Senin, 26 Juli 2010

Bu Guru Reinih

Saya ini tipikal orang yang kurang percaya akan berkenalan lewat internet, apalagi yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan 'kopdar' alias kopi darat. Dunia maya is dunia maya, dunia nyata is dunia nyata. Seseorang yang terlihat baik di dunia maya belum tentu di dunia nyatanya dia berlaku sama ataupun kebalikannya. Namun, silaturahmi si always be silaturahmi, dengan niat seperti ini, saya memberanikan diri bertemu dengan Bu Guru Reinih, bukan Reini Djankaru, presenter acara jalan-jalan tersebut, tetapi Reini Yuniarti.

Pertama kali kita berkenalan lewat komunitas KRL-Jabodetabek yang saya ikuti. Dari sekian ribu bapak-bapak dan ibu-ibu, kita merasa senasib, karena umur kita nggak jauh berbeda. "Niatnya pengen nambah kecengan, tapi lho kok disuguhinya wajah om-om beranak tiga???" Keluhan pertama yang saya ucapkan kepada saudari Bu Guru Reinih dan dengan cepat ia menganggukan kepalanya. Oooouh yeaaaaah rock on beibeh! Walaupun berjilbab, tapi otak kami ternyata tidak jauh berbeda! Kalau jomblo itu pilihan, sedangkan ngeceng itu kewajiban! Karena bagi saya, ngeceng itu salah satu bentuk mensyukuri mahluk ciptaan Tuhan, aheeeeey Teteh Viera jago banget ngelesnya, kekekekekeke.

Kerennya lagi, pertemanan yang berawal dari dunia maya itu pun masih terjaga sampai sekarang. Ketika saya pusing mencari judul thesis, Bu Guru Reinih ikutan pusing juga nyari artikel buat skripsinya yang tak kunjung usai. Terakhir chat sih, Bu Guru Reinih bilang kalau dia lagi terkena syndrome malasius sekalius, tetapi 10 menit kemudian mengaku, bahwa akhir-akhir ini dia memendam perasaan kepada seorang lelaki yang tak kunjung menyadari keberadaannya, sehingga menganggu konsentrasinya dalam mengerjakan skripsi. Oooooouh Bu Guru Reinih, yang namanya jodoh mah nggak ke mana-mana, tapi ke body wanita cantik nan aduhai, hehehehe.





Cukup sudah kegiatan kami bersungut-sungut memikirkan permasalahan akademik dan hati itu. Sampailah dia bercerita tentang Kuliah Praktek-nya (KP) di sekolah swasta nan yahuuuuut. Oh iya, saya lupa ngasih tau kalau Bu Guru Reinih ini sedang menempuh kuliah di salah satu universitas yang berorientasi khusus ke dalam ilmu pendidikan di kawasan Jakarta. Sama seperti Ontjom si Tukang Iri Hatiyang memiliki hobby ngomongin kenyataan pahit bahwa murid-murid yang ia ajar itu terlihat jauh lebih perlente dari dirinya, Bu Guru Reinih juga nggak kalah heboh cerita tentang betapa gemarnya para murid di sekolah swasta tersebut berjalan-jalan ke…..Orchard Road di Singapur!

"Bayangin Pe, ngeliat harga tiket KRL AC-Ekonomi Bekasi-Jakarta Kota yang 4000 perak aja gue masih suka ngeluh, apalagi kalau gue ngelait harga tiket ke Singapur!"
(Keluhan pertama dari Bu Guru Reinih)

"Masa ya Pe, ada murid gue yang kagak pernah ngerasain naik angkot!"
(Keluhan ke dua dari Bu Guru Reinih)

"Di liburan semester kemaren, hampir seluruh murid gue pergi ke luar negri! Ajak gue nape sekali-kali!"
(Keluhan ke tiga dari Bu Guru Reinih)

Dan keluhan-keluhan berikutnya pun terus berlanjut….

Waaaaaaaoooow! Kagak pernah naik angkot! Pasti murid-muridnya si Reini itu kulitnya halus-mulus kuning langsat, rajin luluran di spa, dan pedikur-menikur di salon ternama. Beda banget sama si Reini, yang punya hobby nyabut bulu ketek di bengkel tambal ban di deket rumahnya! Iiiiiiiih Bu Guru Reinih, kamu malu-malu-in banget sih!

Sebenernya nggak ada yang salah ya dengan gaya hidup seperti ini, kalau emang orang tua mereka mampu dan anak-anaknya emang pada mau, ya kenapa nggak??? Waktu SD juga, saya nggak nolak kalau si Papap nyediain saya supir buat antar bolak-balik ke sekolah pake mercedes benz keluaran terbaru. Cuma yang saya khawatirkan itu adalah, gimana ya pergaulan anak saya nanti? Apakah dia kuat menahan rasa iri terhadap teman-temannya yang demen pamer mainan yang harganya selangit itu? Apakah dia malu ya punya enyak yang demen mengumbar kegiatan buang hajat di tempat-tempat umum?

Oooooh wahai jabang bayiku kelak, doakan agar calon orang tuamu ini bisa kaya hati dan hartanya di dunia dan akherat nanti ya! Amiiiiiin. Jadi kamu bisa ngerasain naik alphard ke sekolah, nggak kaya Mama kamu ini dulu, cuma ngeces doang liat si Mawar (bukan nama sebenarnya, red) dibukain pintu sama sopir plus disuapin sosis keju ama baby sitternya! Kikikikikikiki, kayanya bakat 'iri hati' saya emang udah terasah dari kecil ya….Semoga cepat sembuh ya wahai Teteh Viera :)

5 komentar:

  1. nyeuri nyeuri nyeuri (lagu Sule).
    loba nyeuri hate euy guru2 di endonesiyah . demo lah ka pamerintah gunung kidul . Naikkan gaji biar bisa keliling dunia minimal 2 kali setaon.

    BalasHapus
  2. Ahahahahahhahaha! Miskapkeks suka Sule juga???? *toss!

    Iya tuh ya, harusnya gaji guru tuh paling gede sedunia!

    BalasHapus
  3. betull !!! guru penting buat kehidupan berbangsa dan bernegara . mereka ngasih ilmu kepada murid dengan tulus..

    BalasHapus
  4. katanya anggaran pendidikan pemerintah itu udah naik 20% yak, semoga tidak dikorupsikan….

    BalasHapus
  5. membaca lagi di okt 2018
    pea apakabar? kangeeen euy

    BalasHapus