Kamis, 26 Mei 2011

#03 Put Sapuluh Rebu Hours

Hai-hai temen-temen kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) saya lagi buat project nih sama Ontjom si Tukang Iri Hati. Bukaaaaan, bukan project buat ngasih kurungan ke Morgan SM*SH biar nggak diganggu sama para sm*shblast ataupun project flashmob kejang-kejang ala Tante Poppy. Hayoooooo, udah pada apal beluuuum gerakan kejang-kejang ala Tante Poppy??? Nanti kalau kita ketemuan, saya tes ya satu-satu.

Project ini bertujuan untuk meng-share nilai positif dari cerita-cerita tentang kehidupan yang pernah kami berdua alami di daerah msaing-masing. Yah, pokoknya di balik galau berkepanjangan dan rasa iri kepada teman-teman seperjuangan, kami berdua masih terus berusaha memetik hikmah dari pengalaman-pengalaman tersebut.

Sekarang ini, kami sudah membuat dua buah postingan perdana. Edisi ganjil, bisa diliat di blog saya, sedangkan edisi genapnya bisa diliat di blognya Ontjom si Tukang Iri Hati. Project ini sendiri merupakan salah satu sarana untuk kami berdua untuk bisa mewujudkan cita-cita kami yang sudah lama tertunda, ber-galau trip ke Malingping!

"WOOOOOT~ Malingping??? Wer is det????"

Cih! Ngaku-ngakunya aja backpacker sejati, dari gunung Galunggung sampe Gunung Kilimanjaro pernah ditaklukan, tapiiiiiii….NGGAK TAU MALINGPING??? Oke déh, saya kasih clue: Malingping adalah sebuah kawasan yang terletak jauh dari Pulau Sicilia. (Cibinong juga jauh dari Sicilia….)

Dan tentu saja kami butuh support dana sampai semangat agar kami bisa ke sana. Untuk saat ini, dikarenakan kondisi demografis dua wailayah tempat kami tinggal yang saling berjauhan, juga situasi ekonomi kami yang belum mendukung agar kami bisa pergi ke Malingping…Pake Ferrari, maka kami harap dengan adanya project ini, kami harap kami bisa mewujudkan salah satu cita kami yang satu itu.

Emang sih di umur kami yang masih 20-an (20-29 taon), pengalaman kami berdua tentulah tak sehebat pengalaman para anggota kelompok PENCAPIR (PENgamat CeritA-cerita PIeRa!) semua. Apalah saya dan Oncom si tukang iri hati ini??? Kami hanyalah dua wanita biasa, biasa….Ngatain orang, biasa…..ileran kalau lagi tidur, biasa….Ngutang di warteg sebelah kalau duit bulanan abis, biasa….Nggak mandi tiga hari. Pokoknya, percaya déh, kita berdua itu hanyalah wanita biasa. BIASA.

Well, sekarang kita udah ada di edisi #03 nih. Edisi #01-nya bisa diliat di blog eike, sedangkan edisi #02-nya bisa diliat di blognya Ontjom si Tukang Iri Hati yang suka ngaku-ngaku sebagai jelmaan arwah siluman ratu biawak. Kenapa juga harus ratu biawak? Entahlah, tanyakan saja pada debura ombak di pantai. Kadang saya juga pengen nanya gitu, kenapa sih nggak ngaku sebagai siluman hamster atau siluman ulat bulu aja? Kan lebih bikin geli-geli-geleuh gimana gicuuuuh….

Balik lagi ke postingan….

Waktu itu, saya pernah ditanya gitu tentang angka kegemaran. Tanpa pikir panjang, saya bilang "my favorite number is SAPULUH REBU!"

Waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaow, gede amiiiiir ciiiin! Si Amir aja nggak gede-gede amat! <-- Lawakan gini masih laku nggak sih, da jaman waktu saya masih lucu-lucunya, waktu Mark Westlife belum jadi homo, waktu Morgan SM*SH belum suka pake baju berbelahan dada rendah, dan waktu Tante Poppy belum kejang-kejang, gunyon kaya gini tuh hipster benjet.

Jadi, dari dulu, saya selalu yakin, I'll become a pro dalam segala hal yang pernah saya lakukan dalam sapuluh rebu jam. Mulai dari kartunis sampe copet, as long as they do it for sapuluh rebu hours, they will become a pro! Makanya jaman sekarang, kita bisa nemuin banyak banget professional mudo nan kayo rayo. They put sapuluh rebu jam dalam hal yang membuat mereka keliatan sukses saat ini.







Waktu saya masih kuliah di seni rupa, saya punya temen yang keliatan penyendiri benjet hobby-nya maen gim onlen. Sepulang kuliah, dia kongkow di warnet gem onlen. Saya sering kesel ngeliat tingkah laku si maniak gem onlen ini, bukannya belajar buat ujian tengah semester, eh dia malah ber-asyik mahsyuk maen gem onlen di warnet. Singkat kata, dia lulus dengan IPK pas-pas-an. Sebulan yang lalu saya sempat chatting untuk pertama kalinya sama si maniak gem onlen ini, setelah kami lulus.

Daaaaaan….Jeng-jeng ajaaaaa gicuuuuuuh! Sekarang dia punya bisnis gem onlen tersohor se-antero Indonesia. Dia jualan senjata-senjata-an di dunia maya gitu, penghasilan per bulannya bikin saya mewek di tempat. Perbincangan di messenger itu pun saya akhiri dengan kegiatan saya ngaca sambil nyisir ditemani alunan lagu lengsir wengi, beuuuu, maklum saya suka penasaran gitu dengan fenomena apakah hantu Indonesia bisa sampe ke Italia?

Balik lagi ke kegiatan saya ngaca, menatap diri, dengan kaos lusuh, dan celana jeans yang robek di bagian paha gara-gara jatoh di jalan aspal di depan stasiun Roma Termini. Siiiigh~ Apa sih bedanya antara saya dengan si maniak gem onlen??? Kita lulus bareng-bareng, wajah si maniak gem onlen ini pun jauh dari Morgan SM*SH, tapi, tapi, tapi, kenapa dia bisa punya gaji delapan dijit per bulannya dari satu bidang yang sering saya ketawain dulu??? Waiiii oh waaaaai???

Dan tulisan di postingan kali ini bener-bener menampar muka saya. Yup! He put sapuluh rebu hours in gem onlen's world! Ketika saya ngeluh nilai mata kuliah saya ada yang jelek, dia maen gem onlen. Ketika saya lagi namatin komik Conan nomor 42, dia maen gem onlen. Ketika saya lagi ngapalin tarian kejangnya Tante Poppy, dia maen gem onlen. Ketika saya sedang galau trip, dia maen gem onlen. Well, yang namanya waktu itu nggak akan pernah bisa bo-ong ya!

Okelah, mungkin contoh teman saya yang maniak gem onlen ini bakal kalian pandang sebelah mata. Tapi, coba déh kalian liat what a Steve job did, what a Bob Sadino did, what a Ciputra did, they really put sapuluh rebu hours on what they did.

Kalau misalnya ada orang yang terlihat lebih sukses dari saya, hal pertama yang saya lakukan adalah ngatain beliau, "Kotoran embek Pegunungan Andes! Masa iye, die sekarang lebih kaya daripada gue??? Padahal kan dulu, die tukang suwit-wiw-in gue!" Dilanjutkan rasa iri yang mendalam dan ingin melihat dia sengsara. Namun diakhiri dengan sedikit nafas panjang, "Calm down Viera, they put sapuluh rebu hours more than you…Ya wajarlaaaaah Vier!" Plak! Plak! Plak! Muka saya bener-bener ditampar sama ucapan saya sendiri.

Akhirnya saya bertekad untuk ngalahin kesuksesan temen saya si maniak gem onlen tersebut dengan….Put my sapuluh rebu hours on what I am doing now.

Sapuluh rebu hours itu terdengar sedikit sih memang. Tapi saya pernah iseng-iseng ngitung. Seandainya saya ngelakuin suatu hal (apapun itu) satu jam per harinya, maka saya membutuhkan sekiraya 27 tahun untuk menjadi seorang professional di hal tersebut. Meeeeeen 27 taoooon! Itu tuh umur-umur di mana Kang Kurt Cobain ama Oom Jim Morrisey koit.

Singkatnya, being good at anything is like figure skating, the definition of being good at it is being able to make it look easy. But it never is easy. Ever. Thatʼs what the stupidly wrong people conveniently forget. Ajiiiiiiib, nggak rugi pernah les IELTS sampe mampus, akhirnyooo bisa juga nulis pake basa inggris, coba tolong di cek grammarnya?

2 komentar:

  1. aaahhh sudah ada nomer 3!!! baiklah saatnya nomer 4..*mikir lama

    BalasHapus
  2. Ayoooo beibs! Demi bergalau trip ke pantai malingping pake daster motif macan!

    BalasHapus