Sabtu, 10 Juni 2017

5 Tetangga Masa Lalu

Hai-hai, buat yang lagi puasa, gimana nih puasanya? Pas postingan ini ditulis, waktu tepat menunjukan pukul 3.30 WIB. Jam-jam krusial buat mikir, kayanya enak nih buka puasa pake bakso beranak ditemenin sama Lee Dong Wook?

Kemudian ngomong ke Lee Dong Wook, "ini anak-anak kita Mas Oppa…." sambil menatap nanar ke kumpulan bakso-bakso krucil ituh T^T

Akhir-akhir ini, saya sering lihat berita di televisi Indonesia, mengenai intolerasi hidup beragama. Terlepas dari itu cuma propoganda beberapa pihak tertentu untuk memanaskan situasi yang sudah panas, literally panas! Katanya udah seminggu terakhir ini, negara-negara ASEAN sedang mengalami suhu terpanas dalam sejarah, konon di Myanmar suhunya bisa mencapai 47-48 derajat celcius!

Saya mau berbagi sedikit cerita tempat saya dibesarkan selama sekitar lima belas tahun pertama kali hidup di dunia ini. Saya sangat bersyukur karena saya dibesarkan di sebuah lingkungan perumahan yang heterogen kala itu. Saya tinggal di sebuah semi-komplek di kawasan Bogor Selatan, bukan sebuah kawasan yang elite, tapi inshAllah yang tinggal di sana hatinya elite-elite semua, hehehehe.

Sebenernya ada banyak orang yang tinggal di sekitar rumah saya, sangat berpengaruh terhadap pola pikir saya sampai saat ini. Tapi, ada lima tetangga yang punya peran penting terhadap beberapa opini saya terhadap situasi yang terjadi saat ini.



1. Pak Dwi
Pertama-tama, let me introduce you to Pak Dwi. Seorang kepala keluarga yang baik dan pendeta kristen yang sangat taat. Tembok rumah kami saling menempel, sering kali tercium bau-bau masakan enak dari rumah Pak Dwi dan rasa penasaran mendorong saya ngintip lewat jendela ruang TV yang juga sekaligus jendela area belakang rumah beliau. Kadang-kadang saya suka terjatuh, gara-gara Mbak Eni, anaknya Pak Dwi suka tiba-tiba ngagetin saya dari arah dapur. Duh, malu banget ketauan T^T

Di setiap hari Minggu atau Sabtu siang, Pak Dwi beserta keluarga sering melakukan doa bersama, yang tentu saja terdengar jelas dari rumah saya. Dulu, saya sampai hapal beberapa doa yang sering mereka nyanyikan lho~

Bu Evie juga sering cerita, kalau saya lagi susah makan, Mamah sama Mba Eni sering janjian buat nakut-nakutin saya biar digigit sama anjing puddle peliharaannya keluarga Pak Dwi. Yang bikin saya takut sama anjing sampai sekarang.

Kalau Mamah sama Papah belum pulang dari kantor, selepas pulang dari sekolah, saya suka main-main dulu di rumah Pak Dwi atau kalau keluarga saya lagi mudik, kunci rumah suka dititipin ke Pak Dwi. Well, kamu nggak akan nitip kunci rumah ke orang yang tidak kamu percaya bukan?

Ada kala keluarga saya mengadakan pengajian di hari jumat malam dan bahkan kami selalu membagi nasi kotak yang sebenarnya disediakan untuk yang ikut pengajian, tapi selalu kami sisihkan untuk keluarga Pak Dwi.



2. Om Par
Kedua, saya mau cerita tentang Om Par. Letak rumahnya ada di sebelah rumah Pak Dwi. Waktu saya umur 5 tahun-an, saya prediksi umur beliau sudah mencapai di atas 70 tahun. Om Par ini generasi Chinese pertama dari keluarganya yang tinggal di Bogor. Pertama kali menjejakan kaki di Indonesia ketika zaman penjajahan Belanda, jadi jangan kaget kalau beliau lancar banget ngomong bahasa Belanda. Kalau nggak salah juga, beliau ini pernah tinggal di Belanda dalam kurun waktu yang cukup lama.

Om Par ini dulunya bekerja sebagai peneliti di bidang flora dan fauna. Kalau main ke rumahnya, saya sering ditunjukan berkotak-kotak besar berisikan koleksi kupu-kupu yang sudah diawetkan. Om Par ini juga punya anjing peliharaan, berbeda dengan keluarga Pak Dwi, yang punya anjing puddle, Om Pariwono, punyanya anjing….Ngggg, saya kurang tau jenisnya, tapi warnanya bulunya hitam pekat, gagah, bentuk kupingnya tajam ke atas, dan terlihat galak. Setiap ada orang yang lewat, pasti di-gonggong-in. Menurut Om Par sih, anjing itu dipeliharanya memang untuk menjaga rumahnya.

Salah satu binatang peliharaan Om Par lainnya, adalah ular. Saya kurang tau jenis ularnya, tapi yang pasti, ularnya yang gede-gede, diameternya mungkin bisa 15-20 cm dan panjangnya sekitar 2-3 meter!

Salah satu cerita yang paling saya ingat dari Om Par adalah…Waktu ularnya kabur dan kalian tau uarnya ditemuin di mana???? Di genteng rumah tetangga yang letaknya di sebrang rumah Om Par! EDUN! Ina mah cuma Allah SWT aja yang tau, kenapa si ular nggak sampe kabur ke rumah saya.

Kalau masalah agama, saya kurang tau pasti, tapi beliau pernah bilang ke saya, kalau beliau percaya akan keberadaan Tuhan, namun tidak percaya agama. Kalau jaman sekarang, mungkin dibilangnya atheis? Agnostik?

Tapi, kami nggak pernah ngomongin agama. Setiap ketemu, pasti Om Par selalu cerita tentang koleksi peliharaannya, dan itu jauh lebih seruuuuu.



3. Si Papih, si Mamih, dan si Acah
Tetangga ke-tiga yang ingin saya ceritakan adalah, si Papih, si Mamih, dan si Acah. Letak rumahnya   di sebrang rumah saya. Mereka ini tinggal bertiga. Papih adalah suami dari si Mamih, sedangkan si Acah adalah salah satu kerabat Papih yang suka bantu membersihkan rumah Papih Iong. Mereka bertiga tinggal bersama.

Papih Iong ini jago banget sama hal perotak-atik-an mobil. Setiap pagi, sebelum saya berangkat sekolah, pasti si Papih udah stand by di kolong mobilnya. Kalau temen-temen dibanguninnya pake waker atau suara ibu yang menggelegar, saya mah dibanguninnya pake suara gas mobil si Papih.

Saya juga sering merangkap menjadi satpam rumah si Papih, maklum karena letak langit-langitnya yang tidak begitu tinggi, banyak banget anak-anak kampung sebelah yang suka naek ke atas genteng si Papih, buat ambil layang-layang yang putus.

Jadi, sambil nemenin si bibi ngangkat jemuran, saya suka mantau keadaan rumah si Papih, abis kasian euy, kalau gentengnya diinjekin sama anak-anak itu, rumah si Papih jadi gampang bocor ceilingnya.

Lain Papih, lain si Mamih dan Acah. Menurut mamah saya, waktu hamil, beliau ini ngalamin morning sickness yang nggak ketulungan. Karena Papah saya harus berangkat kerja di pagi hari, tak jarang mamah suka ikut 'ngungsi' di rumah si Papih. Jadi, kalau ada apa-apa, bisa langsung dibantuin sama si Mamih dan si Acah.



4. Tante Bi
Tetangga berikutnya yang ingin saya perkenalkan adalah….Tante Bi. Suaminya Tante Bi ini anaknya si Papih I. Rumah mereka saling berdekatan. Tante Bi sekeluarga punya usaha bengkel yang cukup sukses. Saya juga sering main bareng kedua anaknya, Endru dan kakaknya Endru.

Kadang kalau saya lagi tantrumnya kumat, si Papah sering bilang, "malu sama si Endru atuh, nangis melulu…." yang berhasil membuat saya diam seketika. Konon katanya sekarang ini si A jadi artis, tapi saya kurang tau sepak terjangnya. Kayanya, jaman sekarang mah lebih seru nonton perang komen di lambe turah yah daripada nonton TV, ahahahaha!

Tante Bi ini, keturunan cina dan penganut agama katolik yang taat. Kayanya beliau sekeluarga nggak pernah absen deh ke gereja setiap hari Minggu.



5. Ibu Mu
The last but not least, adalah ibu Mu, tetangga saya yang letak rumahnya di sebelah Om Par. Ibu Mu adalah orang Ambon yang beragama islam kejawen. Beliau sering melakukan beberapa ritual keagamaan, yang tidak pernah saya sekeluarga lakukan.

Puasa mutih, acara 4 bulan-an, dan berbagai kegiatan lainnya. Sebagai anak kecil sih saya seneng-seneng aja, abis Ibu Mu, sering banget ngadain banyak 'acara perayaan', yang berarti, sebagai salah seorang tetangganya, saya sering banget dapet makanan haratesh, yay!



Yak, sekiranya begitulah sedikit cerita saya mengenai lingkungan tetangga saya waktu masih kecil. Saya lahir dan besar dalam sebuah lingkungan yang sangat beragam dan mau nggak mau, hal ini berpengaruh dengan cara berpikir saya saat ini.

Daripada berpikir, seberapa berbeda orang-orang yang ada di lingkungan saya sekarang, saya lebih berpikir tentang seberapa sering orang-orang ini bakal ngadain acara perayaan, jadi saya bisa dapet banyak nasi kotakan gratis, ahahahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar