Kamis, 11 Januari 2018

Me, my dad, my mom & her stroke: God punished Pharaoh by giving him dunya and He rewarded Prophet Ayyub with calamity

Ada satu quote dari Shaykh Azhar Nasser yang saya pengen share di sini;

"Never equate your situation with your spiritual status. God punished Pharaoh by giving him dunya and He rewarded Prophet Ayyub with calamity. 

If the dunya had value, God would have given the treasures of this world to His Prophets."

Kira-kira artinya gini…..

Jangan pernah menyamakan situasi yang terjadi pada kamu saat ini dengan kadar keimananmu. Tuhan menghukum Firaun dengan cara memberinya (kenikmatan) dunia dan Dia menghadiahi Nabi Ayyub A.S dengan bala bencana.

Jika (nikmat) dunia sangatlah berarti, sudah barang tentu Tuhan akan memberikan seluruh isi (harta) dunia kepada para Nabi-Nya.

JENG-JENG! Keren banget yah???

Iiiih, saya téh sampai merinding pas baca quote ini. Tak terasa pipi saya basah….Soalnya saya baca quote setelah cuci muka, ahahahaha~

Jadi, kita tau kan kalau Firaun itu adalah orang terkuat di dunia, tapi karena sombong luar biasa, akhirnya dia dihukum oleh Tuhan. Sedangkan Nabi Ayyub, setelah 11 anaknya meninggal, seluruh hartanya terbakar, ditambah menderita penyakit kulit sampai ditinggal istrinya, tapi dari situ beliau belajar bersabar.

Awalnya, saya selalu berdoa agar Mamah segera disembuhkan dan kembali seperti sedia kala. Tak lupa ketika mengantar tamu yang menjenguk Mamah sampai ke pintu ruang rawat inap, selalu terbersit sebuah kalimat, "doain Mamah biar sembuh ya Tante, Om, Uwa, Teteh, Aa…."

Tapi, setelah membaca quotenya Bapak Azhar Nasser, saya pun berpikir. Mungkin nggak sih, kalau penyakit stroke yang diderita si Mamah sekarang itu merupakan salah satu reward dari Tuhan?

Mungkin waktu Mamah se-bugar Vicky Burki kemarin, ada banyak hal kurang baik yang Mamah lakukan dan Tuhan memberikan penyakit ini sebagai penggugur dosa-dosa yang Mamah pernah lakukan. Alhamdulillah 'diperingati'-nya itu masih di dunia, masih bisa intropeksi, kalau 'dibalas'-nya di akherat? Boro-boro mau intropeksi.

Di beberapa postingan sebelumnya, saya bercerita bahwa semenjak didiagnosa stroke si Mamah sering menangis. Awalnya saya merasa kasihan, helllaw siapa yang nggak sedih melihat ibunya sendiri menangis??? Terus, mening tau ya alasannya kenapa. Misalnya si Mamah nangis gara-gara pengen makan ayam bakar di depan rumah sakit, walaupun sebenernya belum boleh makan selain bubur, tapi ya kita jadi tau, biar mamah nggak nangis lagi, tinggal kita beliin ayam bakar.

Nah, akhir-akhir ini si Mamah sering nangis tanpa sebab. Sampai saya tanya ke Mamah di saat berduaan, apakah ada hal yang Mamah khawatirkan sampai nangis gogoakan begitu? Mungkin kalau ada orang banyak, beliau malu menceritakan alasannya. Tapi, si Mamah tetep bilang, "nggak ada, nggak tau ya, kenapa Mamah jadi sering nangis sendiri begini…"

Nah, saya yang ngerawat si Mamah juga bingung. Di lain sisi, kalau nangisnya nggak dikeluarkan sakit ulu hatinya, tapi kalau setelah nangis, sakit dadanya, karena sesak.

Sampai suatu saat saya teringat kalau duluuuu banget, waktu Mamah masih sehat, beliau pernah bilang alangkah baiknya kalau kita sedang beribadah itu sampai menangis semampunya, tapi nangisnya harus karena Tuhan jangan gara-gara pas lagi shalat inget Lee Dong Wok Oppa yang ditinggalin pacarnya begitu saja di drakor Goblin.

Ya, mungkin ini cara Tuhan supaya si Mamah inget Dia terus. Menangis tanpa sebab. Saya mah yang sehat gini kalau mau shalat sampe nangis téh, kadang-kadang harus dicubit sampai meringis dulu. Lah, si Mamah gampang banget nangisnya, tinggal setelah nangis si Mamah dibimbing untuk berdzikir. Ya, inshAllah, nangisnya karena inget Tuhan.

Semenjak si Mamah sakit juga, saya jadi lebih bersyukur akan hal-hal kecil. Misalnya kalau dulu mah si Mamah teh bisa tiba-tiba hilang, bukan karena si Mamah punya ilmu kanuragan ya, tapi karena si Mamah suka pepergian begitu saja, kadang belanja ke Thamcit, kadang ke pengajian di Blok M, kadang main ke rumah temennya, dan lain-lain.

Dulu mah asa kesel banget, ini téh si Mamah ujag-ijig wae….Nggg, what is ujag-ijig in bahasa atulah yah??? Hmmm, suka plesiran?

Nah, sekarang mah, bisa melangkah satu langkah dari tempat tidur aja saya sudah bersyukur banget. Bener-bener kebalikan.

Atau mungkin dulu, banyak tingkah laku si Mamah yang tampak sombong di depan banyak orang, sekarang mah aduh, makan sama pipis aja harus pake selang.

Meeen, iblis disuruh turun ke bumi itu bukan karena berbuat zina, minum beralkohol, tapi lebih kepada sifat sombongnya.

Jadi, saya berpikir mungkin penyakit ini merupakan peringatan dari Tuhan, supaya Mamah tidak bersifat sombong.

So, now instead of saying; "doain Mamah biar sembuh ya…" saya lebih suka ngomong, "maafin kalau Mamah pernah sombong ya…" kepada orang-orang yang jenguk si Mamah.

Karena saya yakin banget sih, mau se-ngedrop apapun kondisi si Mamah sekarang, itu pasti kondisi terbaik yang diberikan oleh Tuhan padanya. Mungkin kalau si Mamah dikasih sembuh cepat-cepat, Mamah bakal melakukan hal yang kurang baik. Tapi dengan sakitnya yang sekarang, Tuhan lagi nyuruh Mamah belajar sabar, menghargai proses, karena tanpa satu langkah dari tempat tidur Mamah nggak mungkin bisa pergi ke Tanah Abang buat belanja lagi, hehehehe~




Tidak ada komentar:

Posting Komentar