Jumat, 16 Juni 2017

#OOTD Commuter Line Jabodetabek (female version)

Siapa yang udah pernah naik commuter line JABODETABEK? Ngacuuung???

Sebagai salah seorang pengguna setia commuter line, saya mau membagi #OOTD yang nyaman ketika bercommuter ala Viera.

Setiap penumpang punya standar kenyamanan yang berbeda sih, tapi bolehlah tips ini dijadikan salah satu bahan rujukan buat temen-temen yang mau naik commuter line JABODETABEK, apalagi di jam-jam sibuk.

Kalaupun pekerjaan teman-teman diharuskan menggunakan seragam khusus apalagi yang berbahan licin, meningan seragamnya ditaro dulu di dalem tas, nanti pas udah sampe kantor baru diganti.

MashAllah temen-temen, kalau kita naik kereta ke Jakarta di jam sibuk mah ya…..Mau baju kita udah disetrika pake rapika segalon juga, nggak ada jaminan dah pas keluar gerbong, baju kita masih wangi and rapi jali. Makanya, meningan pas naik kereta mah, pake baju senyaman mungkin aja.







1. Kaos yang mudah menyerap keringat
Iyah, saya mah suka milih kaos yang bahannya katun gitu. Adem deh kelek~ Jangan lupa juga pake minyak wangi ya guise, atau bajunya dikasih molto. Menyenangkan orang lain itu bisa dapet pahala lho, dan FYI kadang saya suka pengen nuntut orang-orang yang bau badan menggunakan pasal perbuatan tidak menyenangkan T^T

Nah, buat teteh-teteh hijabi dari yang hipster sampai yang syari, kalau boleh ngasih saran nih, pakaian yang menutupi auratnya itu selain bisa menyerap dosa, bisalah menyerap keringat juga.

Buat teteh-teteh yang tidak memakai hijab, janganlah menggunakan pakaian yang terlalu ketat, selain mengundang untuk dicolek om-om girang, (ya mening kalau om-om nya kaya ahjussi di pelem Korea Goblin, lah ini palingan om-om nya yang demen pake batu akik segede telor asin), saya rasa, sebagai pemakainya juga, kita bakal ngerasa kurang nyaman pake baju-baju ketat di area yang mengharuskan untuk berdesak-desakan.

Walaupun kalian punya body seksi ala Kim Kardashian, percayalah ketika naik kereta di jam sibuk, kalian bakal lebih berasa punya body kaya Kim Jong Un…Engap pisan guise!


2. Celana semeliwir
Nggg, saya nggak tau nih kosa kata fashion yang benar terhadap jenis celana ini. Jadi, gunakanlah celana dengan bahan yang nyaman. Walaupun saya memakai rok, kalau lagi naik kereta pasti saya bakal double dengan celana panjang di dalamnya. Saya sih suka bilangnya celana semeliwir, soalnya angin bisa masuk ke dalam celananya juga, jadi bagian dalem kita juga adem-adem gitu deh.

Jadi, kalau turun dari gerbong tuh, saya bisa melangkah dengan pasti ke atas peron. Soalnya nggak jarang nih temen-temen, karena waktu nutup pintu kereta itu nggak terlalu lama, terkadang kita harus jalan cepat atau bahkan sedikit melompat ketika keluar gerbong dan pernah saya pake rok panjang, dan roknya keinjek sama orang yang ada di belakang saya, terus kami berdua jatoh, terus diliatin penumpang segerbong, maluuuu euy T^T

Buat temen-temen yang suka pake rok pendek juga, saya sarankan untuk tetap menggunakan celana panjang ketika di dalam kereta. Biar pergerakannya bebas dan nggak jadi sasaran empuk tatapan mata-mata enit mas-mas yang sekalinya bisa liat paha, cuma paha ayam goreng Sabana aja. Nah, nanti kalau udah sampai tempat tujuan, silahkan pergi ke WC terdekat untuk membuka celana tersebut.


3. Syal
Ini perlu banget. Buat teteh-teteh hijabi, syal ini mungkin bisa diganti dengan kerudung, tapi buat yang non hijabi, syal ini bisa digunakan sebagai pelindung kepala dan leher dari tiupan kipas angin dan AC yang tepat berada di ubun-ubun dan suka menyebabkan masuk angin.

Syal ini juga berfungsi sebagai penghangat tambahan selain baju yang kita kenakan. Apalagi kalau saya lagi pulang pake kereta yang paling malem di mana gerbong keretanya suka kosong yang menjadikan tiupan angin AC nya berasa banget sampe bulu kuduk, kalau nggak inget bukan muhrim, bawaannya pengen meluk mas-mas kondektur, astagfirullah T^T Nggak boleh yah itu….


4. Card holder
Isi card holder ini adalah kartu yang harus di tap ketika kita akan keluar dan masuk ke dalam stasiun. Seriusan ini penting banget. Saya pernah tuh naro kartu di dalem tas, niatnya sih biar nggak ilang ya, eh taunya malah ribet sendiri pas di antrian pintu keluar stasiun, nyari kartu yang ada di dalem tas.

Apalagi diburu-buru sama orang yang antri di belakang kita, suka gitu kan ya guise, kalau lagi panik, niatnya nyari kartu kereta eh yang dikeluarin malah kartu keluarga T^T


5. Sepatu
Iyes sepatu, nggak usah yang bagus tapi harus yang bisa melindungi kaki kita. Nggak jarang, saking penuhnya kereta, kaki kita ikut keinjek sama penumpang lain. Setidaknya kalau pake sepatu mah, sakitnya nggak bakal terlalu berasa ya….Dan kita bisa injek balik orang yang nginjek kita barusan, hahahahahaha, ini juga nggak boleh sih, baru sepatu yang diinjek, bukan harga diri, azeeeeg~


6. Jaket
Kalau buat saya sih perlu, karena setelah turun dari kereta, saya sering menggunakan ojek untuk sampai
tujuan. Kalau helm, si mas-mas drivernya pasti udah nyiapin, tapi kalau jaket mah kayanya nggak ya. Apalagi buat temen-temen yang naik ojeknya jauh banget. Turun di Stasiun Sudirman, tapi kantor di Kelapa Gading, ya wassalam sih itu mah…


7. Tas backpack
Saya kurang merasa nyaman sama tas soren kalau naik kereta, pasti yang pegel tuh cuma bahu sebelah. Kalau pake tas backpack mah, keseimbangan lebih mantap dan tentu saja saya selalu menaruhnya di bagian depan agar lebih terjaga.


8. HP
Aduuuh jaman sekarang mah ya, kita akan lebih bingung ketinggalan HP daripada ketinggalan duit. Apa sih yang nggak bisa didapetin dari HP? Nyari jodoh, tinggal swipe kiri-kanan di tinder. Lagi bosen, tinggal buka akun tahilalats. Pengen makan ciki chuba, tinggal pesen pake gofood. Lagi merasa hampa, tinggal nonton donlotan Running Man, niscaya oppa-oppa itu bisa ngasih kita kebahagiaan sesaat.


9. Buku bacaan
Nah kalau ini optional. Tapi, selain setelah shalat jumat, ketampanan seseorang tuh bertambah 20,76% ketika mereka lagi baca buku, sampe ada lho akun instagram @hotdudesreading yang mengkhususkan diri untuk foto-foto mas-mas tampan ketika lagi baca buku di tempat umum.


10. Masker
Bukan masker bengkoang ya, tapi masker kaya suster-suster di rumah sakit. Sebenernya sih tujuan utamanya itu tentu saja karena alasan kesehatan. Mungkin si pengguna sedang sakit flu, jadi kalau pake masker, bisa menghindari orang-orang sekitar kita dari virus yang lagi hinggap di tubuh kita.

Tapi, pada kenyataannya, alasan saya pake masker itu lebih kepada untuk melindungin hidung dari gangguan bau badan penumpang lain ATAAAAAW….Sebagai alat penutup mulut, ketika saya lagi tidur, yang mulutnya cuka terbuka lebar kali luas kali panjang, uhuhuhuhuhuhu~


11. Earphone
Ini juga nggak kalah penting nih guise. Di Jepang atau Korea, sangatlah salah kalau kita sampai menimbulkan suara berisik yang mengganggu penumpang lain. Ngobrol aja udah bikin gengges banget, apalagi sampe nonton Anandhi di hp tapi di loud speaker, subhanallah guise kalau nggak sabar-sabar banget mah, bawaannya pengen nonton bareng ahahahaha~



Naik commuter line itu adalah sungguh cobaan dunia banget. Nggak jarang kita bisa liat sifat asli seseorang dari keluhan dia ketika naik kereta yang lagi penuh-penuhnya.

Kalau nggak salah, sekarang lagi ada curhatan online yang lagi viral tuh, tentang seseorang yang menganggap kalau ibu hamil tidak pantas mendapatkan kursi prioritas.

Tenang teman-teman, mungkin kita sama ibu hamil itu bayarnya sama, tapi inshAllah dah, Tuhan ngasih 'bayaran' lebih buat orang-orang yang ikhlas mah ya, hehehehe.

Saya pernah tuh, pura-pura hamil, biar dapet duduk di kursi prioritas, eh taunya pas turun dari kereta, kaki malah kejeblos dan pas pulang saya emang harus duduk di kursi prioritas beneran, gara-gara mata kakinya bengkak gede banget. Tapi, saya juga pernah ngasih tempat duduk saya ke yang lagi hamil, eh lima menit kemudian, bapak-bapak yang duduk di depan saya ngasih tempat duduk. Unch-unch banget bapak-bapaknya~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar