Selasa, 13 November 2012

Texasmalaya: Asik kaya di Tasik!

Menjawab pertanyaan dari Mbak Hanilisiyus,






Saya akan menuliskan sekelibat sejarah tentang sebuah kota yang memiliki julukan Sang Mutiara dari Praingan Timur satu ini.

Kota Tasikmalaya terletak tepat di tengah-tengah jantung bumi Priangan Timur dan Selatan. Diapit oleh kota Ciamis yang tersohor dengan Pantai Pangandarannya, Sumedang yang kece badai dengan tahu-nya, dan Garut dengan dodol-nya, Tasikmalaya menjadi kota paling strategis di kawasan Jawa Barat, setelah Bandung dan Bogor.






Tasikmalaya dikenal juga sebagai kota santri, dikarenakan banyaknya jumlah pesantren di kota ini, yang juga menghasilkan seorang tokoh pahlawan nasional, Zainal Mustofa.

Selain terkenal sebagai kota penghasil bordir kelas dunia, Tasikmalaya juga dikenal sebagai sebuah kota yang tersohor dengan tukang bakso-nya yang bergelimpangan di mana-mana.

And you know what guise???? Susi Susanti si penerima medali emas di Olympiade Barcelona cabang bulu tangkis itu, ternyata asli Tasik lho!






Hampir di setiap lebaran, saya pasti pergi ke Tasikmalaya, mengunjungi Kakek dan nenek dari pihak si Mamam. Sebagai seorang warga asli Tasik, si Mamam hampir kenal seluruh tempat yang ada di Tasik.

Salah satu perjalanan yang nggak akan pernah saya lupa adalah ketika si Papap ngebonceng saya naik motor gede dari Bogor sampai Tasik di bulan puasa dan dalam keadaan hujan. Perjalanan hampir 10 jam itu bener-bener jadi awal mula kecintaan saya terhadap dunia jalan-jalan murah-meriah.






Sayangnya abis itu, si Papap sempet jatoh dari motor dan sejalan dengan umurnya, beliau pun nggak kuat naik motor gede lagi. Setelah motor gede-nya dijual, si Papap lebih seneng pergi ke mana-mana pake motor matic. Dari honda, yamaha, suzuki, semuanya ada di rumah.

Sebenernya, si Papap juga sempat menghabiskan masa SD-nya di Tasikmalaya. Yang lucunya adalah, salah satu kakaknya si Mamam adalah temen SD si Papap. Emang ye, jodoh ma kagak ke mane….Aduuuuuh, langsung kepengen buka buku tahunan pas SD nih, kali-kali gitu jodoh eike nemplok di sana, kekekekeke. Maaf ya pacar…..(Dibaca: Morgan SM*SH, red)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar