Senin, 12 November 2012

Texasmalaya: What a beau-green-ful Indonesia!


Yuhuuuuuu! How's your weekend??? Udah puas jalan-jalan sama pacar terkasih? Udah selesai kangen-kangenan sama keluarga? Udah kenyang perbaikin gizi di rumah orang tua? Udah nonton Cinta Cenat Cenut III??? Bentar lagi selesai tuh drama seri! DEM! Padahal saya baru aja mau nonton, maklum baru dipasangin tipi sama si Papap di kosan! 

Sebenernya saya bukan orang yang demen nonton tipi. Saya lebih demen baca buku Harry Potter volume ke tujuh di WC sampe betis keram, daripada kudu mantengin tipi. However, dibalik cerita sinetron dimana hanya produser dan Tuhan yang tau kapan tuh cerita bakal selesai, ternyata nonton tipi itu berguna juga lho guise!

Beberapa waktu yang lalu saya nonton acara di K***** TV tentang sejarah kerajaan Ternate dan Tidore! Kagak seru lah ya, kita apal sejarah hubungan Nikita Willy dengan pacar-pacarnya yang kaya raya itu, tapi kita kagak apal sama sejarah negara sendiri.






For your info, ternyata pada tahun 1521, Ferdinand Magellan pernah nemplok di sono!

Ferdinand Magellan tuh sape sih yang mulia Teteh Viera?????

Yang pasti sih bukan sodaranya Rio Ferdinand…..Pokoknya yang kagak apal Ferdinand Magellan, saya yakin kalau kalian nyogok guru sejarah buat lulus EBTANAS waktu SD dulu!

I dont know ya guise, saya seneng banget dengerin cerita sejarah. Dari SD dulu, ulangan sejarah saya pasti selalu di atas rata-rata temen sekelas. Kayanya kalau denger guru sejarah ngajar tuh kaya lagi diceritain dan dengan imajinasi anak SD, saya berasa dibawa ke masa di mana terlaksananya konferensi meja bundar, ikut serta dalam pembentukan BPUPKI, hidup di zaman neolitikum, dan betapa kecenya Megantropus Paleo Javanicus! 

Makanya, waktu diajak keliling Texasmalaya sambil diceritain gimana terbentuknya kawah Galunggung sampe ngegossipin gimana si Papap bisa nikah sama si Mamam, I felt really exciting! 

Buat saya, hukum katalis itu merupakan jenis hukum yang berada di dalam posisi teratas segala hukum yang pernah dibuat manusia. Hukum sebab-akibat dan perjalanan antara titik sebab sampai ke titik akibat itu, dinamakan sejarah. Ini pure teori saya :) Temen-temen boleh setuju ataupun tidak, asalkan jangan dihujat ya…Tiap orang boleh punya pendapat, asalkan tidak saling menggugat, semuanya akan selamat ;)

Gunung Galunggung ini juga punya sejarah yang nggak kalah cetar-cetar! Setidaknya sudah ada empat letusan besar yang memakan jiwa dari tahun 1800-an hingga sekarang. 






Si Mamam yang asli Tasik itu pun pernah merasakan letusannya yang terakhir di tahun 1982. Suara dentuman dan disertian pijaran cahaya petir turut serta membuat suasana yang ada semakin mencekam. Setidaknya selama sembilan bulan sampai pertengahan tahun 1983, warga Tasik dibuat selalu waspada akan terjadinya letusan susulan.

Pemerintah setidaknya mengalami kerugian sampai 1 milyar rupiah, sebuah nilai uang yang berjumlah sangat besar pada saat itu. 






Sekali lagi, kita diingatkan untuk terus bersyukur akan apa yang terjadi pada kita hari ini, coba teman-teman bayangin kalau misalnya Bu Evie mengalami luka parah saat letusan tahun 1982 tersebut, terus nggak bisa ketemu Pak Mamat, terus nggak bisa melahirkan yang mulia Teteh Viera, terus blog ini pun nggak bakal ada! Ouuuuuuuuch, bacaan tentang dunia per-toilet-an Indonesia pun berkurang sudah!

1 komentar: