita sekali. Di waktu bulan puasa, di mana ingin meningkatkan amal ibadah, malah jadi menambah masalah. Mungkin waktu bukber-nya bisa diundur setelah taraweh, atau kalau emang mau silaturahmi mah, nggak usah nunggu bulan puasa, bulan Januari juga bisa, hehehehe~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar