Minggu, 24 April 2011

Pasta garing

Paskah kaya gini, enaknya ngapain ya??? Secara saya kan nggak ke gereja….Hmmmm???? *Pose mikir sambil sikap lilin sempurna.

Yak, yak, yak! It's time fooooor cooooooooking! Kembali lagi bersama Chef Farah Sekali!

"Gileee yang mulia Teteh Piera kagak kapok-kapok????"

Uuuurgh, pok ame-ame belalang KAPOK-KAPOK!

Oooowyeaaah, becandaan saya se-garing pasta yang baru aja saya masak!

Hampir 2 tahun tinggal di Italia, bikin saya bener-bener muak makan segala jenis pasta. Cuma satu jenis pasta aja yang nggak bikin saya eneg, pasta gigi! Sisanya, nehi-nehi.

Padahal waktu jaman tinggal di Indonesia dulu mah, saya téh meuni kudu irit dua bulan, biar bisa makan pasta yang bisa abis cuma dalam waktu setengah jam.

Namun apa daya, harga makanan pokok paling murah dan paling gampil dimasak di sini tuh, ya semacam pasta-pasta-an itu. Harga sebungkusnya berkisar 0.30-1.00 euro, bisa buat empat sampe lima kali makan. Cara masaknya tinggal masukin ke dalem aer mendidih, sajikan suam-suam kuku…Kuku siapa aja. Kukunya monster gabora juga boleh atau…….Kukunya Morgan SM*SH! Kyaaaaa~ Kyaaaaa!

Alhamdulillah, Tuhan ngasih saya kesempatan untuk memamerkan bakat terpendam saya selama ini, boker memasak di hari se-suci ini.

Buka lemari makan, dan tersedialah;







a. Setengah bungkus pasta yang TUMBEN belum kadaluarsa
b. Semangkuk kecil kacang polong
c. Dua buah kentang yang hampir busuk
d. Sepenggal paprika merah
e. Sale e pepe (Artinya: Garam dan merica)
f. Selembar poster Morgan SM*SH seukuran monster gabora, lagi pake baju belahan dada super rendah


Cara memasak;
Phase 1
a. Baca basmallah. Kalau belom shalat ashar, shalat dulu gih, nanti keburu maghrib, konon katanya yang shalat asharnya tepat waktu, rezeki di hari berikutnya bakal dilapangkan.
b. Nonton my favorite episode of ultraman, yang ada monster gabora-nya terlebih dahulu.
c. Masak sebaskom aer bekas jaga-in lilin tadi shubuh sampe mendidih.
d. Kupas kulit kentang, potong seukuran kubus dengan p x l x t = 2,76 x 2,76 x 2,76 cm
e. Potong paprika sambil tersenyum simpul.


Phase 2
a. Masukan pasta dan kacang polong ke dalam air yang sudah mendidih. Taburi garam secukupnya. Tunggu sampai 5-10 menit. Ketika menunggu, kalian bisa dzikir dan banyak berdoa biar nggak sering galau kaya Chef Farah Sekali atau bisa juga dengerin salah satu lagu favorite saya akhir-akhir ini,






b. Saring pasta dan kacang polong pake scatola (bahasa italia-nya, mangkok saringan, red). Ngomong-ngomong 'saringan', saya jadi inget tebak-tebakan lama. Kalau gajah bisa disaring? Yang gede tuh apa-nya???

Yak, kamu yang di belakang orang yang lagi baca postingan kali ini! Ho-oh! Kamu yang pake baju putih panjang, kepalanya bisa muter-muter 360 derajat! Apa jawabannya???? Apa? Nggak kedengeran ih! Coba sekali lagi! Jangan ketawa ngikik mulu kaya gitu ah! Chef Farah Sekali nggak bisa denger jawaban kamu dengan jelas nih! Coba sekali lagi??? Apa? Saringannya??? Teeet-tooooot!

Yang gedenya itu…..(Jeng-jeng!) BO-ONG-nyaaaaa! Taraaaaa! Maafkan Chef Farah Sekali, tampaknya lawakan saya nggak se-ciamik wajah saya ya??? Baiklah, bek tu kegiatan masak-memasak ala Chef Farah Sekali…

c. Panaskan katel (inget ya panasinnya tuh pake api di atas kompor, bukan ditaro di atas lapangan terbuka, siang hari bolong, dan berharap suatu saat nanti teriknya sinar matahari bakal buat minyak goreng yang udah kamu simpen di atas katel tersebut muncrat-mucrat hanya dalam waktu satu menit! Kita itu lagi masak ya sob! Bukan percobaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang peningkatan suhu bumi akhir-akhir ini.)







d. Taro pasta dan kacang polong yang udah disaring di atas katel, masukan potongan kentang dan paprika. Oseng-oseng sampe garing.

e. Then, simpen di atas piring melamin asli (bahaya kalau pake melamin palsu), teyuuussss, makan déh…


Baik disajikan, sambil menonton acara misa Vatikan yang disiarkan langsung oleh salah satu televisi swasta.

4 komentar:

  1. pokoknya yah piw...
    sering2lah belajar memasak. siapa tau nanti pas balik (tahun 2015) ..bisa siap bikin resto ala pedalaman italia..saingan warteg..

    BalasHapus
  2. bolehlaahh nanti kalo pulang ke indo aku cobain pastanya :p eheheh pret dut

    BalasHapus
  3. Miskapkeks: 2015 mah bukan buka resto italia lagi, tapi resto sunda di Italia...

    BalasHapus
  4. Iwed: Aiiiih maluuuuuuuuuuuu, masa masakan galau itu dicobain sama chef handal kaya dirimuuu! Tuh kan belum nyoba aja udah hitut 'pret-dut-pret-dut', apalagi kalau udah nyobain coba Wet????

    BalasHapus