Rabu, 07 Maret 2018

#coolturead: H - 13

Di tiga belas hari lagi menuju acara #coolturead ini, saya mau share another awful but grateful fact tentang Commuteheart.






Jadi, pada awalnya Commuteheart itu dicetak hanya sebagai e-book saja. Well, di perjanjiannya sih tertulis bisa dicetak dalam bentuk lain, buku cetak salah satunya. Tapiiiiii, saya nggak tau kapan buku cetaknya would be published. Well, banyak yang bilang buku fisik adalah pride seorang penulis.

Menwhile beberapa orang yang sempat saya ceritakan kalau saya dalam proses menulis buku, malah udah punya buku versi fisik duluan. Wah ini tuh ibaratnya, saya punya pacara terus udah cerita ke temen-temen saya kalau pacara saya so sweet banget, temen-temen saya ngira saya bakal nikah sama dia, eh taunya karena pacaran kelamaan, eh saya malah diduluin nikah. Ya, nggak apa-apa sih, tapi….Akhirnya saya tau kenapa bahu Lee Min Ho itu lebar. Why? Karena itu menjadi tempat saya untuk bersandar di kala rasa sedih datang menghadang, ahahahaha!

Instead of thinking it was failure, I felt so grateful that finally I had an ISBN code, hehehe. Saya baru tau walaupun ketika itu CommuteHeart masih dalam bentuk e-book, tapi saya tetap punya nomor ISBN. Pasti temen-temen yang kerja di bidang publisher pada pengen bilang, "ka mana wae atuh Neng???" Hihihihihi.

Jadi, saya tetap grateful, karena nggak semua orang bisa punya nomor ISBN kan, hehehe.

Beberapa selang waktu kemudian, saya dikasih tau kalau buku Commuteheart versi cetak bakal di-realease. Waaaah seneng banget dong, udah kebayang nih kalau buku saya bakal mejeng di toko buku terdekat.

Ternyata oh ternyata buku saya menggunakan sistem PoD, alias Printed on Demand. Jadi, kalian harus pesen dulu ke toko buku online untuk dapat buku tersebut. Waaaah, cita-cita saya ngeliat buku saya dipajang di rak toko buku pun sirna sudah.

Tapi, alasan yang diberikan pun masuk akal. Harga produksi buku cetak kian menaik. I am a newbie dan saya belum punya market yang jelas dari pembaca. Yes, I have a royal blog readers but not all of you will buy my book and it's okay, karena saya pun demikian. Ada beberapa blogger yang saya ikuti tapi saya belum tentu akan membeli produk mereka.

Kalau saya berada di sisi penerbit juga saya bakal mikir beberapa kali ya untuk mencetak buku saya dalam jumlah banyak. Pengen sombong sedikit nih, kalau saya under in the same line of Trinity yang terkenal dengan buku The Naked Traveller series-nya. Ya, kalau dari sisi bisnis sih, penerbit akan memilih untuk meng-invest The Naked Traveller teranyar-nya Trinity ya daripada buku Commutheart.

Bukannya tulisan saya tidak baik (atau emang gitu ya? Ahahaha!), but business is business guys. Ini yang saya pelajari ketika saya belajar mengembangkan cooltura.id. You need three P to run your business. Passion, people, and profit.

Dalam proses penulisan Commuteheart itu, saya baru ada di dalam tahap 'passion'. Yup, I have a passion to write about commuter line, mata saya bakal lebih berbinar-binar kalau saya lagi cerita tentang commuterline daripada hal lain. Nggak semua orang bakal terlihat kegirangan kalau lagi ngomongin ketahan sinyal masuk Stasiun Manggarai selama setengah jam.

Tapi, penerbit pun butuh 'people' atau market. Siapa sih yang bakal beli buku cetak yang ongkos produksinya cukup besar dari penulis baru yang belum keliatan siapa yang bakal beli? Kecuali kamu udah punya nama besar atau branding yang kuat duluan sebelumnya. Misalnya kamu adalah Syahrini, yang sebagai orang awam saja, saya tau nih kalau Syahrini buat buku tentang behind the scene kehidupan glamorous beliau, sudah so pasti bukunya bakal laku. Ya, kalau misalnya dalam sekali proses percetakan itu, kita harus langsung cetak minimal 1000 buku, ya pasti cingcay lah buat sekaliber Syahrini untuk ngejual 1000 buku, either karena orang-orang penasaran sama bukunya atau karena Syahrini sendiri yang langsung ngeborong 1000 bukunya, ahahaha! But hey, at the end of story, angka adalah hal paling gampang untuk menjadi tolak ukur sesuatu hal punya impact atau tidak.

Dan yang terakhir adalah, 'profit'. Kasarnya nih, penerbit juga adalah sebuah perusahaan yang di belakangnya ada banyak orang yang menggantungkan penghasilan dari buku kamu. Ya masa iya kita bayar editor yang udah ngedit tulisan kita pake passion doang, hehehehe.

Dengan tiga alasan tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk membuat acara #coolturead. Sebagai anak lulusan Fakultas Seni Rupa, saya mencoba untuk menempatkan buku Commuteheart sebagai sebuah karya seni yang butuh suatu tempat untuk dipamerkan supaya orang kenal terlebih dahulu dengan karya saya terlebih dahulu.

Kan biasanya gitu kan yah kalau buat perupa-perupa baru, mereka bakan ngadain pameran di acara-acara hipster kekinian untuk memperkenalkan karya mereka. Dari situlah, orang-orang bakal tau kalau ternyata si A adalah pelukis yang punya gaya realis, si B adalah pematung dengan keahlian di bidang mix media antara perunggu dan kain, si C adalah fashion designer dengan ciri khas membuat pakaian yang berbahan baku kain tenun dari Sumbawa, dan seterusnya.

Kalau memang karya mereka sesuai dengan demand pasar, ya mereka bakal diminta untuk membuat karya serupa mereka.

Begitu juga dengan Commuteheart, I create #coolturead as a showcase to introduce it. Kalau memang ternyata setelah acara #coolturead , banyak yang suka dengan Commuteheart, maka ada kemungkinan buku saya bakal dicetak dalam jumlah banyak, hehehe.

So, let's see what happen after 17th of March, kira-kira gimana nih tanggapan orang-orang tentang Commuteheart, will the sale increase? Hehehehehe.

Semoga tulisan ini bisa jadi insight buat teman-teman yang baru mulai menulis ya. Just keep on writing, Dilan itu bukan buku pertama-nya Pidi Baiq. Beliau itu nulis buaaaanyak banget buku, sebelum Dilan series booming. Dan yang namanya hard work dan consistency nggak bakalan bisa bohong!




2 komentar:

  1. Anonim7.3.18

    Its such as you learn my mind! You appear to grasp
    a lot about this, like you wrote the book in it or something.
    I believe that you can do with a few p.c. to force the message
    house a bit, but other than that, this is magnificent blog.
    A fantastic read. I will definitely be back.

    BalasHapus
  2. Anonim8.3.18

    Hello my friend! I want to say that this post is awesome, nice written and include almost all significant infos.
    I'd like to look extra posts like this .

    BalasHapus