Rabu, 14 Juni 2017

#OOTD Taraweh

Wah, ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir…Buat temen-temen yang muslim, gimana nih tarawehnya? Lancar? Atau kaya jalan di depan stasiun Cilebut a.k.a bolong-bolong?

Alhamdulillah nih, saya mah selalu…..Selalu ngeluh kalau bacaan imamnya panjang-panjang, astagfirullah, tak boleh begitu ya, harusnya semakin panjang surat yang dibaca imam, inshAllah semakin panjang juga waktu kita berdekatan dengan Illahi, azeeeeg~

Ayoooo, jangan gebetan aja yang dideketin, Yang Menciptakan gebetannya juga boleh lho dideketin, heheheh~

Di postingan kali ini saya mau share OOTD seorang Viera ketika sedang taraweh. Yups, jangan salah, penampilan ketika kita sedang taraweh pun harus diperhatikan, jangan sampe salah kostum yang malah menyebabkan taraweh kita yang 11 atau 23 rakaat itu terasa kurang nyaman.






1. Mukena
Namanya juga mau beribadah, ya sebaiknya kita menutup aurat secara baik, dan mukena adalah salah satu common things that Indonesian people like to wear.

Nggg, by the way, kayanya orang Indonesia dan negara tetangga sekitar aja ya yang shalat pakai mukena? Soalnya waktu saya shalat di masjid Roma, sebelah saya wanita berasal dari Mesir yang ketika shalat dia hanya menggunakan apa yang menempel di tubuh mereka, hijab, atasan gombrong dan celana jeans plus kaos kaki. Ada juga nenek tua asal Bangladesh yang ketika shalat, beliau hanya menggunakan kain sari, dan bahkan ada makmum asal Nigeria yang shalat pake sendal di atas sajadah yang dia pakai.

Satu hal yang masih saya inget sih, dengan perbedaan opini tentang jenis penutup aurat yang dipakai, kami nggak punya waktu buat ngeributin jenis penutup aurat yang kami pakai itu termasuk syari atau nggak, karena kami beribadah buat mendekatkan diri dengan Tuhan ya, bukan buat menjadikan diri seperti Tuhan ;) Widiiih paragraf terkahir ini sike juga euy~


2. Kaos 
Nah kalau ini lebih kepada apa yang saya pakai di dalam mukena. Kebetulan kondisi di masjid tempat saya taraweh itu agak panas ya, kipas anginnya suka mati T^T Jadi, saya selalu memilih menggunakan kaos berbahan katun yang bisa menyerap keringat.

Jangan sampai taraweh kita, keganggu sama aktivitas menyeka butiran keringat di pipi, garuk-garuk punggung, nyubit-nyubit kelek, dan hal-hal lainnya yang biasa kita lakukan ketika sedang merasa gatal.

So, Do Yang Mulia Teteh Piera like to nyubit-nyubit kelek kalau lagi gatel??? Yes, I do.


3. Celana panjang
Kenapa celana panjang? Kalau pake celana pendek, takutnya disangka mau nongkrong di pelataran Alfamart sama dedek-dedek emesh yang suka ngaku anggota-gengster-cabang-Cibinong-tapi-masih-suka-nangis-kalau-dimarahin-emaknya-gara-gara-lupa-beli-garem.

Saya juga sering naik motor kalau ke masjid tempat taraweh, jadi celana panjang ini juga selain berfungsi menutup aurat juga menahan betis saya terkena semilir angin sepoi-sepoi di kawasan Cibinong.


4. Tas gratisan dari acara seminar pernah diikutin
Tas tote-bag dengan sablonan logo seadanya ini, tentu saja penting dibawa, sebagai wadah piranti bawaan kita. Mulai dari mukena, dompet, sampai hape.

Tas ini juga berguna untuk menandakan batas area shalat saya. Jadi, kalau saya nggak dapet shaf paling depan, saya selalu naro tas ini tepat di depan kepala saya ketika sedang sujud. Selain, agar tetap terlihat, juga biar kalau orang-orang yang di depan saya lebih dahulu menyelesaikan shalatnya, mereka bisa melewati area di depan saya.

Soalnya ya guise, saya teh pernah punya pengalaman agak-agak gimana gitu….Saya pernah tertahan cukup lama untuk bisa masuk sebuah musholla di dalam mall untuk melakukan shalat ashar, karena ada seseorang yang shalat tepat di area pintu masuk musholla yang memang cuma satu itu saja, karena dia tidak menaruh pembatas area shalat di depan area sujudnya. Kan nggak boleh ya, kita ngelewatin di depan orang yang lagi shalat? Terkecuali, ada suatu pembatas di area sujudnya. Padahal waktu itu sudah mepet mau maghrib. Tapi, emang salah saya juga sih, shalat asharnya diakhir-kan, bukannya di awal, huhuhuhuhu T^T

Semenjak itu, biar orang-orang tidak mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, saya selalu menaruh sesuatu, yang seringnya adalah tas yang sedang saya bawa,  di depan area sujud saya. Jadi, orang yang lagi buru-buru bisa dengan bebas lewat di depan area shalat saya.


5. Sendal jepit
Swallow never dies! Nggak usahlah pake sendal yang bagus-bagus banget ke masjid mah, da dipakenya juga di kaki. Lumayan nih bisa ngurangin hasrat para pencuri sendal, juga sebagus apapun sendal yang saya pake, pasti diinjek juga.

Tapi, kalau bisa mah sendal jepitnya dikasih tanda ya, soalnya saya pernah ketuker sendalnya pas pulang taraweh, gara-gara ada sendal yang persis dengan sendal yang saya pake. Tapi, anehnya, pas keesokan harinya saya mau shalat taraweh, sendal saya balik lagi lho~


6. HP
Bukan buat update status udah taraweh 23 rakaat….Iya 23 rakaat, 2 rakaat di awal dan 3 rakaat witir di akhir, huft….

(Cukup Enes aja yang bisa Riya, iya Riya Enes…Yang ngerti sama joke ini, fix, kalian harusnya sekarang udah baca majalah Ummi, bukan blog ini T^T)

Keberadaan hp ini lebih diperuntukan sebagai alat komunikasi dengan orang-orang yang lagi urgent akan keberadaan kita.


7. Al quran
Bolehlah siangnya baca manga scan Detective Conan, tapi jangan lupa malamnya baca kitab suci. Terserah lah program yang diikutinya mau yang mana, ada ODOL a.k.a One Day One Lembar ; ada ODOJ atau One Day One Juz ; atau ODOS as One Day One Surah.


8. Duit
Yups, selain buat beli bakso yang suka mangkal di sebelah masjid, atulah ya guys, kan setelah shalat 11 rakaat teh, energi saya suka kaya bak mandi alias dikuras, hehehehe.

Tapi duit ini juga bisa digunakan untuk bersedekah. Konon katanya kalau kita sedekah di bulan Ramadan, dibalasnya suka berkali-kali lipat lho!

Nggak usah saya tulis ya, gimana cara Tuhan ngebalas apa yang kita kasih ke Dia, kayanya udah banyak buku-buku di luaran sana yang membuktikan keajaiban bersedekah. Tapi percaya deh, selain traveling, bersedekah is the only thing you can spend money on that, will make you richer :)



Sooo, gimana taraweh temen-temen semua? Udah nemu marbot masjid yang bisa digebet dunia akherat belom nih???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar